Cara Mudah Mengatasi Overthinking Untuk Tips Kesehatan Mental

Date:

Share post:

Sadar atau tidak sadar, saat ini banyak orang yang mengalami masalah kesehatan mental dan salah satunya adalah masalah overthinking. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi overthinking bagi anda yang mengalami masalah mental ini.

Sesuai dengan namanya yang berarti “pikiran berlebih”, overthinking mungkin tidak tedengar berbahaya namun pada kenyataannya overthinking bisa mengakibatkan gangguan kesehatan penderitanya apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Overthinking sendiri memicu rasa khawatir yang berlebihan sehingga bisa mengakibatkan overthinking atau berpikir tentang sesuatu secara berlebihan dan memicu kecemasan. Orang yang merasa cemas umumnya akan kesulitan beraktivitas karena tidak dapat fokus dan pada akhirnya akan membuat segala kegiatannya akan berantakan serta bahkan berpotensi mengganggu kesehatan fisik.

Menurut psikolog, walaupun overthinking memang punya sisi positif dimana Overthinking mencegah anda berbuat salah dan punya pertahanan terhadap hal-hal yang kemungkinan muncul di kemudian hari namn walaupun demikian, dampak negatif dari overthinking juga tidak bisa dianggap remeh, terutama untuk kesehatan mental.

Dan itulah pentingnya untuk segera mencari solusi dan penanganan yang tepat untuk overthinking yang sudah mengarah pada kesehatan mental yang berlarut-larut sebab sesungguhnya, overthinking masih bisa diatasi.

Berikut tips cara mengatasi overthinking bagi anda yang mengalami masalah mental ini yang bisa anda coba terapkan dibawah ini.

Mengatasi Overthinking Untuk Tips Kesehatan Mental

Mengatasi Overthinking Untuk Tips Kesehatan Mental

Lihat kembali respons Anda

Cara anda merespons suatu pikiran dapat membuat anda sering merenung dan memikirkan hal yang sama berulang-ulang. Padahal, merenung terus menerus dapat menyebabkan dampak negatif pada mental seseorang.

Baca juga  6 Obat Batuk Dengan Bahan Alami Yang Aman Dan Bisa Dibuat Dirumah

Jadi jika suatu saat anda kembali merenung terus menerus, lihatlah bagaimana dampaknya pada mood anda.

Apakah itu membuat anda merasa kesal atau bersalah? Lalu, apa emosi utama di balik pikiran itu? Intinya, memiliki self-awareness atau kesadaran diri merupakan kunci untuk mengubah mindset anda.

Mencari distraksi

Atasi overthinking dengan melakukan sesuatu yang anda sukai dimana hal ini bisa berbeda bagi setiap orang. Namun, berikut beberapa ide distraksi dari overthinking yang bisa dilakukan sebagai berikut.

  • Memahami beberapa skill memasak baru dengan membuat resep baru
  • Mengikuti kelas olahraga favorit
  • Mencari hobi baru, seperti melukis
  • Menjadi volunteer di organisasi lokal

Namun, terkadang mencoba memulai sesuatu yang baru bisa sulit jika anda kewalahan dengan pikiran diri sendiri. Jadi jika distraksi terasa terlalu berat, anda bisa mencoba untuk meluangkan waktu sekitar 30 menit saja per harinya.

Lalu, gunakan waktu luang ini untuk mencari distraksi potensial atau melakukan kegiatan lain yang memang anda sukai.

Tarik napas dalam-dalam

Mungkin, anda tidak asing dengan saran “menarik napas dalam-dalam” saat stres karena saran ini memang sangat berguna dan bisa membuat pikiran sedikit lega. Jadi jika suatu saat anda merasa overthinking, tutup mata dan segeralah menarik napas dalam-dalam. Berikut beberapa tipsnya.

Temukan tempat yang nyaman untuk duduk dan merilekskan leher dan bahu. Kemudian anda bisa tempatkan satu tangan di atas daa, dan tangan satunya di perut. Tarik napas lalu keluarkan melalui hidung dan perhatikan bagaimana dada dan perut anda bergerak saat bernapas.

Anda bisa melakukan latihan ini sebanyak tiga kali sehari selama lima menit. Anda juga bisa melakukannya saat pikiran buruk mulai muncul.

Baca juga  4 Tips Menjaga Gigi Anak dari Karies, Hindari Makanan Manis

Meditasi

Melakukan meditasi rutin juga dapat menjadi salah satu cara untuk membantu melegakan pikiran dari overthinking dengan cara membuat perhatian anda teralihkan. Waktu dan tempat yang dibutuhkan pun tidak bikin repot. Anda hanya membutuhkan tempat sepi dan waktu selama lima menit saja.

Melihat situasi secara keseluruhan

Penting untuk tidak melihat dari satu sisi saja. Contohnya, pikirkanlah apa benar hal yang membuat anda overthinking akan berdampak pada hidup kita 5-10 tahun ke depan. Atau, apa ada orang yang benar-benar peduli saat anda membuat kue dengan cara yang sangat praktis?

Jadi kesimpulannya adalah jangan biarkan masalah kecil menjadi besar hanya karena anda dapat melihatnya dari satu sisi saja.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi overthinking bagi anda yang mengalami masalah mental secara sadar maupun tidak sadar. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...