Manfaat Tidur Miring Kiri bagi Kesehatan Tubuh, Baik Untuk Jantung

Date:

Share post:

Mungkin anda pernah mendengar bahwa tidur miring memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh. Oleh karena itu kami akan membagikan apa saja manfaat tidur miring yang wajib anda ketahui.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana tidur merupakan kebutuhan setiap manusia yang berfungsi untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah seharian beraktivitas. Selain itu tidur malam adalah jalan agar tubuh bisa kembali optimal dan tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Untuk mendapatkan tidur yang baik dan membuat tubuh kembali segar maka terdapat sejumlah teknik yang bisa dilakukan salah satunya dengan memperhatikan posisi tidur sebab cara tidur yang salah bisa menyebakan gangguan kesehatan seperti sakit kepala hingga nyeri punggung.

Adapun cara benar untuk posisi tidur yang dianggap baik adalah tidur miring ke kiri yang diklaim membawa sejumlah manfaat kesehatan. Apa saja manfaatnya, simak sebagai berikut.

Manfaat Tidur Miring Kiri bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tidur Miring Kiri bagi Kesehatan Tubuh

Mengurangi Rasa Mulas

Tidur sisi sebelah kiri ternyata dapat mendukung saluran pencernaan meski sedang dalam keadaan tidur. Jika anda merasa sulit untuk tidur setelah makan, berbaringlah ke sisi kiri dan rasa mulas tersebut akan mereda. Bahkan, anda dapat melakukannya sendirian saat tidak ada yang membantu meredakan rasa mulas ini.

Beberapa studi kasus menujukkan berbaring di sisi kiri tubuh dapat membantu mengurangi gejala sakit maag. Anda dapat berbaring di sisi kiri tubuh selama 10 menit untuk meredakan sakit. Ini akan sangat membantu bila bila dibarengi dengan pertolongan obat-obatan yang sesuai.

Baca juga  Cara Efektif Menambah Berat Badan Yang Sehat Dengan Olahraga

Meningkatkan Sirkulasi ke jantung

Menurut beberapa peneltian, tidur miring ke kiri sangat efektif meningkatkan sirkulasi ke jantung. Di sisi lain, jantung menjadi lebih rileks walau hal tersebut masih diperdebatkan. Hal ini karena posisi tersebut mampu mengambil beberapa tekanan dari jantung selama delapan jam sekaligus.

Ketika anda berbaring di tempat tidur dengan posisi tidur di sisi kiri, gravitasi akan memfasilitasi sirkulasi aorta yang membantu jantung untuk memompa darah. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung anda karena posisi tidur tersebut.

Meningkatkan Proses Pencernaan

Proses pencernaan masih berlangsung di dalam tubuh ketika tidur. Ketika berbaring di sisi kiri, makanan lebih mudah bergerak dari usus besar anda. Hal ini akan sangat membantu anda untuk buang air besar lebih mudah saat bangun dari tidur.

Selain itu, Jika anda tidur berbaring di sisi kiri, akan membuat pankreas dan perut tergantung secara alami. Posisi ini memungkinkan proses pencernaan dan pengembangan enzim pankreas beroperasi tanpa gangguan. Hasilnya, anda akan lebih nyenyak tidur saat tubuh memecah makanan untuk dieliminasi.

Menghilangkan Sakit Punggung

Menurut beberapa penelitian, penderita sakit punggung kronis akan nyaman jika posisi tidur di sisi kiri. Saat penderita tidur dengan posisi tengkurap, lebih banyak tekanan menumpuk di punggung sehingga posisi di sisi kiri lebih baik.

Bagi penderita sakit punggung, posisi tidur di sisi kiri dapat mengurangi tekanan sumsum tulang belakang dan membuat tubuh terasa lebih nyaman. Hasilnya, anda terbangun dengan perasaan lebih segar tanpa rasa sakit di daerah punggung bawah.

Baik untuk Wanita Hamil

Beberapa studi kasus menunjukkan bahwa banyak manfaat bagi wanita hamil yang tidur di sisi kiri untuk meningkatkan sirkulasi darah. Berbaring di sisi kiri dapat meredakan tekanan punggung di bagian bawah dan memungkinkan darah mengalir dengan mudah ke janin. Wanita hamil yang berbaring di sisi kiri juga dapat mengurangi gejala menyakitkan di siang hari dan membantu menjaga kesehatan janin yang optimal.

Baca juga  12+ Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan Dan Cocok Untuk Diet

Ketika wanita hamil merasakan tanda-tanda ini, disarankan untuk berbaring di sisi kiri sesering mungkin. Hal ini dapat mengurangi tekanan dari uterus dan organ hati pada wanita hamil. Selain itu, secara signifikan posisi itu meningkatkan aliran darah ke jantung, janin, rahim, dan ginjal.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Posisi tidur ke kiri juga dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah sepanjang malam. Sebab, tidur di sisi kiri akan menekan vena cava (pembuluh darah terbesar di tubuh) yang terletak di sisi kanan tubuh sehingga memasok darah lebih banyak ke sisi jantung.

Memperkuat Sistem Limfatik

Memiringkan tubuh ke sisi kiri ternyata dapat membantu kelenjar limfa menyaring cairan dan limbah getah bening secara lebih baik. Posisi tidur di sisi kiri juga lebih efisien meningkatkan sistem limfatik karena bagian kiri tubuh dianggap sebagai sisi limfatik yang dominan.

Tidur dengan cara ini akan membantu seluruh sistem berjalan dengan baik dan membuat anda merasa lebih segar ketika bangun. Hal ini juga sangat baik dalam membantu otak bekerja dengan baik saat beraktivitas setelah anda tertidur semalaman.

Demikian informasi mengenai manfaat tidur miring bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Mulai sekarang perbaiki posisi tidur anda agar mendapatkan manfaat tubuh sehat dan ketika bangun tidur badan tidak terasa sakit semua. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...

Berapa Biaya Liburan ke Jepang? Ini Rincian dan Prosesnya

Bagi anda yang penasaran berapa biaya liburan ke Jepang untuk jalan-jalan ke negeri sakura ini, maka anda tepat...

8+ Aplikasi Video Slow Motion Keren di HP Android

Apakah anda mencari aplikasi edit video yang memungkinkan anda mengedit video dalam bentuk slow motion atau gerak lambat,...

7 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang di Apotik

Apabila anda merasakan sakit gigi karena gigi berlubang, maka salah satu cara cepat mengatasinya adalah dengan meminum obat....