Ketahui Bahaya AC untuk Kesehatan Bayi Untuk Diwaspadai dan Dikontrol

0
Bahaya AC untuk Kesehatan Bayi

Penggunaan AC di kota-kota besar memang sudah umum digunakan untuk membuat suhu ruangan menjadi dingin. Namun anda perlu ketahui bahaya AC untuk kesehatan bayi bagi anda yang memiliki si kecil dirumah anda.

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis dimana udara di Indonesia memang cenderung panas, terlebih selama musim kemarau. Maka dari itu tidak heran apabila banyak orang memilih menggunakan AC atau air conditioner untuk membuat hawa sejuk didalam ruangan secara instan. Bahkan ketergantungan penggunaan AC membuat banyak orang yang selalu menyalakan AC agar udara menjadi sejuk terus.

Hal tersebut termasuk bagi para orang tua yang memiliki bayi. Dengan maksud dan tujuan baik agar bayi tetap tenang, merasa sejuk, dan tidur dengan nyenyak, maka AC pun selalu dinyalakan. Namun perlu anda ketahui bahwa ruangan ber-AC akan memberikan beberapa dampak buruk bagi kesehatan bayi anda sehingga anda harus tetap mengontrol penggunaannya dan tidak terlalu menggantungkan kenyaman bayi pada ruangan ber-AC.

Apa saja dampak buruk AC pada kesehatan bayi? simak sebagai berikut.

Bahaya AC untuk Kesehatan Bayi

Bahaya AC untuk Kesehatan Bayi

Menyebabkan infeksi

Masalah kesehatan pada bayi akibat ruangan ber-AC yang pertama adalah menyebabkan infeksi pada tubuh. Kondisi tersebut dapat terjadi karena pada saat suhu ruangan terlalu dingin, saluran pernapasan dan membran mukosa dapat menjadi kering dan mengakibatkan infeksi.

Perlu anda ketahui, membran mukosa berperan penting sebagai perlindungan tubuh untuk mencegah penyakit dari berbagai macam jenis infeksi.

Menyebabkan kulit kering

Walaupun AC membuat ruangan terasa sejuk, namun perlu anda ketahui bahwa sebenarnya AC bekerja dengan cara menyerap kelembapan udara di dalam ruangan. Akibatnya, udara dalam ruangan tersebut semakin berkurang dan terasa lebih kering.

Baca juga  5+ Rekomendasi Obat Sakit Dada yang Efektif Redakan Nyeri

Kondisi seperti ini akan mempengaruhi kelembapan kulit, terlebih pada bayi Anda yang kulitnya masih begitu sensitif.

Hipotermia

Anda perlu berhati-hai jika menyalakan AC di ruangan bayi Anda. Jangan menurunkan suhunya terlalu dingin dan jangan pula terlalu lama. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari hipotermia pada bayi anda.

Perlu diketahui bahwa hipotermia merupakanan istilah medis ketika suhu tubuh menurun secara drastis mencapai suhu di bawah 35 derajat Celcius. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah pada bayi secara drastis. Anda perlu waspada karena kondisi tersebut dapat mengancam nyawa.

Menyebabkan iritasi kulit dan dehidrasi

Dan bahaya penggunaan AC terlalu pada bayi adalah dimana banyak orang yang tidak mengetahui bahwa penggunaan AC dapat menyebabkan iritasi kulit. Kondisi tersebut diakibatkan karena kulit seseorang menjadi mudah kering karena suhu udara yang begitu dingin. Terlebih pada kulit bayi, lapisan kulit mereka belum sesempurna kulit orang dewasa, sehingga cukup rentan mengalami iritasi.

Selain menyebabkan iritasi kulit, kelembapan udara yang terus menurun juga dapat memicu terjadinya dehidrasi.

Demikian informasi mengenai bahaya AC untuk kesehatan bayi yang harus anda waspadai. Walaupun bukan larangan untuk menggunakan AC tetapi setidaknya anda bisa mengontrol penggunaannya untuk kesehatan si buah hati anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *