Penyebab Kepala Pusing dan Mual Yang Harus Anda Ketahui

0
Penyebab Kepala Pusing dan Mual

Apakah anda sering merasakan kepala yang pusing dan mual? maka penting untuk anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya dimana kali ini kami akan membagikan pembahasannya dibawah ini.

Kepala yang terasa pusing dan merasa mual pada saat bersamaan pastinya bukanlah hal yang menyenangkan untuk dialami dimana penderitnya akan merasakan sensasi pusing, goyah, atau berputar (vertigo). Bahkan banyak merasakan perasaan seperti ingin muntah.

Hal ini tentunya akan membuat anda bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab gejala ini bukan?

Agar anda tidak penasaran lagi, berikut kami bagikan penyebab kepala pusing dan rasa mual bagi anda yang sering mengalami kondisi ini.

Penyebab Kepala Pusing dan Mual

Penyebab Kepala Pusing dan Mual

Motion sickness

Motion sickness, yang juga dikenal sebagai mabuk perjalanan, sering kali menyebabkan pusing dan mual. Mengutip Very Well Health, kondisi ini juga dapat menyebabkan keringat dingin, sakit kepala, dan muntah.

Motion sickness bisa terjadi ketika otak terstimulasi secara berlebihan oleh pandangan, suara, dan gerakan tubuh. Kondisi ini biasanya sembuh dengan sendirinya setelah penderitanya berhenti bergerak. Untuk mencegahnya, Anda bisa hindari membaca dalam mobil dan hindari makan berlebihan sebelum bepergian.

Penyalahgunaan alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan pusing dan mual terjadi bersamaan. Alkohol memengaruhi struktur di telinga bagian dalam yang membantu menjaga keseimbangan. Dalam keadaan normal, cairan dalam telinga bagian dalam bergerak saat tubuh bergerak. Pergerakan cairan ini memberikan tekanan pada struktur dalam telinga yang mengandung sel nonmotil (tidak bergerak) yang disebut stereosilia. Stereosilia mengirimkan sinyal listrik ke otak tentang gerakan dan posisi tubuh.

Baca juga  Tips Cara Menghilangkan Mabuk Kendaraan Saat Bepergian Jauh

Sementara minum minuman beralkohol memengaruhi ketebalan cairan di telinga bagian dalam, yang dapat menyebabkan stereosilia mengirimkan informasi yang salah ke otak, sehingga anda merasa seperti tanah yang dipijak bergerak atau berputar.

Pada saat yang sama, mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan mual. Alkohol meningkatkan produksi asam lambung dan penumpukan lemak di hati, yang keduanya dapat menyebabkan mual.

BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo)

BPPV adalah suatu kondisi yang memengaruhi kristal kecil di telinga bagian dalam, yang disebut otoconia, yang membantu anda menjaga keseimbangan saat tubuh berubah posisi. Terkadang, kristal ini terlepas dan mulai melayang-layang di dalam telinga bagian dalam.

Ketika otokonia berpindah dari tempatnya, BPPV dapat terjadi. Kondisi ini menyebabkan vertigo, sensasi berputar yang mengakibatkan rasa mual dan pusing. Tidak ada obat yang digunakan secara khusus untuk mengobati BPPV. Namun jika mual terasa parah, penyedia layanan kesehatan mungkin akan meresepkan obat anti-mual untuk mengobati gejala anda

Kondisi Hamil

Kehamilan juga bisa jadi alasan kenapa kepala pusing dan mual bagi kaum wanita. Mual paling sering terjadi pada beberapa bulan pertama. Mual dapat terjadi kapan saja sepanjang hari, tetapi sering disebut sebagai mual di pagi hari atau morning sickness.

Pusing juga terjadi pada kehamilan karena perubahan hormon yang menurunkan tekanan darah. Walaupun anda mungkin tidak dapat mencegah gejala pusing dan mual pada kehamilan, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengurangi gejala ini termasuk bergerak perlahan, minum banyak air, hindari berbaring telentang, mengenakan pakaian longgar dan lain sebagainya.

Gula darah rendah

Gula darah rendah, juga disebut glukosa darah rendah atau hipoglikemia, terjadi ketika kadar glukosa dalam darah turun ke tingkat yang tidak sehat. Hipoglikemia sering terjadi pada penderita diabetes yang menggunakan insulin atau obat diabetes lainnya.

Baca juga  Cara Mengatasi Stress dan Kecemasan Berlebih

Selain mual dan pusing, gula darah yang rendah dapat menyebabkan gemetar, kebingungan, berkeringat dan menggigil, detak jantung yang cepat, serta kulit pucat. Pembacaan glukosa darah yang lebih rendah dari 70 miligram per desiliter (mg/dL) dianggap rendah bagi banyak penderita diabetes. Namun, angka yang menunjukkan tingkat rendah dapat bervariasi dari orang ke orang.

Anxiety

Anxiety atau kecemasan adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kekhawatiran dan ketakutan yang berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan sejumlah gejala fisik, termasuk pusing dan mual.

Dikutip dari WebMD, anxiety memicu respons melawan atau lari dari diri sendiri, yang meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan pernapasan anda. Hal ini dapat menyebabkan pusing atau berkunang-kunang. Respons tubuh terhadap kecemasan juga mengalirkan darah menjauh dari perut, yang dapat menyebabkan mual.

Migrain vestibular

Dan penyebab terakhir rasa pusing dan mual adalah karena kondisi migrain vestibular yang merupakan jenis migrain yang ditandai dengan vertigo. Kondisi ini juga menyebabkan gejala mual dan pusing bersamaan. Jenis migrain ini diperkirakan memengaruhi 10 persen penderita migrain.

Seperti jenis migrain lainnya, gejala migrain vestibular meliputi sensitivitas terhadap cahaya dan suara. Namun, tidak seperti jenis migrain lainnya, migrain ini tidak menyebabkan sakit kepala. Migrain vestibular bisa ditangani dengan cara yang sama seperti jenis migrain lainnya.

Demikian informasi mengenai penyebab kepala pusing dan mual yang harus anda ketahui. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *