7 Obat Tidur Alami yang Ampuh Mengatasi Insomnia

0

Apabila anda mengalami masalah sulit tidur atau insomnia, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi obat tidur alami yang ampuh untuk mengatasi insomnia yang bisa anda coba terapkan.

Bukan rahasia lagi apabila dikatakan Insomnia adalah masalah tidur yang umum dialami oleh banyak orang di seluruh dunia dimana kesulitan untuk memulai tidur atau tetap tertidur dapat memberikan pengaruh negatif pada kesehatan fisik dan mental seseorang.

Memang saat ini telah mudah ditemukan beragam obat tidur yang bisa di beli di apotik, tetapi anda juga perlu ketahui dimana terdapat cara alami dan obat herbal yang bisa membantu bagi anda penderita insomnia agar bisa kembali tidur nyaman dan pulas. Mau tahu apa saja? simak sebagai berikut.

Obat Tidur Alami yang Ampuh Mengatasi Insomnia

Obat Tidur Alami yang Ampuh Mengatasi Insomnia

Magnesium

Cara pertama adalah dimana menambah asupan magnesium dari makanan maupun suplemen juga bisa menjadi obat tidur yang alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa magnesium memiliki efek relaksasi pada tubuh dan otak sehingga membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia.

Magnesium bisa dengan mudah dicukupi setiap hari melalui konsumsi beragam pilihan makanan, seperti bayam, kacang mete, kacang tanah, sereal, susu kedelai, edamame, roti gandum utuh, dan alpukat.

Melatonin

Salah satu obat tidur herbal yang cukup terkenal dapat membantu meningkatkan durasi dan kualitas tidur adalah melatonin. Secara alami, melatonin dihasilkan oleh tubuh dan berperan dalam siklus tidur. Biasanya, melatonin akan meningkat jumlahnya pada malam hari dan menurun pada pagi hingga siang hari.

Baca juga  Tanda Kolesterol Tinggi Yang Harus Anda Ketahui

Berbagai penelitian menyatakan bahwa menambahkan melatonin dalam asupan harian bisa mencegah seseorang terbangun di malam hari dan mengobati gangguan tidur, misalnya insomnia atau jet lag. Beberapa pilihan makanan yang bisa meningkatkan kadar melatonin, antara lain susu hangat, ikan salmon, kacang almond, dan pistachio.

Sementara itu, suplemen melatonin umumnya aman untuk penggunaan jangka pendek. Karena bisa menyebabkan kantuk, disarankan untuk tidak mengemudikan kendaraan dalam waktu 5 jam setelah meminumnya. Suplemen melatonin juga bisa berinteraksi dengan beberapa obat, seperti obat pengencer darah, obat antikejang, obat KB, dan obat hipertensi.

Akar valerian

Akar valerian telah sejak lama digunakan untuk mengatasi masalah tidur. Obat tidur herbal ini dipercaya bisa membantu orang tertidur lebih cepat, lebih nyenyak, dan lebih jarang terbangun saat tidur.

Untuk mendapat manfaat akar valerian ini, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh atau kapsul suplemen. Efek samping dari konsumsi akar valerian jarang terjadi dan cenderung ringan, seperti pusing, gatal-gatal, atau sakit perut. Akan tetapi sebagai catatan dimana penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui seberapa efektif valerian dalam mengobati insomnia.

Lavender

Lavender adalah tanaman yang sering dijadikan minyak esensial dengan segudang manfaat. Salah satunya bisa membantu relaksasi dan menyebabkan rasa kantuk. Banyak riset yang menunjukkan bahwa menghirup aroma minyak esensial lavender sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur pada penderita insomnia.

Selain itu, penelitian lain membuktikan paparan aroma lavender pada malam hari juga mengurangi rasa kantuk saat bangun pada keesokan harinya.

Glisin

Glisin merupakan asam amino yang berperan dalam menurunkan suhu tubuh sebelum tidur. Suhu tubuh yang lebih rendah merupakan salah satu penanda bahwa tubuh bersiap untuk tidur karena saat itulah hormon melatonin dihasilkan.

Baca juga  Begini Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula yang Baik untuk Kesehatan

Salah satu penelitian juga menyatakan bahwa konsumsi suplemen glisin bisa memberikan efek peningkatan kualitas tidur sehingga tubuh menjadi lebih berenergi dan otak lebih fokus pada keesokan harinya.

Selain dari suplemen, anda juga bisa meningkatkan asupan glisin dengan mengonsumsi makanan, seperti daging, telur, unggas, bayam, pisang, kiwi, dan kacang-kacangan. Berbeda dengan kebanyakan obat tidur nonherbal, obat tidur alami diklaim jarang menimbulkan efek samping. Namun, sebenarnya belum banyak penelitian yang menyatakan keamanan obat tidur herbal.

Untuk membantu mengatasi insomnia, selain dengan mengonsumsi obat herbal, anda disarankan untuk mengurangi konsumsi kafein dan nikotin serta jangan berolahraga pada waktu yang terlalu dekat dengan jam tidur. Selain itu, anda juga bisa mengatasi susah tidur dengan cara lain, contohnya meditasi, yoga, atau pijat aromaterapi.

Ginkgo biloba

Selanjutnya agar bisa tidur dengan puas dan nyenyak, anda juga bisa mengonsumsi suplemen ginkgo biloba sebagai obat tidur herbal. Ginkgo biloba dipercaya bisa mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi. Orang yang minum suplemen ginkgo biloba diketahui memiliki durasi tidur yang panjang dan tidur dengan pulas.

Namun, bagi ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak, dan penderita gangguan pendarahan atau diabetes, sebaiknya hindari konsumsi suplemen ginkgo biloba atau konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Chamomile

Dan terakhir, teh chamomile juga bisa menjadi pilihan obat tidur herbal. Mengapa demikian? sebagai informasi dimana Teh chamomile mengandung senyawa antioksidan yang dapat mendorong rasa kantuk dan membuat tidur nyenyak. Dalam beberapa penelitian, orang yang minum teh chamomile melaporkan bahwa kualitas tidurnya jadi lebih baik, bisa tidur lebih cepat, dan lebih sedikit waktu terbangun di malam hari dibandingkan dengan yang tidak. Meski masih perlu diteliti lebih mendalam, minum teh chamomile patut dicoba untuk mengatasi susah tidur.

Baca juga  Cara Mengatasi Batuk Pada Anak Dengan Bahan Alami Tanpa Obat Batuk

Demikian informasi mengenai rekomendasi obat tidur alami yang ampuh untuk mengatasi insomnia untuk menjadi pilihan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *