5 Rahasia Membeli Oleh-oleh saat Traveling Biar Hemat dan Enteng

0
Membeli Oleh-oleh saat Traveling

Tidak afdol rasanya pergi liburan atau traveling tapi tidak membeli buah tangan atau oleh-oleh untuk orang tersayang dirumah. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rahasia membeli oleh-oleh saat traveling biar hemat dan enteng.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana membeli oleh-oleh saat bepergian adalah salah satu cara untuk merayakan pengalaman perjalanan dan berbagi kebahagiaan dengan orang-orang terdekat. Namun, seringkali proses ini dapat membebani kantong atau budget liburan dan bahkan menyulitkan perjalanan pulang karena koper yang terbatas untuk membawa pulang oleh-oleh.

Oleh karena itu penting untuk mempertimbangkan beberapa hal saat akan membeli oleh-oleh. Walaupun terkesan sederhana, tetapi dengan pertimbangan matang maka anda bisa membelikan oleh-oleh untuk orang tercinta dirumah tanpa memberatkan liburan anda.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka berikut kami bagikan rahasia membeli oleh-oleh saat traveling biar hemat dan enteng yang bisa anda simak dibawah ini.

Rahasia Membeli Oleh-oleh saat Traveling Biar Hemat dan Enteng

Membeli Oleh-oleh saat Traveling

Buat daftar secara rinci tentang siapa saja yang akan diberikan oleh-oleh

Tips pertama adalah dengan membuat daftar yang anda buat perlu dicatat secara rinci dimana hal sepele ini akan memudahkan anda saat berbelanja. Selain itu, mendaftar siapa dan barang apa yang akan diberikan bisa menghindari anda dari overspending.

Baca juga  7 Destinasi Wisata Thailand Terbaik Untuk Dikunjungi

Anda bisa mulai dulu dari orang-orang yang terdekat dan bisa dijangkau. Tulis dan pikirkanlah oleh-oleh yang kira-kira mereka sukai dan akan berguna buat mereka. Hal ini dilakukan agar oleh-oleh yang kamu berikan bisa tepat sasaran. Anda tidak wajib memberikan oleh-oleh untuk semua orang yang anda kenal. Jangan lupa juga untuk membuat skala prioritas.

Beli dari lapak pedagang berskala kecil hingga menengah

Para pedagang kecil dan menengah ini biasanya hanya mengandalkan sektor pariwisata di daerahnya untuk mengais rezeki. Dan untuk saling membantu perputaran ekonomi, anda bisa membeli oleh-oleh di lapak pedagang kecil dan menengah.

Ketika anda membeli oleh-oleh di luar toko, anda boleh menawar harganya. Namun demikian, satu hal yang perlu diingat ialah jangan melakukan penawaran dengan harga yang terlalu rendah. Para pedagang berskala kecil juga butuh modal agar mereka bisa memutarkan barang dagangannya kembali. Anda bisa bantu mereka untuk bertahan hidup dan tidak merugi.

Mengecek tanggal kedaluwarsa untuk oleh-oleh berupa makanan

Hal yang harus anda perhatikan selanjutnya dalam membeli oleh-oleh adalah mengecek tanggal kedaluwarsa. Mengecek tanggal kedaluwarsa ini penting dilakukan untuk memastikan oleh-oleh berupa makanan tersebut masih aman untuk dikonsumsi.

Sebagai rekomendasi, jika perjalanan menuju kota asal anda sangat jauh, pilihlah oleh-oleh berupa makanan kering. Jangan pilih makanan basah yang mudah basi. Jika terpaksa membeli oleh-oleh berupa makanan basah, anda cek terlebih dahulu apakah makanan tersebut bisa awet hingga anda kembali ke kota asal.

Membeli oleh-oleh di toko bisa jadi opsi saat lelah menawar

Untuk anda yang tidak menyukai hal-hal yang ribet dan ingin yang praktis, anda bisa langsung membeli oleh-oleh di toko pusat oleh-oleh. Selain tidak perlu berdesakan dan terpapar terik matahari, anda pun bisa mendapatkan harga tanpa susah-payah untuk menawar. Biasanya di toko pusat oleh-oleh juga dilengkapi dengan fasilitas pendingin ruangan. Jadi, anda bisa berbelanja sambil ngadem.

Baca juga  Apa itu Fenomena Dejavu? Ini dia 3 Penyebabnya

Kemungkinan besar harga di toko lebih mahal daripada anda membeli di pedagang berskala kecil. Akan tetapi, kualitas barang dan bahannya tidak perlu diragukan lagi. Akan selalu ada harga lebih yang harus dibayarkan untuk mendapatkan sebuah kualitas dimana semua dikembalikan lagi dengan budget yang anda miliki.

Hindari overspending, khawatir bagasi dan budget anda tidak mencukupi

Membeli oleh-oleh memang menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi sebagian orang untuk menyalurkan hobi berbelanja. Namun demikian, jangan sampai “kalap” atau terlena dan menjadi overspending. Overspending saat membeli oleh-oleh berdampak buruk bagi diri anda sendiri, mulai dari menguras kanton anda hingga membiat bagasi anda tidak mencukupi dan membuat anda membayar ekstra kelebihan bagasi.

Demikian informasi mengenai rahasia membeli oleh-oleh saat traveling biar hemat dan enteng dimana anda harus berpengang teguh pada beberapa poin diatas yang bisa menyelematkan “liburan” anda dan tidak terkuras karena urusan oleh-oleh saja. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *