6 Penyebab Ban Motor Tubeless Sering Kurang Angin dan Kempes

0
Penyebab Ban Motor Tubeless Sering Kurang Angin

Apakah anda menemukan masalah mobil anda terasa sering kempes dan kurang angin? Hal ini pastinya membuat anda kebingungan bukan? Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab ban motor tubeless sering kurang angin yang penting untuk anda ketahui.

Ban motor yang terasa sering kempes dan kurang angin pastinya akan membuat pemilik motor menjadi heran sekaligus kewalahan. Dan apabila di remehkan, ban motor yang kempes dapat membahayakan pengendara dalam mengemudi motor dijalan raya.

Kondisi ban yang sering kekurangan angin bisa menjadi sangat mengganggu aktivitas harian, apalagi bagi anda yang sering menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi utama untuk pergi kerja, ke pasar, jalan-jalan dan sebagainya.

Hal tersebut pastinya akan membuat anda penasaran bukan? Agar anda tidak penasaran lagi, berikut kami bagikan beberapa penyebab ban motor tubeless sering kurang angin atau kempes yang penting untuk anda ketahui.

Penyebab Ban Motor Tubeless Sering Kurang Angin dan Kempes

Penyebab Ban Motor Tubeless Sering Kurang Angin

Pentil motor kendor

Memang ban tubeless sering disebut juga ban anti bocor tapi bukan “kebal”, dan penting untuk anda ketahui dimana ternyata pentil motor yang kendor bisa menjadi alasan ban bisa kempes. Kondisi ini bisa membuat udara dalam ban akan keluar secara perlahan. Untuk mengatasi masalah tersebut, selalu pastikan bahwa karet pentil sudah rapat.

Debu dan pasir yang menempel pada ban

Butiran debu yang menempel selama di perjalanan juga salah satu faktor yang menyebabkan ban tubeless ini kempes. Biasanya pasir akan terselip dan mengisi antara ruang ban dan velg. Kemudian jika tidak dibersihkan maka akan menimbulkan celah yang bisa membuat udara perlahan keluar.

Baca juga  7 Destinasi Wisata Thailand Terbaik Untuk Dikunjungi

Ban mengalami bocor/sobek halus

Ban tubeless yang sering kempes bisa dikarenakan bocor halus. Hal ini bisa disebabkan saat motor berjalan di daerah yang tidak rata, tertancap batu atau kerikil yang cukup tajam. Hal ini akan membuat ban akan menjadi berlubang, dan udara di dalam ban menjadi keluar sedikit demi sedikit.

Pelek bengkok

Pelek bengkok juga bisa menjadi penyebab kenapa ban tubeless sering kempes. Hal ini bisa dikarenakan pelek yang bengkok akan memberikan celah antara pelek dan ban. Kemudian celah tipis ini bisa menyebabkan angin keluar secara perlahan, sehingga ban mudah kempes.

Paku menancap di ban

Ban tubeless sering kempes bisa disebabkan karena adanya paku yang menancap. Tusukan paku tersebut akan menyisakan celah yang membuat angin di dalam ban keluar. Untuk mengeceknya, anda bisa meneteskan air sabun ke tempat ban yang telah tertusuk paku. Kalau ada gelembung, berarti anda harus segera menambalnya, agar ban tidak kempes lagi.

Ban sudah botak

Ban sudah botak dan halus memang sangat berbahaya dan sebaiknya harus cepat diganti. Selain rawan kempes bahkan bocor, ban yang sudah botak sangat berbahaya karena licin. Bahkan ketika kena panas, rentan meletus.

Demikian informasi mengenai penyebab ban motor tubeless sering kurang angin dan sering kempes untuk anda ketahui. Dengan begitu anda tidak perlu bingung lagi ketika menemukan masalah ini pada motor kesayangan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *