Tips Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Dengan Cepat dan Alami Tanpa Obat

Date:

Share post:

Sakit gigi karena berlubang memang menjadi momok bagi banyak orang yang bisa memberikan rasa sakit yang tidak tertahankan. Simak tips mengatasi sakit gigi berlubang dengan cepat dan alami tanpa obat.

Untuk mengobati sakit gigi berlubang, sebaiknya nda harus melihat dokter gigi untuk mendapatkan perawatan dan solusi dari ahlinya. Namun, bagi anda yang berhalangan karena sebuah alasan, maka terdapat beberapa cara untuk mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat sebelum anda pergi ke dokter.

Sekedar informasi, gigi berlubang biasanya disebabkan oleh plak yang mengikis lapisan terluar gigi. Plak ini berasal dari sisa makanan dan kuman yang menjadi asam, serta aktivitas menggosok gigi yang tidak teratur. Gigi berlubang yang tidak teratasi dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, infeksi, dan bahkan bisa menyebabkan tanggalnya gigi.

Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Mengatasi Sakit Gigi Berlubang

Banyak orang yang mengambil jalan pintas untuk meminum obat penghilang rasa sakit ketika sakit gigi sudah pada puncaknya yang mana hal tersebut bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Namun perlu anda ketahui bahwa pada beberapa orang dengan kondisi medis tertentu tidak boleh sembarangan minum obat sendiri dan harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan tips mengatasi sakit gigi berlubang dengan cepat dan alami tanpa obat yang aman untuk anda simak sebagai berikut.

Berkumur air garam

Berkumur dengan air garam merupakan pertolongan pertama untuk menghilangkan sakit gigi. Air garam berperan sebagai disinfektan alami yang membantu membasmi kuman penyebab infeksi. Selain itu, berkumur sendiri dapat melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Baca juga  12+ Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah dan Praktis

Berkumur dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan gusi dan area mulut lannya. Untuk membuat larutan garam, Anda dapat mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan sebagai cairan untuk kumur.

Mengompres dingin

Menempelkan kompres dingin di area yang nyeri selama setidaknya 20 menit, dapat membuat area tersebut terasa kebas, sehingga rasa sakit mereda. Cara ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Anda dapat membuat kompres dingin dengan merendam handuk di air es, menggunakan ice pack, ice gel, atau es yang dibungkus dengan kain. Namun, hindari menempelkan es langsung ke kulit, untuk menghindari cedera pada kulit.

Menempelkan teh celup

Tanin yang terkandung dalam teh celup dapat membantu meredakan nyeri. Selain itu, anda juga bisa menggunakan varian teh mint. Kandungan mentol dalam teh mint dapat membuat area gigi berlubang terasa kebas dan menenangkan gusi sensitif, sehingga nyeri berkurang.

Untuk mendapatkan manfaat ini, anda bisa menyimpan teh celup di dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya. Kemudian, tempelkan kantong teh di bagian gigi yang berlubang.

Berkumur larutan hidrogen peroksida

Selain berkumur dengan air garam, berkumur dengan larutan hidrogen peroksida juga dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida dapat mengurangi plak dan meredakan gusi berdarah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, larutkan hidrogen peroksida 3% ke dalam air dengan perbandingan yang sama, lalu gunakan untuk berkumur selama 30 detik.

Demikian informasi mengenai tips mengatasi sakit gigi berlubang dengan cepat dan alami tanpa obat. Semoga berguna dan bermanfaat. Penting untuk anda ingat agar segea memeriksa kesehatan gigi anda para dokter gigi dan rutin melakukan perawatan gigi agar rasa sakit gigi berlubang tidak datang lagi.

Baca juga  7 Cara Mencegah Diabestes pada Anak, Awasi Pemicunya
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...