Mengenal Jenis Investasi Properti Online Lengkap Dengan Tipsnya

Date:

Share post:

Apakah anda tertarik berinvestasi pada dunia properti? Maka berikut ini kami akan membagikan artikel jenis investasi properti online lengkap dengan tipsnya yang bisa anda simak dibawah ini.

Bagi anda yang biasa mengikuti berita atau informasi mengenai dunia bisnis pastinya sudah sering mendengar dimana investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang menggiurkan saat ini dengan perkembangan yang terus berkembang pesat. Namun walaupun begitu, banyak orang yang mengurungkan niat untuk berinvestasi karena berpikir investasi ini membutuhkan modal besar dan proses pengurusan yang rumit.

Namun jangan kuatir, sebab anda bisa berinvestasi properti secara online dimana dengan berinvestasi online dan berharap passive income merupakan salah satu metode investasi yang banyak dilirik oleh kaum millenial saat ini. Mengapa demikian? Sebab passive income adalah jenis pendapatan yang hanya membutuhkan sedikit usaha atau bahkan tidak membutuhkan usaha sama sekali dimana anda cukup “memanen” hasil yang anda “tanamkan”

Dengan demikian passive income anda akan berasal dari investasi properti yang berpeluang memberikan anda pendapatan walaupun anda tidak perlu bekerja di dunia properti, maupun anda bisa tetap bisa melakukan aktivitas utama anda, tetapi pendapatan akan berpotensi masuk dari investasi properti online anda.

Hal ini menjadi menarik sebab seperti yang kita ketahui bersama, dunia properti merupakan salah satu peluang investasi yang tidak pernah mati bahkan terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun dengan investasi properti online, anda tidak perlu ribet turun ke lapangan, membangun rumah atau mengawasi tukang, atau melakukan pemasaran, dimana dengan investasi online, anda cukup berinvestasi pada saham properti terkenal seperti Ciputra Group, Sinar Mas Land, Pakuwon Group, dan masih banyak lagi perusaan properti raksasa lainnya.

Jenis Investasi Properti Online

Jenis Investasi Properti Online

Tertarik berinvestasi properti online? maka anda perlu mengetahui jenis investasi online apa saja yang bisa anda ikuti. Simak daftarnya sebagai berikut.

DIRE (Dana Investasi Real Estate)

Jenis investasi properti online yang pertama adalah Dana Investasi Real Estate atau DIRE. Secara teknis, investasi ini berupa penghimpunan dana untuk dikelola dan diinvestasikan dalam berbagai aset properti. Adapun besaran investasi minimal 80% dari dana kelolaan ke sektor properti, lalu minimal 50% berbentuk aset properti secara langsung.

EBA (Efek Beragun Aset)

Jenis investasi properti secara online selanjutnya adalah investasi Efek Beragun Aset atau EBA yang merupakan efek yang dikeluarkan oleh Kontrak Investasi Kolektif (KIK) dengan portfolio dari aset keuangan.

Bentuk dari EBA berupa tagihan yang berasal dari surat berharga komersial, seperti future receivables, atau pemberian kredit termasuk KPR. EBA sendiri merupakan bentuk investasi yang dijamin oleh pemerintah. Salah satu lembaga yang mengeluarkan EBA ialah Sarana Multigriya Finansial (SMF).

Hingga saat ini EBA masih ditujukan untuk investor institusi dan berupa pemberian KPR saja. Namun, rencananya di masa depan EBA juga bisa dibeli secara perorangan.

Crowdfunding

Selanjutnya ada crowdfunding. Seperti dengan namanya, crowdfunding berarti patungan dalam membeli properti. Umumnya investor hanya mengeluarkan modal sedikit untuk membeli aset.

Namun, anda harus berhati-hati ketika hendak berinvestasi crowdfunding supaya tidak tertipu. Anda harus memastikan perusahaan pengelola telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Obligasi Properti

Dan terakhir ada jenis investasi properti online adalah obligasi properti dalam bentuk investasi yang bisa diperoleh secara online. Akan tetapi, tidak banyak pengembang yang mengeluarkan jenis investasi satu ini. Salah satu developer yang menyediakan jenis investasi obligasi properti ialah PP Properti.

Baca juga  Ini Dia Bank dengan Bunga KPR Paling Rendah

Investor akan mendapatkan bunga dari investasi ini sebesar 11,15% per tahun yang dibayarkan per tiga bulan. Investasi obligasi properti memiliki jangka waktu biasanya tiga tahun. Obligasi properti ini tercatat dalam BEI (Bursa Efek Indonesia) sehingga anda tidak perlu kuatir akan investasi anda.

Sekian informasi mengenal jenis investasi properti online beserta tips yang bisa anda lakukan. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang tertari berinvestasi dalam bidang properti dengan mudah dan menguntungkan.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...