8 Panduan Bangun Rumah dari Nol dan Hemat Anggaran

0
Panduan Bangun Rumah dari Nol dan Hemat Anggaran

Memang membangun rumah dari nol membutuhkan budget yang tidak sedikit, tapi dengan panduan bangun rumah dari nol yang akan kami bagikan kali ini, anda bisa menekan dan menghemat anggaran bangun rumah impian anda.

Bukan rahasia lagi apabila membangun rumah dari nol merupakan proyek besar yang memerlukan perencanaan dan eksekusi yang matang. Sebab kesalahan sedikit saja bisa berakibat buruk pada proses pembangunan rumah dan juga membuat anggaran pembuatan rumah menjadi membengkak.

Dalam membangun rumah dari nol, penting untuk mencermati semua mulai dari tahap perencanaan, pemilihan bahan, hingga pengawasan konstruksi, dimana setiap tahap memiliki tantangannya sendiri.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan membangun rumah dari nol dan bisa membantu menghemat anggaran bangun rumah anda.

Panduan Bangun Rumah dari Nol dan Hemat Anggaran

Panduan Bangun Rumah dari Nol dan Hemat Anggaran

Perhatikan Lokasi Bangun Rumah

Perlu anda catat dimana dasar dari membangun rumah adalah adanya perencanaan berupa desain keseluruhan. Namun sebelum itu, pelajari dulu lokasi tempat rumah akan dibangun. Perhatikanlah jenis tanah, garis kontur, lingkungan sekitar dan faktor lainnya. Hal ini untuk memastikan lokasi tersebut cocok untuk bangun rumah impian anda.

Siapkan Dana untuk Biaya Bangun Rumah

Bukan rahasia umum lagi apabila untuk merencanakan membangun rumah dari nol dibutuhkan biaya yang cukup besar. Maka dari itu, anda harus mempersiapkan dananya dari jauh-jauh hari guna memastikan kesiapan pembangunan.

Baca juga  6 Tips Liburan Hemat ke Eropa Agar Tidak Over Budget

Di samping itu, ada baiknya juga anda menyiapkan dana cadangan bangun rumah. Setidaknya sebesar 10% dari total keseluruhan dana yang akan digunakan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya ‘pembengkakan’ biaya pembangunan rumah karena adanya kenaikan harga bahan bangunan atau lainnya.

Mencari Ide Referensi Model Bangun Rumah Impian

Cara selanjutnya dimana anda bisa mencari referensi model rumah impian anda dan ada banyak sekali desain rumah yang bisa dijadikan inspirasi sekarang ini. Mulai dari yang modern, klasik, minimalis hingga mewah dan megah.

Carilah referensi model rumah sebanyak-banyaknya agar anda punya banyak opsi pilihan. Namun pastikan untuk rumah impian anda dan keluarga, pilih yang gaya dan desain bangunannya sesuai dengan kebutuhan. Bukan hanya untuk tampilan luarnya saja, tetapi juga setiap ruangan yang ada di dalam rumah. Dengan begitu, anda akan mendapatkan rumah sesuai impian anda.

Mencari Kontraktor yang Efisien dan Terpercaya

Kontraktor memegang peranan penting dalam pembangunan rumah impian anda. Maka dari itu, anda harus selektif memilih kontraktor yang handal, terpercaya dan efisien. Maksudnya yaitu yang jujur, aktif dan komunikatif kepada anda.

Memilih jasa kontraktor yang tepat berpengaruh besar dalam mewujudkan rumah yang anda impikan. Maka dari itu, sebaiknya anda memilih tim konstruksi yang memiliki tenaga kerja yang terampil, telah terbukti keberhasilannya serta bertanggung jawab.

Selain itu, pastikan anda membuat kontrak tertulis yang detail dan jelas. Di mana di dalamnya tercantum deskripsi pekerjaan, material, waktu, biaya bangun rumah dan sanksi yang berlaku. Hal penting lainnya, pastikan agar mereka bisa bekerja sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan tanpa mengurangi kualitas pengerjaan.

Hal ini untuk berjaga-jaga demi mencegah anda menderita kerugian besar secara finansial apabila terjadi masalah. Seperti material bangunan yang hilang, pekerja yang kabur atau hasil bangunan rumah yang buruk.

Baca juga  8+ Tempat Liburan Bersama Pasangan yang Romantis di Indonesia

Riset dan Survei Sendiri Harga Material

Walaupun anda akan menyerahkan hal-hal terkait pembelian material atau bahan bangunan kepada kontraktor, tapi anda tidak boleh lepas tangan begitu saja. Anda perlu tahu juga berapa harga-harga material bangunan yang umum di pasaran.

Anda bisa mencoba untuk melakukan riset dan survei mengenai harga ini. Lakukan sebelum membentuk tim konstruksi dan catat bahan-bahan yang sekiranya akan digunakan. Cara ini perlu anda lakukan untuk mencegah biaya pembelian material dimanipulasi oleh mandor atau kepala konstruksi yang nakal.

Setelah itu, periksalah invoice yang akan diberikan oleh mandor. Cek apakah harga dan total biaya yang diberikan normal atau ada indikasi penggelembungan dana dari material bangunan rumah anda.

Bangun Rumah Secara Bertahap

Apalagi jika rumah anda dibangun dari nol, bukanlah masalah jika penyelesaiannya secara bertahap. Saat anggaran terbatas atau masih banyak pengeluaran mendesak lain, anda dapat meniru konsep rumah tumbuh. Jadi rumah bisa dibangun sedikit demi sedikit. Mulai dari pondasi, bangunan rumah, atap hingga akhirnya tahap finishing. Intinya, utamakan dulu fungsionalitas rumah dibanding estetikanya.

Rumah tumbuh adalah hunian yang sejak awal direncanakan untuk bisa dibangun secara bertahap. Pertumbuhan itu dapat berupa penambahan luas ke samping bila tanah cukup luas (horizontal). Atau peningkatan lantai bangunan ke atas (rumah bertingkat/vertikal) dengan pondasi yang tentunya telah dipersiapkan. Memakai cara ini, waktu pembangunan rumah memang akan jadi jauh lebih lama. Namun ini lebih baik daripada terus mengumpulkan uang tapi akhirnya terpakai untuk kebutuhan lain.

Jangan Lupa Urusan Instalasi MEP

MEP merupakan istilah singkatan yang digunakan untuk mekanikal, elektrikal dan perpipaan/plumbing. Ketiga hal ini memang kurang menjadi perhatian, tidak heran jika instalasinya pun seringkali terlupakan saat membangun rumah dari nol dimana ketiganya adalah unsur yang sangat penting agar hunian dapat terlihat hidup. Terutama supaya rumah bisa nyaman ditempati dengan adanya listrik dan air yang tersedia di sana.

Baca juga  6 Tips Anti Kehilangan Koper di Bandara, Panduan Sebelum Naik Pesawat

Hal lain lagi yang perlu anda perhatikan soal MEP adalah kualitas material yang dipakai. Mulai dari mesin, kabel-kabel hingga perpipaan yang dipasang di rumah, anda perlu pastikan semuanya berkualitas dan dalam kondisi baik.

Cari Tahu Cara Mengurus PBG

Dan terakhir dan tidak kalah penting adalah ketika anda berencana membangun rumah sendiri dari nol, maka anda juga harus mengurus PBG sendiri. PBG atau Persetujuan Bangunan Gedung merupakan izin yang harus anda kantongi sebelum memulai pembangunan properti.

Penting untuk anda catat dimana izin yang bermasalah dapat membawa bencana bagi keseluruhan proses bangun rumah anda. Karena itu, pastikan anda mengurusnya secara resmi, jangan ambil jalan belakang atau mengandalkan bantuan calo. Sebab bukan tidak mungkin, hal itu bisa mengakibatkan kegagalan bahkan kerugian yang tidak sedikit.

Sekian informasi tentang tips membangun rumah dari nol dan bisa menghemat biaya bangun rumah yang bisa menjadi panduan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *