5 Tips Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

0
Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Rambut rontok dan rambut yang berkotembe merupakan kondisi umum yang dialami banyak orang. Namun tentunya kondisi ini tidak boleh disepelekan. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mudah mengatasi rambut rontok dan ketombe yang mengganggu.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana masalah rambut rontok dan ketombe bisa menjadi pengalaman yang menjengkelkan bagi banyak orang, baik itu pria maupun wanita. Siapa sih yang ingin memiliki rambut yang tampak jarang atau bahkan botak pada bagian tertentu? yang mana hal ini pastinya akan sangat mengganggu penampilan.

Selain itu rambut yang berketombe pun bisa membuat penampilan rambut tampak jorok dan bahkan ketombe yang jatuh pada baju akan tampak terlihat tidak sedap dipandang mata.

Perlu anda ketahui dimana ketombe dan rambut rontok memiliki hubungan yang saling terkait walaupun ketombe tidak secara langsung menyebabkan rambut rontok. Namun, rasa gatal akibat ketombe berdampak pada folikel rambut, sehingga banyak yang menggaruk kepala dan menyebabkan sejumlah rambut rontok.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mudah mengatasi rambut rontok dan ketombe yang mengganggu untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Sampo anti ketombe

Tips pertama adalah dimana anda bisa menggunakan sampo anti ketombe dimana bahan aktif dalam sampo anti ketombe dapat mengatasi rambut rontok dan ketombe.

Baca juga  Begini Penyebab Mual setelah Minum Kopi, Apakah Kopi Buruk?

Sebaiknya anda gunakan sampo yang mengandung sebagai berikut

  • Pyrithione Zinc.
  • Salicylic Acid.
  • Ketoconazole.
  • Coal Tar.
  • Selenium Sulfide.

Jika kulit kepala rentan alergi terhadap bahan kimia, gunakan sampo herbal yang mengandung bahan aktif alami untuk rambut rontok ketombe. Carilah sampo herbal anti ketombe yang mengandung sebagai berikut

  • Neem.
  • Lidah buaya.
  • Kunyit.
  • Minyak rosemary.
  • Daun mint.
  • Minyak pohon teh.
  • Ekstrak lemon.

Gunakan pelembap

Kulit kepala yang kering merupakan salah satu penyebab ketombe. Bahan-bahan seperti salicylic acid dalam sampo anti ketombe dapat mengeringkan kulit kepala. Oleh sebab itu, gunakan pelembap yang sesuai dengan kulit kepala.

Minyak kelapa atau minyak argan cocok digunakan untuk melembapkan kulit kepala. Saat menggunakannya, pijat kulit kepala untuk meningkatkan sirkulasi darah. Minyak kelapa memiliki sifat antijamur, sedangkan minyak argan dapat melembabkan rambut dan kulit kepala serta melindungi dari kerusakan. Selain itu, gunakan kondisioner yang sesuai dengan rambut untuk menambah kelembapan setelah keramas.

Cegah stres

Stres juga dapat menyebabkan rambut rontok. Stres berpotensi menghambat sistem kekebalan, sehingga membuat kulit kepala rentan terhadap jamur yang mengakibatkan ketombe dan rambut rontok. Ada tiga jenis kondisi rambut rontok yang disebabkan stres yang bisa anda simak sebagai berikut.

Telogen effluvium

Kondisi telogen effluvium diakibatkan oleh stres yang secara signifikan mendorong sejumlah besar folikel rambut ke fase istirahat. Dalam beberapa bulan, rambut yang terkena mungkin rontok secara tiba-tiba saat sedang menyisir atau mencuci rambut.
Trichotillomania. Trichotillomania adalah dorongan yang tak tertahankan untuk mencabut rambut dari kulit kepala, alis, atau area tubuh lainnya. Menarik rambut bisa menjadi cara untuk mengatasi perasaan negatif atau tidak nyaman, seperti stres, ketegangan, kesepian, kebosanan, atau frustrasi.

Baca juga  Begini Cara Mengatasi Nafas Bau Mulut, Cepat dan Mudah

Alopecia areata

Berbagai faktor diduga menyebabkan alopecia areata, termasuk stres berat. Pada kondisi alopecia areata, sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut sehingga menyebabkan rambut rontok.

Hindari produk rambut yang mengiritasi

Perlu anda ketahui dimana pewarna rambut dan produk rambut lainnya sering mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit kepala yang sensitif. Hal tersebut dapat menyebabkan ketombe. Umumnya, kandungan pengawet dan wewangian dalam produk rambut dapat memperburuk kondisi kulit kepala.

Gunakan minyak pohon teh, lidah buaya, atau cuka apel

Minyak pohon teh, lidah buaya, atau cuka apel dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe. Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan minyak kelapa dan oleskan pada kulit kepala dan rambut. Minyak pohon teh memiliki sifat anti-inflamasi dan antijamur.

Selain itu, lidah buaya dapat digunakan sebagai pencegah peradangan pada kulit kepala dan menenangkan. Caranya, belah daun lidah buaya dan keluarkan gelnya. Oleskan pada kulit kepala, biarkan selama 15 menit dan bilas.

Dan terakhir dengan menggunakan cuka apel dimana bahan ini mendorong pelepasan sel kulit mati, melawan jamur dan menyeimbangkan pH kulit kepala. Campurkan cuka apel dengan minyak atau sampo. Anda juga dapat mengencerkan cuka apel dengan air untuk bilasan terakhir setelah keramas.

Demikian informasi mengenai tips cara mudah mengatasi rambut rontok dan ketombe yang mengganggu. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *