Ketahui Penyebab Telapak Kaki Terasa Panas Membuat Rasa Tidak Nyaman

Date:

Share post:

Apakah telapak kaki anda sering terasa panas dan membuat anda merasa tidak nyaman ketika sedang santai atau istirahat? Ketahui penyebab telapak kaki terasa panas yang akan kami bahas pada artikel kami kali ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama kaki merupakan bagian tubuh yang paling penting dimana kaki dan tangan menjadi merupakan bagian tubuh yang paling aktif digunakan dalam kegiatan sehari-hari sehingga apabila salah satu anggota tubuh tersebut mengalami masalah, pastinya akan menghambat kegiatan sehari-hari bukan? termasuk apabila anda merasakan ada “kelainan” pada telapak kaki yang terasa panas.

Umumnya telapak kaki yang terasa panas disebabkan oleh penggunaan alas kaki yang tidak nyaman. Selain itu, pengaruh suhu dan cuaca di lingkungan sekitar juga bisa menjadi faktor pemicu masalah tersebut.

Akan tetapi, apabila rasa panas di telapak kaki muncul secara tiba-tiba tanpa adanya kedua penyebab diatas, maka anda patut waspada karena kondisi ini sering dikaitkan dengan gejala suatu penyakit atau tubuh kekurangan zat gizi tertentu.

Untuk itu berikut penyebab telapak kaki terasa panas yang kami kutip dari laman clevelandclinic.com yang bisa anda simak sebagai berikut.

Penyebab Telapak Kaki Terasa Panas

Penyebab Telapak Kaki Terasa Panas

Hipotiroid

Penyebab telapak kaki terasa panas pertama adalah karena merupakan gejala Hipotiroid. Berdasarkan studi dari jurnal Advances in Therapy, Hipotiroid merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi hormon tiroid dalam tubuh. Apabila tidak segera ditangani, hipotiroid akan menimbulkan pembengkakan jaringan, menekan saraf, hingga memicu kerusakan pada saraf tepi anda. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala berupa rasa panas dan nyeri pada telapak kaki atau tangan.

Baca juga  Cara Mengatasi Badan Pegal Setelah Olahraga Dengan Cara Mudah dan Efektif

Neuropati perifer

Neuropati perifer atau kerusakan sistem saraf tepi menjadi penyebab umum dari munculnya rasa panas pada telapak kaki. Bahkan gejala khas ini juga dikenal sebagai sindrom kaki terbakar. Selain rasa panas, neuropati perifer juga menimbulkan gejala lain, seperti mati rasa, kaki kesemutan, otot melemah, dan perasaan seperti sedang memakai kaos kaki ketat.

Defisiensi Zat Gizi

Vitamin B, seperti vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12, merupakan jenis vitamin yang berperan penting dalam memelihara fungsi dan kesehatan sistem saraf. Apabila tubuh mengalami kekurangan atau defisiensi vitamin B tersebut, maka risiko terjadinya kerusakan pada beberapa saraf akan meningkat.

Salah satu gejala dari kerusakan saraf ini yaitu sensasi panas pada bagian telapak kaki. Untuk mencegah hal ini terjadi, anda perlu mencukupi asupan makanan yang mengandung vitamin B, seperti kacang-kacangan, sayuran, ikan, daging, dan telur.

Kutu Air

Kutu air atau athlete’s foot merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur tinea pedis. Jamur ini umumnya menginfeksi sela-sela jari kaki, punggung atau telapak kaki. Tanda dan gejala dari athlete’s foot yakni rasa panas seperti terbakar pada area yang terinfeksi, kulit pecah-pecah dan munculnya bintil berisi cairan yang terasa gatal.

Vaskulitis

Vaskulitis adalah peradangan pada dinding pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah menjadi terganggu dan memicu kerusakan pada organ dan jaringan tubuh yang mengalami peradangan tersebut. Jika vaskulitis terjadi pada pembuluh darah kaki, maka telapak kaki akan terasa panas, bengkak, kesemutan, dan mati rasa.

Konsumsi alkohol berlebihan

Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan saraf dan berbagai organ tubuh, termasuk otak dan hati. Ketika kondisi ini terjadi, fungsi saraf-saraf tubuh akan terganggu dan menimbulkan berbagai gejala, mulai dari tremor, kesemutan, sulit konsentrasi, mudah lupa, perubahan mood, susah berjalan, hingga sensasi perih atau panas di bagian tubuh tertentu, seperti telapak kaki dan jari-jari tangan. Berhenti mengonsumsi alkohol menjadi cara terbaik untuk mencegah timbulnya masalah ini.

Baca juga  5 Cara Mengobati Kaki Pecah-Pecah, Ampuh daengan Cara Alami

Efek Samping Penggunaan Obat-obatan

Perlu anda ketahui bahwa telapak kaki yang panas bukan hanya karena penyakit, tetapi rasa panas pada telapak kaki juga bisa timbul akibat efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat-obatan tersebut, yaitu metformin, isoniazid, amiodarone, dan levodopa.

Demikian informasi mengenai penyebab telapak kaki terasa panas yang bisa menjadi referensi anda dan patut anda ketahui apabila anda mengalami gejala dan masalh tersebut. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...