Penyebab Aki Mobil Soak Dan Cara Mengatasinya

0
Penyebab Aki Mobil Soak

Jika anda menemukan masalah aki mobil soak, pastinya akan membuat anda bingung bukan? sebab kelistrikan di mobil anda bisa menjadi terganggu bahkan anda tidak bisa menstarter mobil anda untuk nyala. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab aki mobil soal dan cara mengatasinya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana aki merupakan salah satu komponen penting untuk sebuah kendaraan termasuk mobil dimana aki berfungsi untuk menyediakan daya untuk memulai mesin mobil. Pada saat kunci kontak diaktifkan, aki memberikan arus listrik yang cukup untuk menggerakkan starter motor sehingga mesin dapat dinyalakan.

Selain itu, aki juga menyediakan daya untuk sistem listrik kendaraan dimana aki bertanggung jawab untuk menyediakan daya listrik yang dibutuhkan oleh berbagai sistem listrik di dalam mobil, termasuk lampu, kipas, sistem audio, dan lainnya. Aki yang sehat memastikan bahwa sistem listrik kendaraan dapat beroperasi dengan baik. Dan beberapa manfaat penting lainnya yang berhubungan kelistrikan pada mobil.

Ketika aki mobil soak, hal ini pastinya bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi pemilik mobil dimana terdapat beberapa penyebab yang bisa membuat aki mobil soak. Apa saja itu? Simak sebagai berikut.

Penyebab Aki Mobil Soak

Penyebab Aki Mobil Soak

Kabel aki yang longgar atau rusak

Kabel aki yang longgar atau rusak dapat menghambat aliran listrik ke dan dari aki yang mengakibatkan aki akan bekerja dengan kurang efektif dan bisa menyebabkan aki menjadi bermasalah.

Baca juga  10 Inspirasi Outfit ke Pantai yang Nyaman dan Anti Gerah

Pengisian air aki yang tidak benar

Pengisian air aki mobil yang tidak benar, seperti terlalu banyak atau terlalu sedikit, dapat membuat kinerja aki terganggu. Jika terlalu banyak, maka aki akan menjadi terlalu encer dan bisa merusak komponen dalam aki. Sebaliknya, jika terlalu sedikit, aki akan menjadi terlalu kental dan mengurangi kinerjanya.

Korosi pada terminal aki

Korosi pada terminal aki dapat menyebabkan hubungan antara kabel aki dan aki menjadi tidak stabil. Hal ini akan mengganggu aliran listrik yang masuk dan keluar dari aki, dan membuat aki menjadi soak.

Pengisian air aki yang tidak benar secara berulang-ulang

Pengisian air aki yang tidak benar secara berulang-ulang bisa membuat aki menjadi soak. Hal ini disebabkan karena setiap kali air aki ditambahkan, proporsi air dan asam dalam aki menjadi berubah dan membuat aki tidak bisa bekerja dengan baik.

Penggunaan aki yang sudah tua atau rusak

Aki yang sudah tua atau rusak akan sulit untuk mempertahankan muatan listrik yang cukup untuk menjalankan mesin mobil. Hal ini akan membuat aki bekerja secara berlebihan dan akhirnya menjadi rusak. Jadi, penggunaan aki yang sudah tua atau rusak merupakan salah satu penyebab aki mobil lemah.

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Jika anda menemukan masalah aki mobil anda soak, maka berikut cara mengatasinya untuk anda simak dibawah ini.

Jumper aki (jump start)

Hal pertama sekaligus hal yang paling mudah sebagai cara servis aki mobil soak adalah dengan melakukan jumper aki atau jump start. Caranya adalah dengan menggunakan kabel jumper atau kabel penghubung antara aki mobil yang baik dengan aki mobil yang soak. Setelah itu, nyalakan mesin mobil yang baik dan biarkan mesin tersebut menyala selama beberapa menit. Kemudian, coba nyalakan mesin mobil yang soak.

Baca juga  5 Cara Mudah Pesan Tiket Pesawat di Shopee, Murah Dan Banyak Promo

Cek aki secara berkala

Cara mengatasi aki mobil soak lainnya adalah dengan selalu melakukan cek aki secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kondisi aki selalu dalam keadaan baik dan tidak cepat soak. Cek aki bisa dilakukan di bengkel ataupun di rumah sendiri dengan menggunakan alat multimeter.

Rutin memanaskan mobil

Cara mengatasi aki mobil yang soak lainnya adalah dengan rutin memanaskan mobil dimana hal ini bertujuan untuk menjaga agar mesin tetap dalam kondisi baik dan tidak mudah rusak.

Jangan Gunakan aksesoris yang berlebihan

Dan terakhir, sebaiknya hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan seperti lampu strobo, lampu neon, dan lain-lain dapat membuat daya tahan aki menjadi cepat habis dan mudah soak.

Demikian informasi mengenai penyebab aki mobil soal dan cara mengatasinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *