5 Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Masa Kehamilan

Date:

Share post:

Begini cara mengatasi kaki bengkak saat masa kehamilan bagi anda yang mengalami masalah umum yang sering dialami banyak ibu-ibu hamil.

Sebagai informasi bagi anda para ibu yang baru merasakan kehamilan pertama dan mengalami gejala kaki bengkak, maka anda tidak perlu kuatir sebab hal tersebut umum terjadi pada beberapa kondisi ibu hami.

Perlu anda ketahui pada saat hamil, tubuh anda akan mengeluarkan hormon-hormon yang dapat memicu pembengkakan pada kaki. Pembengkakan ini terjadi seiring dengan berkembangnya kehamilan. Umumnya pembengkakan ini memiliki tujuan agar janin anda dapat berkembang dengan sehat yang bisa disebabkan oleh perubahan hormon, peningkatan volume darah, dan tekanan pada pembuluh darah oleh rahim yang membesar.

Bagi anda yang mengalami kaki bengkak saat hamil, berikut cara mengatasi kaki bengkak saat masa kehamilan yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Masa Kehamilan

Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Pijatan Lembut

Pijatan lembut pada kaki saat hamil dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan. Pastikan anda menggunakan gerakan lembut dan tidak memberikan tekanan berlebihan pada area yang bengkak.

Olahraga Ringan

Melakukan peregangan ringan dan olahraga yang lembut seperti berjalan atau berenang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah anda. Peregangan membantu mengurangi ketegangan pada otot-otot kaki dan mengurangi risiko pembengkakan. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rutinitas olahraga baru.

Konsumsi Makanan Sehat

Gaya hidup sehat sangat penting selama kehamilan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya serat, rendah garam, dan mengandung banyak nutrisi. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung garam berlebih, karena garam dapat menyebabkan retensi cairan. Selain itu, pastikan anda minum cukup air setiap hari untuk menjaga hidrasi dan membantu mengurangi bengkak.

Baca juga  Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Agar Tidak Kambuh Lagi

Tinggikan Kaki Anda

Setiap kali anda duduk atau berbaring, cobalah untuk menaikkan kaki anda. Mengangkat kaki di atas tingkat jantung dapat membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan mengalirkan cairan ke area tubuh yang lebih tinggi. Anda bisa meletakkan bantal di bawah kaki anda ketika tidur atau meletakkan kaki anda di atas beberapa bantal saat duduk.

Minum Lebih Banyak Air

Sekalipun pembengkakan disebabkan oleh cairan, meminum lebih banyak air mineral justru mengurangi pembengkakan. Hal ini disebabkan oleh apabila tubuh mengalami dehidrasi dan akan menahan lebih banyak air. Meminum air mineral justru akan merangsang kerja ginjal dalam menyaring zat beracun pada tubuh sehingga tubuh terhidrasi dengan baik. Jumlah ideal per hari adalah 10 gelas air per hari.

Hindari Pakaian yang Ketat

Pakaian yang ketat atau sepatu yang tidak nyaman dapat membatasi sirkulasi darah dan menyebabkan kaki bengkak. Anda bisa memilih pakaian yang longgar dan nyaman, serta sepatu yang memberikan dukungan yang baik untuk kaki anda. Hindari sepatu hak tinggi atau sepatu yang terlalu ketat di area kaki.

Kaki bengkak adalah hal yang umum terjadi selama kehamilan. Tetapi dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, anda dapat mengurangi ketidaknyamanan dan risiko pembengkakan yang lebih serius.

Demikian informasi cara mengatasi kaki bengkak saat masa kehamilan. Sebaiknya anda bisa konsultasikan dengan dokter anda untuk mendapatkan saran medis yang tepat sebab bisa jadi penyebab dan solusinya setiap orang berbeda-beda, maka dari itu sebaiknya anda segera meminta bantuan medis. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

8+ Spot Wisata Pantai Dekat Bandung Untuk Liburan Asik

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi spot wisata pantai dekat Bandung untuk liburan asik dan menyenangkan. Walaupun...

5 Penyebab Kenapa Bau Mulut Walaupun Sudah Sikat Gigi

Anda merasakan mulut anda berbau tidak sedap walaupun sudah rutin menyikat gigi? Agar anda tidak bingung, kali ini...

Tips Menciptakan Kesan Luas untuk Rumah yang Kecil

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips untuk menciptakan kesan luas bagi anda pemilik rumah dengan luas...

Begini Cara Mengatasi Kaki Keseleo Yang Aman Dilakukan Sendiri

Bagi anda yang mengalami kaki keseleo atau hal ini terjadi pada orang terdekat anda, maka kali ini kami...