8 Cara Mudah Mengatasi Jerawat di Hidung dan Penyebabnya

0
Mengatasi Jerawat di Hidung

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mudah mengatasi jerawat di hidung yang pastinya akan cukup mengganggu serta membahas apa saja yang menjadi penyebabnya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana jerawat di hidung seringkali menjadi masalah bagi banyak orang dan bisa sangat mengganggu penampilan. Tidak hanya mengganggu, kadang jerawat dihidung juga menimbulkan rasa sakit ketika tersentuh.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pada hidung, mulai dari jarang membersihkan muka dengan pembersih khusus muka, bertumpuknya minyak dan kotoran dimuka. Bahkan jerawat pada hidung juga bisa dipicu oleh polusi udara, stres, dan perubahan hormon yang bisa berperan untuk mempengaruhi kondisi kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat di hidung.

Namun jangan kuatir, anda bisa dengan mudah mengatasi jerawat di hidung dengan mudah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Jerawat di Hidung Yang Aman

Mengatasi Jerawat di Hidung

Mengonsumsi obat

Tips pertama cara menghilangkan jerawat pada hidung adalah dengan mengonsumsi obat-obatan dimana dalam beberapa kasus, krim topikal saja tidak cukup untuk mengatasi jerawat, terutama jika kondisinya sedang atau parah.

Kadang diperlukan untuk meminum obat-obatan untuk mempercepat proses penyembuhan. Metode ini juga berguna untuk mencegah jerawat muncul lagi di area hidung.

Memberikan salep atau krim

Salah satu metode untuk menghilangkan jerawat di hidung atau bagian lainnya adalah dengan memberikan krim jerawat atau salep. Krim yang digunakan adalah krim yang berisi antiseptik atau retinoid.

Baca juga  9 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Anda juga bisa memakai krim jerawat yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida untuk menghilangkan kotoran di pori-pori dan mengurangi tampilan jerawat. Agar sesuai dengan jenis jerawat yang muncul di hidung anda, lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh obat jerawat topikal yang tepat.

Pemilihan krim untuk jerawat tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, Anda harus mengetahui jenis jerawat dan jenis kulit anda, sehingga dapat memilih krim yang sesuai dengan kondisi kulit.

Terapi kompres dengan air hangat

Selanjutnya, anda bisa coba redakan dengan melakukan terapi kompres dengan air hangat.

Menerapkan kompres pada jerawat yang ada di sekitar hidung diyakini dapat membantu menghilangkannya. Selain itu, cara ini juga dapat meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh jerawat. Anda cukup basahi kain, kapas, atau handuk yang bersih dengan air hangat, kemudian tempelkan pada kulit yang terkena jerawat selama 15-20 menit, sebanyak 3 kali sehari.

Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit

Jerawat batu di hidung dapat menyebabkan rasa sakit. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan paracetamol. Obat-obatan tersebut tersedia di apotek atau dapat diperoleh dengan resep dokter. Pastikan untuk mengikuti dosis yang tertera pada kemasan atau anjuran dari dokter.

Mengaplikasikan minyak esensial

Anda dapat menggunakan minyak esensial untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh jerawat di hidung. Beberapa orang mungkin merasa lebih nyaman setelah mengoleskan atau menghirup aroma minyak esensial.

Meskipun dianggap memiliki manfaat, anda tetap harus memastikan apakah anda memiliki alergi terhadap minyak esensial yang akan digunakan. Disarankan untuk memilih minyak esensial dengan kandungan yang tidak terlalu kuat, seperti tea tree oil, neem oil, cinnamon oil, atau rosemary oil. Sebelum mengoleskan ke bagian kulit yang berjerawat, Anda bisa mencampurkan minyak esensial dengan minyak pelarut (carrier oil), seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Baca juga  5 Cara Mudah Mengobati Sariawan di Lidah yang Aman dan Penyebabnya

Menggunakan perasan air lemon

Lemon dikenal memiliki manfaat untuk dapat meredakan jerawat meradang. Anda bisa mengoleskan sedikit perasan air lemon pada bagian kulit yang berjerawat dan mendiamkannya selama kurang lebih 15 menit.

Setelah dibiarkan beberapa saat, bilas air lemon dengan menggunakan air hingga bersih. Ketika ingin menghilangkan jerawat dengan air lemon, lebih baik menggunakan buah lemon yang masih segar.

Buah lemon memiliki sifat asam yang dapat membantu membersihkan serta mengeringkan jerawat, sehingga akan membuat jerawat lebih cepat sembuh dan mampu menyamarkan jerawat pada wajah. Sebagai catatan tambahan, setelah menggunakan perasan air lemon sebagai obat jerawat, lebih baik hindari pergi ke luar ruangan dan hindari sinar matahari secara langsung, sebab terapi dengan lemon akan membuat kulit menjadi lebih sensitif. Sehingga dikhawatirkan akan membuat kulit teriritasi.

Mengoleskan cuka apel

Selain air lemon, cuka apel juga dapat membantu mengempeskan dan menyembuhkan jerawat. Anda bisa meneteskan cuka apel sebanyak 1-2 tetes dan melarutkannya dengan air bersih. Kemudian oleskan ramuan tersebut ke bagian yang berjerawat, lalu diamkan selama 15 menit dan bilang hingga bersih. Lakukan hal ini beberapa kali, namun apabila penggunaan pertama kali membuat kulit terasa gatal atau panas, lebih baik dihentikan.

Sebagai informasi, cuka apel dapat mengurangi peradangan di area kulit yang berjerawat serta membengkak, selain itu cuka apel juga mampu menyeimbangkan pH kulit.

Mengoleskan es batu

Dan tips terakhir, anda bisa meredakan jerawat yang sedang meradang dengan menggunakan es batu. Cara ini termasuk hemat dan mudah dilakukan untuk membuat jerawat lekas kering.

Caranya adalah dengan memasukan es batu ke dalam kain bersih, kemudian tempelkan es tersebut ke atas area kulit yang berjerawat selama kurang lebih 20 menit. Ulangi terus cara ini selama beberapa waktu. Kompres es batu memiliki fungsi untuk dapat meredakan peradangan serta pembengkakan jerawat dan bahkan dapat menyamarkan jerawat.

Baca juga  7 Penyebab Leher Belakang Terasa Sakit dan Cara Mengatasinya

Demikian informasi mengenai cara mudah mengatasi jerawat di hidung beserta dengan penyebabnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *