Penyebab Kaki Kram Pada Saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Date:

Share post:

Anda penasaran mencari penyebab kaki kram pada saat tidur yang biasa anda alami? maka anda tepat berada diartikel ini dimana kami akan membagikan penyebab serta cara mengatasinya.

Masalah kaki yang terasa kram pada saat tidur merupakan kondisi yang umum menimpa banyak orang dimana hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari masalah ringan hingga masalah berat yang dapat mempengaruhi kesehatan anda.

Bagi anda yang sering menemukan masalah ini pada saat hendak tidur pastinya terasa tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu kualitas tidur anda karena rasa yang tidak nyaman dengan rasa kram di kaki.

Sekedar informasi, penyebab umum kaki kram saat tidur terjadi ketika otot berkontraksi, terasa kencang, serta nyeri secara tiba-tiba dan intens. Adapun kram umumnya terjadi di betis atau paha.

Walaupun biasanya kaki kram saat tidur umumnya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa menit. Akan tetapi masalah ini bisa sangat mengganggu untuk mengambil posisi tidur dengan cepat.

Penyebab Kaki Kram Pada Saat Tidur

Penyebab Kaki Kram Pada Saat Tidur

Lalu apa penyebab kaki kram? walaupun penyebab kaki kram saat tidur belum bisa diketahui secara pasti. Akan tetapi secara umum, masalah ini berkaitan dengan kelelahan otot atau masalah saraf.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab umum kaki terasa kram saat tidur yang bisa anda simak dibawah ini.

Posisi tidur yang salah

Penyebab pertama kaki kram saat tidur dapat terjadi akibat posisi kaki yang salah ketika berbaring. Pada posisi tidur telentang, telapak kaki biasanya akan menekuk ke bawah dalam waktu lama. Posisi ini berisiko menyebabkan otot betis menegang dan mengalami kram.

Baca juga  Begini Cara Mengatasi Nyeri Dada Secara Alami dan Aman

Sebagai solusi mencegah kaki kram saat tidur, anda bisa meletakkan bantal di bawah kaki saat tidur telentang agar posisinya lebih tinggi dari tubuh. Anda juga bisa melakukan peregangan otot kaki sebelum tidur juga bisa mencegah kaki kram.

Olahraga berlebihan

Olahraga secara berlebihan, apalagi dengan intensitas tinggi secara mendadak, bisa memicu kelelahan otot kaki dan rentan terhadap kram saat tidur. Durasi olahraga yang dianjurkan untuk pemula maksimal 30 menit setiap 2–3 hari seminggu. Naninya, anda bisa meningkatkan intensitas dan durasinya secara perlahan-lahan.

Selain itu, selama berolahraga, pastikan sepatu yang anda kenakan ukurannya pas dan sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan untuk mencegah kram saat tidur.

Kurang banyak gerak

Duduk atau berdiri dalam waktu lama, contohnya saat bekerja dimana akan meningkatkan risiko mengalami kaki kram saat tidur. Perlu diketahui, otot sebenarnya perlu diregangkan secara teratur agar berfungsi dengan baik dan mencegah terjadinya kram.

Maka dari itu, pada saat bekerja atau belajar, maka anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan peregangan atau stretching.

Dehidrasi

Dehidrasi juga termasuk penyebab kaki kram saat tidur yang sering terjadi dimana kekurangan cairan tubuh bisa membuat otot tegang dan berkontraksi saat tidur. Jadi, selama beraktivitas di siang hari, pastikan anda minum air yang cukup minimal 8 gelas setiap hari.

Efek samping obat-obatan tertentu

Dan penyebab terakhir kaki kram pada saat tidur adalah efek samping obat-obatan. Perlu anda ketahui bahwa beberapa jenis obat dapat memiliki efek samping yang menyebabkan kaki kram pada saat tidur.

Adapun beberapa contoh obat yang bisa memberikan efek samping adalah sebagai berikut.

Obat tekanan darah
Obat penurun kolesterol
Diuretik
Pil KB
Obat untuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

Baca juga  Cara Redakan Sakit Tenggorokan Dengan Obat Herbal Yang Alami

Cara Mengatasi Kaki Kram Saat Tidur

Bagi anda yang sering mengalami masalah kaki keram pada saat tidur, berikut beberapa tips cara mengatasi masalah tersebut yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Melakukan peregangan otot betis dengan menekuk kaki ke atas.
  • Menggoyangkan kaki serta melakukan pijatan lembut.
  • Anda bisa mengompress kaki dengan kompres es atau panas.
  • Memposisikan kaki lebih tinggi dari badan saat tidur.
  • Mencoba bangun dari tempat tidur dengan berdiri sambil menekan kaki ke lantai dengan kuat.
  • Tarik jari-jari kaki ke arah anda.
  • Anda juga bisa mengkonsumsi obat pengilang rasa sakit, seperti paracetamol, apabila rasa kram kaki disertai nyeri yang mengganggu.

Demikian informasi mengenai penyebab kaki kram saat tidur. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang menemukan masalah serupa dan kerap mengganggu tidur anda.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...