7+ Penyebab Mata Sakit saat Berkedip Yang Perlu Anda Ketahui

0
Penyebab Mata Sakit saat Berkedip

Apakah anda merasa mata anda sakit saat berkedip? maka penting bagi anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab mata sakit saat berkedip agar anda mengindetifikasi kondisi sama yang anda alami.

Saat kondisi normal, pada saat berkedip maka mata sudah seharusnya merasakan kenyamanan. Namun hal ini tidak berlaku pada orang mengalami kondisi ini dimana tindakan sederhana ini bisa menjadi penyebab ketidaknyamanan yang menyakitkan.

Apabila anda termasuk yang mengalami masalah ini, maka perlu anda ketahui bahwa mata yang sakit saat berkedip bisa menjadi tanda-tanda masalah yang lebih dalam dan bukan untuk disepelekan. Dengan memahami penyebabnya, anda dapat membantu dalam menangani masalah tersebut dengan lebih efektif.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan apa saja yang menjadi penyebab mata sakit saat berkedip untuk anda simak sebagai berikut.

Penyebab Mata Sakit saat Berkedip

Penyebab Mata Sakit saat Berkedip

Luka bakar kimia

Luka bakar akibat bahan kimia dapat menyebabkan kerusakan mata. Ini adalah keadaan darurat medis dan membutuhkan perawatan medis segera. Luka bakar kimia dapat disebabkan oleh benda padat, cair, atau gas.

Begitu permukaan mata rusak, setiap gerakan kelopak mata akan menimbulkan rasa sakit. Bahan kimia yang dapat menyebabkannya antara lain pembersih rumah tangga, asam baterai, pemutih, dan pupuk. Perawatan untuk kondisi ini melibatkan segera mencuci mata selama sekitar 30 menit dengan larutan garam. Jika luka bakar kimia tidak segera diobati, penglihatan bisa hilang.

Cedera

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang rentan terhadap kerusakan. Trauma akut atau objek yang masuk ke mata dapat menyebabkan nyeri saat berkedip. Goresan pada permukaan mata adalah jenis cedera umum pada mata yang dapat terjadi akibat gesekan atau sentuhan pada mata.

Baca juga  Tanda Kolesterol Tinggi Yang Harus Anda Ketahui

Mata juga mungkin mengalami luka akibat paparan sinar ultraviolet matahari yang berlebihan atau kontak dengan zat tertentu. Selain itu, paparan objek sehari-hari, seperti detergen, merica, cuka, dan asam juga dapat menyebabkan rasa sakit pada mata.

Neuritis optik

Saraf optik berkomunikasi dengan mata dan otak. Ini menafsirkan apa yang anda lihat untuk otak. Dikutip dari Healthline, peradangan pada saraf ini dapat menyebabkan nyeri saat menggerakkan mata dan berkedip. Peradangan sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, yang bisa menular.

Mata kering

Umumnya, lapisan film air mata melumasi permukaan mata. Jika anda memiliki mata kering, pelumasan ini mungkin hilang atau tidak mencukupi. Jadi, setiap kali kelopak mata atas bergerak melewati mata, mungkin terasa ada sesuatu yang tersangkut di sana.

Mata kering dapat menyebabkan mata terasa gatal, terbakar, atau perih, serta sensitif terhadap cahaya. Selain itu, mata mungkin menjadi merah dan penglihatan menjadi kabur. Hal ini mungkin terjadi jika mata tidak menghasilkan cukup air mata atau air mata menguap terlalu cepat.

Perawatannya dapat berupa penggunaan air mata buatan yang dijual bebas atau obat resep, yang dapat menstimulasi mata untuk menghasilkan lebih banyak air mata. Anda juga dapat mencoba cara alami untuk menjaga mata lebih terlumasi, seperti minum banyak air, menggunakan pelembap udara, dan mengurangi waktu menatap layar.

Bintitan

Bintitan biasanya dapat diobati di rumah dengan menggunakan kompres hangat beberapa kali sehari untuk mengurangi pembengkakan. Anda juga disarankan untuk menghindari penggunaan riasan di sekitar bintitan atau penggunaan lensa kontak sampai bintitan benar-benar sembuh. Jika bintitan tidak merespons perawatan di rumah setelah beberapa hari, segera cari perhatian medis.

Baca juga  Cara Cek dan Kontrol Diabetes Dengan Aplikasi di Android

Blefaritis

Apabila anda mengalami blefaritis, kelopak mata akan bengkak dan meradang. Lalu, saat berkedip, anda mungkin merasa ada benda asing di permukaan mata. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan blefaritis, tetapi gejalanya bisa diatasi dengan pengobatan, seperti kompres hangat, menggosok kelopak mata dengan sampo bayi, menggunakan air mata buatan, atau penggunaan salep antibiotik.

Kotoran mata

Sebagaimana yang kita ketahui dimana terkadang, objek kecil bisa masuk ke mata, seperti riasan, pasir, atau bulu mata. Anda baru menyadarinya saat berkedip dan merasa sakit. Jika tidak hati-hati, hal ini dapat merusak kornea atau bagian putih mata yang disebut sklera.

Adapun kelilipan biasanya bisa diatasi dengan mengedipkan mata beberapa kali atau membilas mata dengan larutan garam steril. Hindari menyentuh permukaan mata dengan jari. Jika anda merasa kelilipan tidak kunjung hilang dan sangat mengganggu, segera temui dokter.

Demikian informasi mengenai penyebab mata sakit saat berkedip. Apabila anda merasa sakit mata anda tidak kunjung mereda atau merasakan kesakitan di luar batas normal, maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri pada dokter kesayangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *