6+ Investasi Modal Kecil dari Rp100 ribu Saja Cocok Untuk Pemula

Date:

Share post:

Bagi anda yang ingin memulai investasi tetapi memiliki modal terbatas, maka jangan berkecil hati terlebih dahulu sebab saat ini anda bisa menemukan ragam plihan investasi modal kecil dari Rp100 ribuan saja yang cocok bagi anda para pemula.

Mungkin anda pernah mendengar istilah dengan kalimat “Semakin besar modal, semakin besar pula keuntungan yang diperoleh” dan hal tersebut benar adanya apabila anda memilih investasi yang tepat dan hasilnya sesuai dengan rencana anda sebab investasi pun memiliki risiko.

Namun dengan istilah diatas bukan berarti anda yang bermodal kecil tidak bisa berinvestasi sebab investasi modal kecil juga bisa untung besar yang dapat digunakan oleh para pemula.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, investasi merupakan langkah cerdas untuk mencapai kesejahteraan finansial dimasa depan dan meraih apa yang menjadi keinginan anda. Seperti halnya dengan menabung, tetapi dengan investasi anda berpeluang mendapatkan hasil dari apa yang anda tabung selama masa investasi anda beserta dengan keuntungan dari hasil investasi.

Walaupun investasi memiliki risiko tetapi risiko dalam investasi bisa anda sesuaikan dengan memilih investasi yang tepat. Hal ini jauh lebih baik dari menabung yang mana uang anda akan kehilangan nilai karena pengaruh inflasi yang terus terjadi tiap tahunnya.

Bagi anda yang ingin berinvestasi dengan modal kecil baik itu karena modal terbatas atau sekedar mencoba-coba terlebih dahulu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi investasi modal mulai dari Rp100 ribu saja yang cocok bagi anda para pemula yang bisa anda simak sebagai berikut.

Investasi Modal Kecil dari Rp100 ribu

Investasi Modal Kecil

Reksa Dana

Rekomendasi investasi modal mulai dari Rp100 ribu saja pertama adalah investasi bernama Reksa Dana yang merupakan salah satu instrumen investasi modal kecil yang dapat anda gunakan bahkan hanya dengan modal Rp50 – Rp100 ribu saja. Nantinya, dana milik anda akan dikelola oleh manajer investasi sehingga anda tidak perlu pusing memantau tiap saat.

Bagi yang ingin mencobanya, terdapat banyak aplikasi investasi modal kecil yang menjadi sekuritas untuk mendukung aktivitas anda. Dengan demikian, anda dapat berinvestasi dan menuai hasil hanya dengan duduk santai di rumah.

Emas

Rekomendasi selanjutnya adalah investasi emas yang sudah sangat populer. Apabila anda ingin berinvestasi modal kecil tanpa harus melakukan banyak analisa, emas adalah pilihan yang tepat. Bukan tanpa alasan, investasi emas sangat aman karena tidak terpengaruh inflasi. Bahkan, harga emas tiap tahunnya cenderung naik.

Namun, harga emas cukup mahal, yakni Rp500 – 600 ribu per gramnya. Untuk menyiasati hal ini, anda dapat menggunakan program Tabungan Emas dari pegadaian. Melalui layanan ini, anda dapat mencicil investasi mulai dari 0.01 gram emas batangan atau sekitar Rp6 ribu saja.

Saham

Selama ini, saham identik dengan instrumen investasi bermodal jutaan hingga milyaran rupiah. Namun, ternyata anda juga bisa menjadikan saham sebagai investasi modal kecil profit harian. Caranya adalah dengan berinvestasi saham BUMN atau blue chip.Keduanya menjadi pilihan ideal karena lebih likuid dan stabil sehingga risikonya puh lebih kecil. Bahkan beberapa sekuritas menawarkan harga yang terjangkau sehingga anda dapat berinvestasi saham hanya dengan Rp500 ribu.

Peer to Peer Lending (P2P Lending)

Peer to Peer Lending merupakan layanan pembiayaan yang difasilitasi OJK dengan cara mempertemukan pihak yang membutuhkan suntikan dana dengan pemilik modal. Platform pengelola P2P Lending akan menyampaikan analisis risiko masing-masing calon peminjam. Lalu pemilik modal akan memutuskan apakah ingin meminjamkan uangnya atau tidak. Pinjaman inilah yang nantinya akan menjadi investasi.

Baca juga  Begini Cara Bayar Tagihan dan Beli Token Listrik PLN dengan BCA Digital

Dengan demikian, besar kecilnya modal juga dapat anda atur. Namun, investasi P2P Lending akan beresiko ketika terjadi gagal bayar oleh debitur. Hal ini karena penyedia platform biasanya tidak akan bertanggung jawab atas uang yang hilang.

Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah deposito yang telah ditentukan batas waktu pengambilannya. Meskipun jumlahnya kecil, semakin panjang jangka waktu semakin besar pula keuntungannya. Adapun tarif minimum deposito berjangka berbeda-beda tergantung kebijakan bank. Umumnya, bank mematok harga antara Rp1 juta – Rp10 juta.

Equity Crowdfunding

Bisnis investasi modal kecil yang satu ini menggunakan skema patungan untuk pendanaan suatu usaha. Nantinya, investor akan memiliki kepemilikan saham dalam bisnis tersebut. Equity crowdfunding difasilitasi oleh platform penyedia layanan, dengan catatan tiap bisnis hanya boleh dibiayai oleh maksimal 300 investor.

Meskipun terlihat sederhana dan mudah, namun resiko investasi ini akan timbul ketika bisnis yang didanai ternyata gagal atau mengalami kerugian.

Barang Koleksi

Mengoleksi benda-benda unik seperti komik lawas, leggo, dan koin kuno ternyata bisa menjadi sarana investasi modal kecil yang menguntungkan. Contohnya, koin nominal Rp100 keluaran tahun 1978 dapat terjual hingga Rp100 juta per keping.

Anda bisa memulai investasi dengan mengoleksi koin-koin pecahan keluaran awal tahun 2000, karena diperkirakan 20 tahun kedepan harga per kepingnya akan melonjak.

Sekian informasi mengenai ragam plihan investasi modal kecil dari Rp100 ribuan saja yang cocok bagi anda para pemula. Anda cukup memilih salah satu investasi diatas yang paling sesuai dengan profile investasi anda. Jangan lupa untuk mempelajari lebih lanjut dan detail investasi yang telah anda pilih untuk keamanan dan cara kerja investasi agar bisa cuan maksimal.

Baca juga  Cara Cerdas Menabung untuk Beli Rumah Walaupun Gaji Terbatas
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...

Tips Membeli Sepatu Gunung Yang Nyaman dan Enak Dipakai Sesuai Medan

Apakah anda berencana membeli sepatu gunung untuk digunakan menghabiskan waktu dengan liburan hiking atau mendaki ke wisata gunung...

Cara Mengatasi Mata Belekan dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi mata belekan dan penyebabnya. Sebagai informasi, mata belekan merupakan kondisi...

Solusi Beli Rumah Murah Dengan Beli yang Lagi Disita

Apakah anda ingin mencari cara membeli rumah dengan harga yang lebih murah dengan lokasi seperti yang anda inginkan?...