Ini Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-tiba

Date:

Share post:

Apakah anda sering mengalami kepala jadi pusing secara tiba-tiba? maka penting bagi anda mengetahui apa saja penyebabnya agar anda bisa menghindari dan mencari solusi atas kondisi tidak mengenakkan tersebut.

Pastinya kepala yang sering terasa pusing secara tiba-tiba bisa menjadi pengalaman yang mengganggu aktivitas sehari-hari dimana segala sesuatu yang dilakukan bisa menjadi berantakan dan amburadul karena perasaan yang tidak enak karena kondisi pusing tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa terdapat beberapa penyebab yang bisa menjadi pemicu dari kondisi kepala yang menjadi pusing tiba-tiba. Salah satu hal yang paling sering menjadi pemicu adalah adanya rasa stress dan kecemasan yang berlebihan dimana hal ini bisa menyebabkan perubahan pada sistem saraf dan sirkulasi darah, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kepala terasa pusing.

Tidak hanya, dehidrasi juga bisa menjadi penyebab dari sensasi pusing tiba-tiba. Ketika tubuh kekurangan cairan, itu dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mempengaruhi fungsi otak, menyebabkan kepala terasa ringan dan pusing.

Untuk lebih lengkapnya, maka berikut kami bagikan penyebab kepala jadi pusing secara tiba-tiba yang harus anda ketahui.

Penyebab Kepala Sering Pusing Tiba-tiba
Penyebab Kepala Sering Pusing

Olahraga berlebihan

Perlu anda ketahui dimana walaupun olahraga memang baik bagi kesehatan fisik dan mental. Namun, apabila dilakukan secara berlebihan, olahraga justru bisa menjadi penyebab kepala sering pusing tiba-tiba. Bukannya menjadi sehat, olahraga berlebihan justru membuat Anda mengalami sulit tidur. Hingga membuat cemas, nyeri otot, cedera, mudah tersinggung, bahkan depresi.

Baca juga  9+ Fungsi Suntik Vitamin C untuk Kesehatan dan Perawatan Tubuh

Paparan polusi udara

Menghirup polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan bisa menjadi penyebab kepala sering pusing tiba-tiba. Hal ini karena asap kendaraan mengandung karbon monoksida yang dapat memengaruhi sistem saraf, dan keseimbangan dalam tubuh.

Kelelahan setelah terkena panas

Berlama-lama di bawah terik sinar matahari atau berada di suhu tinggi bisa membuat Anda mengalami heat exhaustion. Kondisi ini ditandai dengan kepala pusing secara tiba-tiba. Selain pusing, anda juga mungkin akan merasa sangat haus dan kelelahan. Padahal tidak melakukan aktivitas fisik yang berat.

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab kepala sering pusing tiba-tiba yang cukup umum terjadi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kehilangan banyak cairan yang akhirnya mengganggu kerja normal tubuh. Akibatnya, kepala pun dapat terasa pusing, tubuh kelelahan. Serta seseorang juga dapat mengalami kondisi, di mana ia mudah marah.

Infeksi pada telinga dalam

Infeksi telinga yang disebabkan oleh bakteri atau virus dapat ditandai dengan gejala sering pusing dan vertigo. Kondisi ini juga membuat telinga terasa penuh, telinga berdenging, keluar cairan dari telinga, sakit kepala, mual, serta muntah.

Tekanan darah menurun

Penyebab kepala sering pusing tiba-tiba bisa karena tekanan darah yang menurun (hipotensi) secara drastis. Ketika tekanan darah turun, aliran darah untuk memasok oksigen dan nutrisi ke otak akan berkurang. Hal ini akan menyebabkan anda menjadi pusing. Bahkan, kehilangan keseimbangan, khususnya pada lansia.

Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Kadar hemoglobin yang rendah dapat menyebabkan menurunnya pasokan darah. Hal itu untuk membawa oksigen ke organ tubuh, termasuk otak. Akibatnya, kepala menjadi sering pusing.

Gangguan pada jantung

Penyebab kepala sering pusing tiba-tiba lainnya adalah adanya gangguan pada jantung. Contohnya kardiomiopati, aritmia, bahkan serangan jantung. Kondisi tersebut dapat membuat otot atau detak jantung melemah. Sehingga aliran darah ke otak terganggu.

Baca juga  Tips Jitu Menaikkan Berat Badan untuk Remaja Yang Aman Dan Sehat

Akibatnya, otak tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi yang akhirnya menimbulkan gejala pusing. Serta, sakit kepala, sulit bernapas, hingga perasaan seperti akan pingsan.

Gula darah rendah

Gula darah rendah (hipoglikemia) dapat menimbulkan gejala gemetar, kelelahan, linglung, penglihatan kabur, cemas, hingga pusing yang tiba-tiba. Penyebab kepala sering pusing tiba-tiba ini lebih umum dialami oleh penderita diabetes tipe 1.

Gangguan kecemasan

Dan terakhir Penyebab kepala sering pusing tiba-tiba biasa juga dikaitkan dengan kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan. Saat sedang cemas, tubuh akan melepaskan hormon stres. Kondisi ini menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak. Sehingga terjadilah pusing sebagai salah satu gejalanya.

Demikian informasi mengenai penyebab kepala jadi pusing secara tiba-tiba bagi anda yang mengalami kondisi ini. Dengan mengetahuinya, maka anda bisa mencoba menghindari kebiasaan buruk yang menjadi pemicunya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...