Cara Mudah Membasmi Jentik Nyamuk Di Rumah Biar Rumah Aman dari Nyamuk

0

Bagi anda yang menemukan masalah banyaknya jentik nyamuk dirumah dan bisa berakibat tumbuh suburnya nyamuk dirumah anda, maka anda bisa menyimak tips cara mudah membasmi jentik nyamuk di rumah biar rumah aman dari nyamuk.

Sebagaimana yang kita ketahui dimana nyamuk merupakan jenis serangga yang paling umum ditemukan mengganggu kenyaman para penghuni rumah di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan sebab nyamuk memang sangat identik dengan negara tropis karena iklimnya yang cocok bagi jenis serangga tersebut, walaupun nyamuk bisa ditemukan di berbagai negara lainnya.

Keberadaan nyamuk “penghisap darah” ini memang kadang sangat menjengkelkan dan bisa mengganggu kenyamanan istirahat dirumah. Selain itu, nyamuk juga bisa sangat mematikan karena akan membawa penyakit malaria yang bahkan bisa merenggut nyawa apabila tidak di atasi segera dengan cara tepat.

Maka dari itu tidak heran nyamuk adalah jenis serangga yang sangat dihindari para pemilik rumah. Adapun salah satu jalan agar rumah bebas nyamuk adalah tidak menjadikan rumah sebagai “sarang” dari serangga tersebut dengan berusaha membasmi jentik nyamuk yang akan menjadi cikal bakal nyamuk dewasa.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan tips cara mudah membasmi jentik nyamuk di rumah biar rumah aman dari nyamuk yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Membasmi Jentik Nyamuk Di Rumah Biar Rumah Aman dari Nyamuk

Buang genangan air

Hal pertama dan paling penting untuk anda lakukan adalah memperhatikan genangan air dirumah anda dimana genangan air perlu anda bereskan karena ini termasuk tempat favorit nyamuk untuk bertelur. Sebaiknya anda buang genangan-genangan air yang biasanya ada di pot tanaman hingga cekungan tanah di taman belakang rumah, karena sedikit genangan saja tetap bisa dijadikan tempat bertelurnya nyamuk.

Jangan timbun barang bekas

Penting untuk anda ketahui dimana nyamuk cenderung menyukai tempat yang gelap, kotor dan lembap seperti gudang. Buang barang-barang bekas yang sudah tidak anda gunakan. Pasalnya, barang yang sudah tidak terpakai bisa menjadi sarang nyamuk ketika tertumpuk di dalam rumah.

Gunakan pestisida

Jika jentik-jentik nyamuk sudah menetas dan jumlahnya terlampau banyak, kamu bisa memanfaatkan pestisida untuk membasminya. Semprotkan bahan-bahan kimia ini di tempat bersarangnya nyamuk. Gunakan secara hati-hati sebab pestisida bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan anda. Hindari menyemprotkannya di dekat makanan maupun pohon atau tanaman yang sedang berbuah.

Pelihara ikan

Solusi lain yang bisa anda coba yaitu memelihara ikan jenis tertentu. Ikan hias seperti ikan guppy, ikan hias atau ikan cupang misalnya. Mereka menyukai jentik-jentik nyamuk sebagai santapan utama.

Manfaatkan sabun cuci piring

Terakhir, anda juga bisa memanfaatkan sabun cuci piring untuk membasmi populasi telur nyamuk.

Anda bisa membuat larutan sabun cuci piring cair dan air dengan perbandingan 1 : 1. Kocok sampai rata lalu semprotkan langsung ke tempat-tempat yang rawan dihinggapi nyamuk. Larutan tersebut diklaim bisa membunuh jentik-jentik dalam waktu singkat.

Membasmi Nyamuk Di Rumah

Setelah anda mengetahui cara membasmi jentik nyamuk, maka penting juga bagi anda mengetahui cara mengusir dan membasmi nyamuk dewasa dari rumah yang bisa anda terapkan sebagai berikut.

Baca juga  Tips Aman Mengendarai Motor agar Terhindar dari Kecelakaan di Jalan

Usir nyamuk dengan ampas kopi

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dengan ampas kopi. Nyamuk tertarik pada air yang tenang, jadi yang harus anda lakukan adalah menaburkan bubuk kopi di atasnya. Bubuk kopi tidak hanya mengusir nyamuk, tapi juga mengusir hama lainnya.

Usir nyamuk dengan cuka apel

Cuka sari apel adalah salah satu dari beberapa bahan yang bisa anda lakukan di rumah untuk membasmi serangga. Ketika dicampur dengan satu atau dua bahan lainnya, cuka sari apel akan menghasilkan semprotan yang kuat untuk mengusir nyamuk.

Anda cukup masukkan cuka sari apel dan witch hazel dalam jumlah yang sama ke dalam mangkuk kecil dan aduk hingga merata. Kemudian, tambahkan beberapa minyak esensial untuk pengharum, lalu semprotkan ke ruangan.

Usir nyamuk dengan kamper

Kamper telah digunakan sejak lama sebagai pengobatan rumahan untuk membunuh serangga. Kamper bekerja dengan baik untuk mengusir nyamuk karena baunya yang sangat kuat sehingga mudah membuat mereka pusing. Untuk menggunakannya, anda dapat menutup semua pintu dan menyalakan kamper. Setelah sekitar 30 menit, anda mungkin akan melihat tidak ada lagi serangga.

Usir nyamuk dengan cengkeh dan irisan lemon

Lemon dan cengkeh telah digunakan sejak lama untuk mengusir serangga dari rumah. Cengkeh dan buah jeruk berbau tidak sedap bagi nyamuk. Jadi, potonglah lemon menjadi dua dan masukkan cengkeh ke dalam kedua bagiannya.

Usir nyamuk dengan cairan dari bawang putih

Anda bisa membuat campuran dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih dan merebusnya dalam air. Kemudian, bunuh serangga dengan menyemprotkan campuran tersebut di sekitar kamar, halaman, dan lain-lain dengan botol semprot.

Baca juga  Begini Tips Memelihara Ikan Cupang agar Berumur Panjang

Sekian informasi tentang tips mudah membasmi jentik nyamuk dirumah untuk anda terapkan untuk membuat rumah anda aman dari serangga yang satu ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *