5 Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Jantung dan Aman

0
Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Jantung

Bagi anda yang memiliki kondisi penyakit jantung, maka penting untuk bisa memilih olahraga terbaik yang bisa anda lakukan dengan aman dan tetap menyehatkan. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa jenis olahraga yang baik untuk penderita jantung dan aman.

Bagi penderita penyakit jantung, maka berolahraga menjadi hal yang penting untuk menjaga kesehatan jantung akan tetapi penting untuk selalu diingat dimana tidak semua jenis olahraga yang direkomendasikan untuk penderita penyakit jantung, khususnya bagi yang mengalami sakit jantung dengan tingkatan yang tinggi.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui jenis olahraga apa saja yang cocok untuk anda lakukan dan juga penting untuk mengontrol olahraga dengan cerdas agar tidak membuat penyakit jantung menjadi kambuh dan bisa membuat kondisi kesehatan menjadi lebih parah.

Adapun dengan memilih olahraga yang cocok dilakukan penderita penyakit jantung akan bisa membuat ruang jantung terbuka makin lebar dan membikin organ ini memompa darah lebih banyak. Selanjutnya, dinding jantung akan semakin tebal dan membuatnya bisa memompa darah menjadi lebih efisien dan kuat.

Berikut manfaat yang bisa dirasakan penderita penyakit jantung dengan berolahraga yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Menguatkan otot-otot jantung.
  • Membantu mengontrol tekanan dan kadar kolesterol darah.
  • Mengendalikan kadar gula darah, jika Anda juga mengidap diabetes.
  • Menurunkan berat badan yang berlebih dan menjaganya agar tetap ideal.
  • Menguatkan tulang dan persendian.
  • Menghilangkan stres.
  • Memperbaiki suasana hati dan meningkatkan rasa percaya diri atau (self-esteem).
  • Meningkatkan kualitas tidur sehingga lebih nyenyak.

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Jantung dan Aman

Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Jantung

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan rekomendasi olahraga yang baik untuk penderita penyakit jantung yang aman dan bisa anda lakukan sebagai berikut.

Bersepeda

Olahraga pertama yang cocok untuk penderita penyakit jantung adalah bersepeda dimana jenis olahraga satu ini bisa menguatkan otot jantung, mengurangi kadar kolesterol, menurunkan denyut nadi, dan memperlancar sirkulasi darah.

Renang

Berenang menjadi pilihan terbaik untuk orang yang telah sembuh dari jenis penyakit jantung umum seperti aterosklerosis atau gagal jantung. Renang bahkan sangat direkomendasikan bagi penderita penyakit jantung yang mempunyai isu dengan sendi (rematik), sebab akan menjadi lebih mudah saat bergerak di dalam air.

Dengan berenang dapat meningkatkan sirkulasi darah, membuat pernapasan menjadi lebih baik, menormalkan detak jantung serta tekanan darah, bahkan menurunkan berat badan. Manfaat-manfaat tersebut bisa memproteksi pasien dari terkena serangan jantung dan stroke di masa mendatang. Selain itu, berenang ternyata juga dapat membantu menurunkan berat badan karena ampuh dalam membakar lemak di dalam tubuh.

Yoga

Yoga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh karena bisa membantu respons terhadap stres dengan teknik bernapas dan meditasi. Yoga diklaim bisa meningkatkan kesadaran untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk penderita penyakit jantung.

Seperti diketahui, yoga juga terbukti mempunyai banyak efek positif terhadap stres, peradangan, sistem saraf otonom jantung, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, yoga bisa mengontrol denyut jantung dan tekanan darah.

Jalan Kaki

Jalan kaki termasuk salah satu jenis olahraga kardio dan terbukti membantu penderita penyakit jantung. Jalan kaki pun menjadi olahraga paling sederhana karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Walaupun sekilas tampak tidak terlalu berat, jalan kaki nyatanya dapat meningkatkan detak jantung dan aliran darah, lalu menurunkan tekanan darah.

Baca juga  10 Manfaat Daun Sirih Cina Termasuk Mengobati Asam Urat dan Jerawat

Bagi penderita penyakit jantung, disarankan untuk paling tidak berjalan kaki selama 30 menit. Guna memperoleh hasil yang optimal dari jalan kaki, ada baiknya anda berjalan kaki dengan jarak tempuh sampai 8 kilometer per minggu.

Aerobik Intensitas Sedang

Dan terakhir pada daftar ini adalah anda bisa melakukan olahraga erobik yang merupakan jenis olahraga yang cocok bagi penderita penyakit jantung. Aerobik dapat merangsang denyut jantung dan pernapasan ketika melakukannya. Aerobik bisa melatih jantung supaya menjadi lebih efisien ketika memakai oksigen dan meningkatkan aliran darah.

Walaupun mempunyai beragam gerakan yang energik, aerobik tidak akan membuat kerja otot jantung menjadi lebih berat. Maka dari itu, aerobik masih aman untuk penderita penyakit jantung koroner.

Demikian informasi mengenai jenis olahraga yang baik untuk penderita jantung dan aman untuk anda ketahui. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *