Cara Mudah Membersihkan Filter Udara Motor

Date:

Share post:

Cara membersihkan filter udara motor yang benar merupakan hal yang penting untuk anda ketahui dalam perawatan motor kesayangan anda. Dengan begitu, motor anda pun akan lebih awet dan terhindar dari kerusakan yang tidak penting.

Salah satu alasan utama mengapa anda harus rutin membersihkan filter udara motor adalah karena sesuai dengan namanya, komponen motor inilah yang berfungsi menyaring udara yang akan masuk ke mesin dimana udara yang kotor akan memengaruhi kinerja mesin.

Filter udara merupakan komponen yang berada di ruang tertutup di dalam mesin sepeda motor. Tetapi walapun dalam tempat yang di tertutup, komponen ini tidak luput dari kotoran. Oleh karena itu pentingnya membersihkan filter udara motor dengan rutin dan juga dengan cara yang benar.

Terdapat 3 jenis saringan udara yang umumnya cara membersihkannya pun tidak jauh berbeda. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Jenis Saringan Motor

Membersihkan Filter Udara Motor

Saringan udara kertas

Ada saringan udara yang dibuat dari bahan kertas di mana biasanya digunakan pada motor matic. Umumnya motor matic menggunakan dua jenis kertas pada filter udaranya, yaitu yang basah dan kering.

Filter kertas basah memiliki pelumas di bagian kertasnya untuk menyaring kotoran yang masuk agar langsung menempel pada komponen tersebut. Sementara filter udara dengan kertas kering tidak memiliki pelumas yang membuatnya lebih mudah dibersihkan.

Saringan udara stainless

Jenis filter udara yang satu ini mempunyai ciri khas harganya lebih mahal daripada bahan lainnya. Hal ini karena fitur udara stainless dinilai lebih berkualitas untuk menyaring kotoran. Di samping itu, perawatan untuk komponen dari bahan stainless juga lebih mudah.

Baca juga  Begini Tips Traveling Hemat Tanpa Menguras Dompet

Saringan udara busa

Filter yang terbuat dari bahan busa biasa disebut dengan saringan udara konvensional di mana digunakan oleh motor keluaran sebelum 2006. Model filter udara yang satu ini memiliki pori-pori, sehingga bisa menyaring kotoran dengan baik. Batas pemakaian normal saringan udara busa, yakni dalam jarak 12 ribu hingga 15 ribu kilometer.

Apabila filter tersebut sudah tipis dan bolong-bolong, maka perlu menggantinya dengan yang baru agar tetap bisa berfungsi secara optimal.

Cara membersihkan saringan udara

Berikut panduan cara membersihkan filter udara motor yang benar untuk anda simak sebagai berikut.

Air cleaner dry paper

Cara pertama, anda bisa menggunakan air cleaner dry paper yang dilakukan secara berkala setiap jarak 4.000 km dan kelipatannya. Perawatan ini dilakukan dengan menyemprotkan filter udara dari arah flame trap dengan jarak sekitar 3 cm. Anda perlu melakukan penyemprotan ini hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel pada filter tersebut.

Lalu anda bisa lanjutkan dengan penyemprotan udara bertekanan tinggi dari arah depan membentuk sudut 45 derajat dengan jarak 5 cm mengutip keterangan resmi Suzuki.

Air cleaner urethane foam

Anda juga bisa mencoba cara air cleaner urethane foam, yaitu mencuci filter udara dengan air. Anda bisa menambahkan cairan pembersih atau deterjen yang terbuat dari bahan tidak mudah terbakar lalu diperas.

Setelah dicuci, komponen ini harus dikeringkan dengan cara disemprot udara yang bertekanan tinggi. Kemudian perlu melumasi filter udara tersebut dengan cairan oli. Pembersihan ini perlu dilakukan secara berkala setelah menempuh jarak 4.000 km dan kelipatannya.

Demikian informasi mengenai cara membersihkan filter udara motor yang benar untuk menambah referensi anda agar motor kesayangan anda tetap dalam kondisi baik. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  Tips Liburan ke Luar Negeri Murah dan Tidak Membuat Kantong Jebol
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...