Manfaat Melamun untuk Kesehatan Mental Dan Menjadi Lebih Kreatif

0
Manfaat Melamun untuk Kesehatan Mental Dan Menjadi Lebih Kreatif

Apakah anda mengetahui bahwa melamun ternyata ada manfaatnya? Simak manfaat melamun untuk kesehatan mental dan menjadi lebih kreatif yang bisa anda simak dibawah ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, melamun adalah hal yang memiliki kesan konotasi negatif oleh banyak masyarakat di Indonesia dimana melamun kerap disimbolkan dengan kegiatan cuman berkhayal, kerjanya melamun saja, bermimpi di siang bolong dan sebagainya. Bahkan melamun menjadi sebuah “pamali” sebutan orang tua dulu dimana lebih baik bekerja dan beraksi daripada menghabiskan waktu untuk melamun.

Walaupun kata orang tua dulu tidak sepenuhnya salah dimana melamun yang berlebihan akan membuat produktivitas kerja akan menurun tetapi perlu anda ketahui bahwa melamun juga ternyata memiliki sisi positif untuk kesehatan mental, namun bukan berarti anda bisa melamun seharian tanpa melakukan apa-apa yah. Apa saja sisi positif dari melamun? Simak sebagai berikut.

Manfaat Melamun untuk Kesehatan Mental

Manfaat Melamun untuk Kesehatan Mental Dan Menjadi Lebih Kreatif

Membantu otak lebih rileks

Manfaat pertama dari melamun adalah dimana hal ini dapat membantu otak menjadi lebih rileks. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, otak adalah organ tubuh yang sangat penting dalam berpikir, maka dari itu apabila otak bekerja terlalu keras maka otak pun akan lelah seperti halnya dengan organ tubuh lainnya. Nah, agar otak anda bisa beristirahat, maka salah satu solusinya adalah dengan melamun.

Mengapa demikian? saat melamun, otak anda akan memasuki gelombang aplha yang mampu membuat otak merasa lebih tenang. Akibatnya, otak anda pun akan terasa lebih rileks sehingga anda akan terhindar dari rasa cemas dan stres.

Baca juga  Begini Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat Dan Mudah

Membantu menyelesaikan masalah

Seperti yang kita ketahui bersama, kemampuan memecahkan masalah juga membutuhkan ide. Ketika anda dihadapkan dengan sebuah masalah dan anda tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut, mungkin itu terjadi karena otakmu terlalu lelah atau kekurangan ide. Apabila terjadi hal demikian, maka anda bisa mencoba untuk melamun dimana saat anda melamun, otak anda akan lebih rileks. Hal tersebut dapat membantumu memunculkan ide-ide bagus dan memunculkan sisi kreatif anda. Hasilnya, anda akan lebih mudah dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Meningkatkan kreativitas

Perlu anda ketahui bahwa saat anda melamun, maka bagian-bagian otak yang belum aktif akan diaktifkan dimana kondisi ini dapat membuat anda mampu berpikir lebih kreatif dibandingkan biasanya.

Dalam sebuah studi tahun 2012 juga membuktikan bahwa melamun berpotensi untuk meningkatkan pikiran kreatif. Studi tersebut melibatkan para mahasiswa di salah satu universitas.

Membantu memotivasi diri untuk mencapai sebuah tujuan

Banyak orang yang melamun memikirkan masa depan yang lebih baik dan bermimpi untuk mencapai target yang diinginkan. Dengan begitu, anda sudah memiliki gambaran masa depan dimana anda bisa lebih fokus dalam menjalani pekerjaan agar masa depan anda sesuai dengan keinginan dan dalam gambaran anda tentang masa depan yang ingin anda capai.

Hal ini terbukti efektif dimana cara ini sering diterapkan para atlet olahraga dimana mereka melamun membayangkan akan memenangkan pertandingan. Hal ini juga cukup penting karena dapat membuat mereka lebih fokus dan lebih percaya diri pada saat pertandingan dimulai.

Demikian informasi mengenai manfaat melamun untuk kesehatan mental dan menjadi lebih kreatif. Namun hal ini jangan disalah artikan untuk melamun sepanjang hari sebab melamun secara berlebihan akan membuat anda hidup dalam dunia pikiran anda sendiri tanpa adanya tindakan nyata.

Baca juga  Manfaat Tidur Miring Kiri bagi Kesehatan Tubuh, Baik Untuk Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *