7 Manfaat Menggunakan Lampu LED di Rumah, Hemat Beban Listrik Bulanan

Date:

Share post:

Manfaat menggunakan lampu LED dirumah telah banyak dirasakan banyak orang dimana terbukti bisa meringankan beban listrik bulanan sehingga menjadi lebih hemat dan kantong pun tidak jebol.

Mengapa lampu LED lebih hemat listrik dibandingkan lampu biasa? Sekedar informasi, menurut data dari U.S. Department of Energy, lampu LED dapat menghemat hingga 30-40% energi dibandingkan dengan lampu pijar, dan hingga 20-25% energi dibandingkan dengan lampu CFL. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Perbedaan Lampu LED dengan lampu CFL, dan lampu konvensional salah satunya dari cara pembuatan yang berbeda diman hal tersebut membuat lampu ini menghasilkan perbedaan dalam efisiensi energi, umur, dan biaya.

Lampu LED dibuat dengan menggunakan semikonduktor yang menghasilkan cahaya ketika dialiri arus listrik. Metode ini sangat efisien, menghasilkan lebih banyak cahaya dari energi yang dikonsumsi. Lampu LED juga memiliki umur yang panjang, dapat bertahan hingga 25.000 jam. Namun, lampu LED relatif lebih mahal daripada lampu jenis lain. Tetapi walaupun begitu, hal tersebut sebanding dengan daya tahan serta pemakaian listrik yang lebih hemat.

Lalu apa saja manfaat menggunakan lampu LED dirumah? tanpa basa-basi lagi simak manfaat dan keunggulannya sebagai berikut.

Manfaat Menggunakan Lampu LED di Rumah

Manfaat Menggunakan Lampu LED di Rumah

LED Lebih Hemat Listrik

Secara umum, lampu LED menggunakan listrik lebih sedikit dari lampu lainnya. Banyak studi yang menunjukkan bahwa lampu LED bisa mengefisienkan penggunaan energi hingga sebesar 60%-70% lebih baik dari lampu jenis lainnya. Tidak heran bila banyak kendaraan yang menggunakan lampu LED speedometer untuk menghemat listrik.

Baca juga  5+ Cara Edit Foto Jadi Avatar AI Yang Sedang Viral

Umur LED Lebih Panjang

Lampu LED cenderung lebih tahan lama dibandingkan jenis lampu lainnya. Lampu LED setidaknya bisa bertahan 2-4 kali lebih lama ketimbang lampu jenis lain. Tepatnya, kemampuan bertahan rata-rata lampu LED bisa mencapai 50.000-100.000 jam.

LED Ramah Lingkungan

Lampu LED lebih ramah lingkungan karena penggunaan energi pada lampu LED lebih rendah. Selain itu, lampu LED tidak menggunakan merkuri secara internal sehingga membuat lampu LED tidak berbahaya untuk lingkungan.

LED Punya Desain Lebih Fleksibel

Bentuk LED yang kecil membuatnya fleksibel untuk ditempatkan di mana saja, dari mulai digantung hingga menjadi lampu tempel. Kebutuhan penerangan apapun dapat terpenuhi dengan LED tanpa mengorbankan estetika ruangan, cocok buat anda yang ingin mengoptimalkan desain sebuah ruangan.

LED Tidak Memproduksi Emisi UV

Berbeda dengan lampu lainnya, LED hanya memproduksi cahaya spektrum kacamata dan spektrum infrared, bukan UV. Hal ini tentunya membuat LED dapat menghindarkan penggunanya dari bahaya-bahaya yang dapat disebabkan sinar UV pada kulit. Ini yang membuat lampu LED populer digunakan sebagai lampu belajar.

LED Kompatibel Dengan Teknologi Dim

Lampu LED sangat kompatibel dengan teknologi dimming karena memang pada dasarnya lampu LED berfungsi pada persentase yang bisa ditentukan (0-100%). Jadi, apabila anda ingin memanfaatkan fitur dim seperti untuk lampu tidur, gunakan switch yang memungkinkan untuk dimming lampu.

LED Punya Daya Render (CRI) yang Baik

Color Rendering Index adalah daya lampu dalam menunjukkan warna-warna asli dari sebuah objek ketika dibandingkan dengan sumber cahaya (cahaya alami). Secara umum, nilai CRI pada lampu LED cukup tinggi – lebih tinggi daripada lampu-lampu jenis lainnya.

Demikian informasi mengenai manfaat menggunakan lampu LED dirumah yang populer akan fungsinya yang hemat listrik dan juga ramah lingkungan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  2 Cara Mengunci Aplikasi di HP Android, Dengan atau Tanpa Aplikasi Tambahan
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...