Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh Gambar Atau Foto, Ini Penyebab dan Solusinya

Date:

Share post:

Apakah whatsapp anda tidak bisa mengunduh foto atau gambar? jangan kuatir sebab kali ini kami akan membagikan cara mengatasi whatsapp tidak bisa mengunduh gambar dan foto beserta penyebabnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, whatsapp merupakan aplikasi perpesanan yang sangat populer dunia termasuk ditanah air. Terbukti aplikasi whatsapp ini bisa ditemukan terinstall dan digunakan di sebagian besar pemilik HP baik itu android maupun Iphone. Hal ini tidak terlepas dengan beragam fitur yang dihadirkan whatsapp untuk membantu para penggunanya terhubung satu sama lainnya dan berkomunikasi secara online melalui chat text, panggilan suara, hingga video call.

Pemakaian whatsapp saat ini tidak hanya sekedar untuk penggunaan pribadi tetapi whatsapp kini menjadi salah satu “jalur” komunikasi dalam urusan pekerjaan, perkualiahan, sekolah hingga pembelajaran online.

Namun dengan kelengkapan fitur-fitur yang bisa ditemukan di Whatsapp, tetap ada saja yang menjadi kendala atau masalah yang kerap ditemukan pengguna WA. Salah satunya adalah tidak bisa mengunduh gambar atau foto dari WA yang mana hal ini bisa mengganggu komunikasi yang dilakukan sebab bisa saja foto atau gambar yang dikirimkan bersifat penting karena urusan pekerjaan atau perkuliahan atau bisa saja foto penting dari pasangan atau teman untuk anda cek segera.

Bagi anda yang menemukan masalah tidak bisa mengunduh foto atau gambar di Whatsapp, maka anda tidak panik sebab anda bisa menyimak panduannya dibawah ini agar anda bisa menyelesaikan masalah dengan cepat dan melanjutkan kembali aktivitas di WA anda.

Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh Gambar Atau Foto

Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengunduh Gambar Atau Foto

Cek Jaringan Internet

Cara pertama mengatasi whatsapp tidak bisa mengunduh gambar atau foto adalah dengan mengecek jaringan internet yang anda gunakan. Apakah anda masih memiliki kuota internet atau anda memiliki sinyal yang baik sebab masalah ini merupakan masalah utama penyebab kegagalan dalam mengunduh gambar atau foto.

Pelu anda ketahui bahwa untuk mengunduh gambar memang membutuhkan jaringan lebih kuat ketimbang berkirim pesan. Maka dari itu, anda bisa beralih ke jaringan lain yang lebih kencang seperti dengan berpindah WiFi, menggunakan tethering hotspot dengan teman, atau membeli kuota internet lebih besar.

Kosongkan Ruang Penyimpanan

Penyebab lain gambar pada WhatsApp anda tidak bisa terunduh dikarenakan ruang penyimpanan perangkat yang penuh sehingga mau tidak mau anda harus mengosongkan ruang penyimpanan dahulu. Anda bisa menghapus file-file pribadi yang tersimpan di dalam HP atau bisa juga dengan menghapus cache dan data pada suatu aplikasi. Setelah itu anda bisa mencoba melakukan pengunduhan ulang gambar di WhatsApp kembali.

Tanggal dan Waktu Harus Benar

Apabila pengguna tidak menyetel tanggal dan waktu dengan benar, maka tidak akan bisa terhubung ke server WhatsApp sehingga proses pengunduhan gambar pun tidak bisa dilakukan. Jadi sebaiknya anda mengecek dan mengatur tanggal dan waktu dengan benar baik di perangkat Android dan iOS.

Adapun caranya sangat mudah, bagi anda pengguna perangkat Android, anda bisa masuk ke menu Pengaturan lalu menuju menu Sistem untuk menemukan menu Tanggal dan Waktu. Lihat kembali apakah Tanggal dan Waktu sudah sesuai waktu anda setempat atau anda juga bisa memilih opsi otomatis supaya tidak repot.

Baca juga  Begini Cara Nonton Film di Telegram, Mudah dan Gratis

Sementara bagi anda pengguna perangkat iOS perlu menuju ke menu Pengaturan dan dilanjutkan dengan mengetuk menu Umum. Setelah itu ke menu Tanggal dan Waktu untuk menyesuaikannya dengan benar.

Update Aplikasi WhatsApp ke Versi Terbaru

Untuk selalu mengikuti protokol terbaru yang digunakan oleh WhatsApp, anda harus selalu memastikan aplikasi update ke versi terbaru. Dengan begitu anda pun akan terhindar dari masalah bug yang sering menjadi penyebab tidak lancarnya penggunaan. Selain masalah tersebut hilang, update WhatsApp juga kerap memberikan fitur baru.

Aktifkan Semua Izin Aplikasi WhatsApp

Mengatasi masalah gambar yang tidak bisa diunduh juga bisa jadi disebabkan karena izin fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi belum diberikan sehingga anda perlu mengetuk tombol izin pada info aplikasi WhatsApp agar proses pengunduhan gambar maupun aktivitas lainnya berjalan lancar.

Muat Ulang WhatsApp

Apabila cara diatas sudah anda lakukan tetapi anda tetap tidak bisa mengunduh foto atau gambar di WA, maka sebagai solusi terakhir anda bisa keluar dari WhatsApp dan melakukan install ulang perlu dilakukan jika seluruh metode tidak bisa. Tentu sebelum melakukannya anda harus melakukan pencadangan riwayat pesan dan media terlebih dahulu agar tidak kehilangan data penting.

Anda pun bisa mengunduh kembali WhatsApp dari Google Play Store maupun Apple App Store setelah sebelumnya menghapus aplikasi. WhatsApp yang sudah terpasang nantinya juga dipastikan menggunakan versi terbaru.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi whatsapp tidak bisa mengunduh gambar dan foto. Semoga berguna dan bermanfaat untuk mengatasi permasalahan dan error di whatsapp anda agar komunikasi anda kembali normal seperti sedia kala.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

8+ Spot Wisata Pantai Dekat Bandung Untuk Liburan Asik

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi spot wisata pantai dekat Bandung untuk liburan asik dan menyenangkan. Walaupun...

5 Penyebab Kenapa Bau Mulut Walaupun Sudah Sikat Gigi

Anda merasakan mulut anda berbau tidak sedap walaupun sudah rutin menyikat gigi? Agar anda tidak bingung, kali ini...

Tips Menciptakan Kesan Luas untuk Rumah yang Kecil

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips untuk menciptakan kesan luas bagi anda pemilik rumah dengan luas...

Begini Cara Mengatasi Kaki Keseleo Yang Aman Dilakukan Sendiri

Bagi anda yang mengalami kaki keseleo atau hal ini terjadi pada orang terdekat anda, maka kali ini kami...