5 Panduan Memilih Outfit untuk Mendaki Gunung Yang Nyaman dan Tepat

Date:

Share post:

Bagi anda yang bingung memilih outfit yang tepat untuk mendaki gunung maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan panduan memilih outfit untuk mendaki gunung yang nyaman dan tepat.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana mendaki gunung merupakan pengalaman yang seru dan juga menantang adrenalin. Dengan mendaki gunung, maka anda pun bisa menikmati udara yang sejuk sekaligus pemandangan yang indah. Namun tentunya terdapat tantangan yang harus anda lalui mulai dari medan jalur yang kadang tidak bersahabat, hingga cuaca yang kerap berubah di area pegunungan.

Oleh karena itu penting untuk memilih outfit yang tepat untuk mendaki gunung mulai dari sepatu, jaket, dan pakaian pelengkap lainnya untuk memastikan anda tetap nyaman ketika mendaki gunung.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan memilih outfit untuk mendaki gunung yang nyaman dan tepat untuk anda simak sebagai berikut.

Panduan Memilih Outfit untuk Mendaki Gunung Yang Nyaman

Memilih Outfit untuk Mendaki Gunung

Usahakan mengenakan pakaian tertutup

Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli pakaian yang nantinya digunakan pada saat mendaki adalah dengan memperhatikan tampilannya. Usahakan untuk selalu mengenakan pakaian yang tertutup agar bisa memproteksimu dari risiko paparan udara yang terlalu dingin, ranting-ranting pohon yang tajam, atau pun daun-daun yang bisa menyebabkan gatal.

Sering kali banyak orang yang mengalami rasa tidak nyaman saat mendaki akibat gigitan dari binatang, sehingga bisa diantisipasi dengan menggunakan pakaian tertutup. Dengan begitu, maka anda bisa mendaki dengan lebih nyaman dan aman dari berbagai risiko yang ada selama pendakian berlangsung.

Baca juga  Jam Buka Hard Rock Cafe Bali dan Daya Tariknya

Bahan pakaian harus kuat dan anti rusak

Medan dalam mendaki gunung memang biasanya tidak selalu mudah, sebab tidak sedikit pula yang terjal dan memerlukan usaha lebih. Inilah yang sering kali membuat pakaian untuk mendaki jadi rentan sekali mengalami kerusakan apabila anda tidak berhati-hati dalam proses pendakian nanti.

Anda perlu ingat bahwa pada saat mendaki gunung sebaiknya anda dapat mengenakan pakaian dengan bahan kuat dan anti rusak. Hal ini untuk mencegah kerusakan seperti robek apabila tidak sengaja terkena ranting atau pun terjatuh, sehingga nantinya tidak akan melukai anda.

Memilih pakaian dengan warna cerah dan mencolok

Satu hal yang perlu anda ingat pada saat memilih pakaian untuk mendaki adalah dengan memastikan bahwa pakaian tersebut berwarna cerah dan mencolok. Sering kali banyak orang yang mengabaikan hal ini, sehingga justru memilih pakaian yang cenderung warnanya hitam atau hijau menyerupai dedaunan.

Sebetulnya memilih pakaian dengan warna cerah dan mencolok sangat disarankan karena akan lebih mudah dikenali oleh pendaki-pendaki lainnya. Selain itu, ini juga bertujuan untuk keadaan darurat apabila anda tersesat di dalam gunung, sehingga nantinya akan lebih mudah ditemukan.

Lengkapi dengan jaket waterproof

Pada saat mendaki gunung memang biasanya disarankan untuk mengenakan jaket waterproof. Jaket ini sangat berfungsi untuk mencegah paparan udara yang terlalu dingin atau pun hujan yang mungkin terjadi pada saat anda mendaki gunung, sehingga bisa secara otomatis memproteksi diri dengan baik.

Pemilihan jaket ini tentunya perlu dilakukan dengan cermat, sebab anda harus memastikan bahwa bahannya harus kuat dan anti air. Jangan sampai justru membeli jaket yang mudah menyerap air, sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman apabila hujan turun ketika mendaki gunung.

Baca juga  4 Tips Cara Memilih Tas Traveling yang Tepat

Kenakan sepatu yang tebal dan kuat

Bukan hanya pakaian dan celana saja yang perlu diperhatikan pada saat mendaki gunung, namun anda juga perlu memperhatikan sepatu. Ternyata pemilihan sepatu juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, sebab dapat menunjang keamanan dan juga kenyamanan selama mendaki gunung.

Anda perlu memastikan bahwa sepatu yang anda kenakan memiliki material yang tebal dan kuat, sehingga bisa melewati medan terjal sekali pun. Berbagai ncaman dari gigitan hewan-hewan juga bisa diantisipasi apabila anda mengenakan sepatu yang tebal, sehingga tidak mudah rusak atau menembus kulit.

Mengenakan pakaian dan sepatu yang tepat tentunya menjadi prioritas penting pada saat mendaki gunung. Bukan hanya memperhatikan aspek kenyamanan saja, namun anda juga perlu memperhatikan keamanan pada saat mengenakannya. Jangan sampai mengenakan pakaian sembarangan pada saat mendaki gunung.

Demikian informasi mengenai panduan memilih outfit untuk mendaki gunung yang nyaman dan tepat untuk menjadi rekomendasi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...