5 Cara Mudah Mengobati Sariawan di Lidah yang Aman dan Penyebabnya

0
Mengobati Sariawan di Lidah

Sariawan merupakan kondisi sepele tetap kadang sangat mengganggu dan menjengkelkan serta bisa datang menghampiri siapa saja dari segala umur, dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mudah mengobati sariawan di lidah yang aman untuk anda terapkan.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana sariawan adalah luka kecil atau iritasi yang terjadi di dalam mulut, biasanya pada lidah, bibir, atau bagian dalam pipi dan gusi. Gejalanya termasuk rasa sakit atau terbakar ketika makan atau minum, serta dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk makan dengan nyaman.

Tentunya, ketika sariawan datang, hal ini bisa menjadi gangguan yang cukup menjengkelkan dan kadang-kadang menyakitkan bagi banyak orang dimana sariawan sering kali disebabkan oleh faktor-faktor seperti cedera ringan, stres, atau kurangnya vitamin tertentu dalam tubuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab umum sariawan yang bisa anda simak dibawah ini.

Penyebab Sariawan

Terkena sikat gigi

Saat menyikat gigi, anda disarankan untuk menyikat bagian lidah juga. Menyikat lidah akan membantu menjaga kebersihan rongga mulut dan mencegah napas beraroma tidak sedap. Namun, anda perlu berhati-hati saat menyikat gigi maupun lidah. Menyikat terlalu cepat akan membuat lidah terluka sehingga memunculkan sariawan.

Lidah tergigit

Lidah tidak sengaja tergigit merupakan salah satu penyebab munculnya sariawan. Kondisi ini biasanya terjadi saat sedang mengunyah makanan. Lidah tergigit akan menimbulkan rasa sakit yang sangat hebat. Luka setelah lidah tergigit akan sembuh dengan sendirinya, tapi membutuhkan waktu berhari-hari.

Baca juga  Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Mulut kering

Kondisi mulut kering juga bisa memicu munculnya sariawan dimana mulut kering membuat kuman dan bakteri bisa lebih mudah berkembang biak dan menginfeksi mulut.

Mengonsumsi makanan tertentu

Makanan pedas dan asam mungkin punya rasa yang lezat, tapi anda perlu berhati-hati saat mengonsumsinya. Jenis makanan tersebut bisa membuat sariawan di lidah muncul. Dua jenis makanan itu dapat membuat iritasi di lidah sehingga menimbulkan luka.

Kekurangan asupan nutrisi

Sariawan juga bisa muncul akibat tubuh kekurangan nutrisi, salah satunya vitamin B12. Sariawan mungkin hanya merupakan salah satu tanda tubuh kekurangan asupan nutrisi. Jika terus dibiarkan, tubuh akan memunculkan gejala lain yang pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit yang lebih parah.

Mengalami perubahan hormon

Kondisi ini cenderung terjadi pada Wanita. Pasalnya, wanita akan mengalami menstruasi, kehamilan, dan menopause. Semua hal tersebut akan menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh. Pada waktu-waktu itulah, wanita akan lebih rentan terkena gangguan sariawan, baik di dinding mulut, bibir, maupun lidah.

Penggunaan kawat gigi atau behel

Perawatan gigi juga bisa menyebabkan luka dan memunculkan sariawan. Behel atau kawat gigi merupakan cara untuk memperbaiki struktur gigi. Namun, hal ini akan membuat rongga mulut menjadi sedikit berbeda. Pada awal pemakaian, anda mungkin akan membiasakan diri terlebih dulu dan rentan terluka karena terkena bagian tajam dari behel.

Cara Mudah Mengobati Sariawan di Lidah yang Aman

Mengobati Sariawan di Lidah

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mudah mengobati sariawan di lidah yang aman untuk anda terapkan sebagai berikut.

Kompres es batu

Apabila sariawan anda terasa nyeri dan cukup mengganggu, cobalah kompres bagian sariawan dengan es batu. Diamkan beberapa hingga rasa sakitnya berkurang. Jika tidak ada es batu, kamu bisa menggantinya dengan berkumur menggunakan air dingin. Cara ini juga cukup efektif meredakan rasa sakit akibat sariawan.

Baca juga  7+ Penyebab Mata Sakit saat Berkedip Yang Perlu Anda Ketahui

Berkumur dengan air garam

Garam memiliki khasiat untuk meredakan sariawan. Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk air garam tersebut hingga larut. Lalu, kumur dengan menggunakan air garam tersebut hingga seluruh rongga mulut terbasahi.

Anda bisa berkumur selama 1—2 menit supaya bisa menjangkau seluruh bagian mulut. Setelah itu, buang air kumuran. Ada baiknya anda tidak makan dan minum dalam beberapa saat untuk membuat air garamnya bereaksi dengan luka.

Perbanyak minum air putih

Air putih punya banyak manfaat untuk tubuh. Selain membantu proses pencernaan, mengonsumsi air putih juga bisa mencegah mulut kering. Cobalah memilih air mineral alkali dengan kadar pH normal. Air tersebut dapat menetralkan kondisi tubuh yang asam akibat mengonsumsi makanan pedas dan asam.

Berkumur dengan obat kumur

Obat kumur sebenarnya digunakan untuk menjaga aroma napas tetap segar. Di samping itu, beberapa produk obat kumur mengandung hidrogen peroksida yang dapat mempercepat penyembuhan sariawan. Anda hanya perlu berkumur setelah menyikat gigi.

Kompres dengan teh celup

Terdapat cara unik yang dipercaya dilakukan untuk mengobati sariawan, yaitu dengan memanfaatkan teh celup. Daun teh dipercaya mampu melawan peradangan sekaligus menetralkan asam di mulut. Anda hanya perlu menempelkan teh celup di bagian sariawan dan biarkan selama beberapa menit. Ulangi langkah yang sama setiap hari sampai sariawan hilang.

Demikian informasi mengenai cara mudah mengobati sariawan di lidah yang aman untuk anda terapkan untuk diri sendiri maupun orang-orang terdekat anda yang mengalami masalah serupa. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *