10 Manfaat Daun Sirih Cina Termasuk Mengobati Asam Urat dan Jerawat

Date:

Share post:

Mungkin anda pernah mendengar akan ragam manfaat daun sirih cina untuk pengobatan alami. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan manfaat daun sirih cina yang perlu anda ketahui bahkan daun ini terkenal bisa mengobati asam urat hingga jerawat.

Daun sirih cina adalah rumput liar yang banyak digunakan sebagai obat herbal tradisional. Jenis tanaman ini biasa ditemukan di tanah, celah batu, dan di sekitar hutan. Tetapi ternyata, walaupun biasanya tumbuh liar, tanaman ini sudah sangat populer akan ragam manfaat kesehatannya yang biasa digunakan dalam pengobatan alternatif atau pengobatan herbal.

Tidak tanggung-tanggung, tanaman ini tidak memiliki satu manfaat kesehatan saja tetapi dipercaya bisa mengatasi beragam macam penyakit mulai dari mengobati asam urat, menghilangkan sakit kepala, hingga mengobati jerawat.

Adapun untuk mendapatkan manfaatnya, daun sirih cina umumnya diolah menjadi berbagai jenis makanan sehingga lebih mudah dikonsumsi. Agar anda bisa mengetahui apa saja manfaat dari daun sirih cina ini, berikut beberapa manfaatnya lengkap dengan cara mengolahnya yang bisa anda simak dibawah ini.

Manfaat Daun Sirih Cina

Manfaat Daun Sirih Cina

Mengecilkan Pori-pori

Sekedar informasi daun sirih cina membawa manfaat daun sirih cina untuk wajah yang dapat mengecilkan pori-pori. Setiap orang memiliki pori-pori yang bermanfaat untuk kulit. Pori-pori dapat mengeluarkan kelenjar minyak yang membuat kulit tetap terjaga kelembaban kulitnya.

Namun, ada efek buruk bila anda memiliki pori-pori besar, yakni bisa menjadi tempat sel kulit mati dan kotoran menumpuk. Hal itu membuat kelenjar minyak tersumbat dan menyebabkan jerawat. Kandungan senyawa antiseptik di dalamnya mampu membantu mengecilkan pori-pori. Begini cara mengolahnya.

  • Rebus lima lembar daun sirih Cina.
  • Kemudian anda cuci wajah menggunakan air tersebut.
  • Anda bisa melakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.
Baca juga  Cara Mengatasi Otot Leher Kaku Dengan Mudah dan Aman

Mengobati Jerawat

Manfaat daun sirih cina untuk wajah yang selanjutnya adalah dapat mengatasi jerawat. Sebab, daun tersebut memiliki efek farmakologi sebagai antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan perkembangan bakteri penyebab jerawat. Begini cara mengolahnya.

  • Ambil tiga sampai lima lembar daun sirih Cina.
  • Kemudian, ditumbuk hingga halus.
  • Oleskan ke wajah yang terdapat jerawat.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Bilas sampai bersih.
  • Gunakan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Mengobati Asam Urat

Manfaat daun sirih cina yang selanjutnya adalah tanaman ini dapat mengobati asam urat. Dalam penelitian, daun sirih cina mengandung zat yang dapat digunakan sebagai obat herbal alternatif untuk menurunkan kadar asam urat.

Cara untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan merebusnya. Caranya siapkan kira-kira segenggam tangan orang dewasa dengan direbus air sebanyak dua gelas air. Rebus selama 15-20 menit, setelah dingin anda bisa meminumnya.

Mencerahkan Wajah Kusam

Kulit kusam tak jarang menurunkan kepercayaan diri anda. Karena wajah terlihat gelap, kering, dan kasar.

Daun sirih cina bisa anda manfaatkan untuk mencerahkan wajah kusam. Anda bisa rebus daun sirih, lalu diamkan hingga dingin. Begini cara mengolahnya.

  • Anda bisa merebus daun sirih tersebut kemudian didiamkan hingga dingin.
  • Basuh wajah anda dengan air rebusan itu selama dua kali dalam seminggu agar hasil yang didapatkan maksimal.

Mencegah Munculnya Komedo

Munculnya komedo di wajah sangat mengganggu penampilan. Komedo biasanya muncul di beberapa area wajah mulai dari hidung, pipi, dahi, dan juga dagu.

Komedo biasanya berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna hitam karena sudah teroksidasi oleh debu dan polusi. Selain melakukan perawatan di klinik, anda juga bisa mencegah munculnya komedo di wajah. Begini cara mengolahnya.

  • Rebus daun sirih Cina.
  • Kemudian basuhkan ke wajah setelah air dingin tersebut.
  • Dengan begitu, komedo akan melunak dan mudah dibersihkan.
Baca juga  7 Penyebab Sakit Punggung Bawah (Lowback Pain) dan solusi Cara Mengatasinya

Meredakan Batuk dan Pilek

Manfaat daun sirih cina yang berikutnya yakni dapat meredakan batuk dan pilek. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa merendam sirih dalam minyak. Lalu hangatkan dengan api kecil dan oleskan pada dada.

Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi air rebusan sirih dengan madu untuk mengatasi batuk berdahak.

Menghaluskan Kulit

Daun sirih cina juga dapat membantu menghaluskan kulit. Kandungan di dalamnya dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut. Begini cara mengolahnya.

  • Haluskan lima lembar daun sirih cina kemudian oleskan ke wajah secara merata.
  • Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Perawatan ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Memudarkan Flek Hitam

Munculnya flek hitam di wajah disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari paparan sinar matahari, gen, salah menggunakan produk skincare, dan lainnya. Flek hitam memang tidak menimbulkan rasa sakit, namun sangat mengganggu penampilan.

Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan daun sirih cina. Begini cara mengolahnya.

  • Halus lima lembar daun sirih cina kemudian tambahkan dengan jeruk nipis.
  • Oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

Demikian informasi mengenai manfaat daun sirih cina untuk anda ketahui dimana tidak heran apabila tanaman ini sangat populer dikenal sebagai obat herbal yang alami. Semoga berrguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...