Cara Mengatasi Google Maps Tidak Akurat Dengan Mudah

Date:

Share post:

Apakah google maps anda kerap error dan tidak menujukkan lokasi yang benar? maka simak begini cara mengatasi google maps tidak akurat dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana google maps adalah salah satu platform besutan google yang membuat mencari alamat menjadi sangat mudah dimana anda cukup menentukan titik atau mengetik alamat yang ingin anda tuju dan googlep maps akan mengarahkan anda secara otomatis. Bahkan teman atau kerabat bisa memberikan share lokasi via google maps sehingga anda bisa menemukan lokasi mereka dengan sangat mudah dan cepat.

Coba bandingkan dengan jaman dulu dimana untuk menuju ke alamat yang “asing” dan belum pernah anda kunjungi, maka anda harus banyak bertanya kepada orang-orang sekitar dan juga menguasai nama jalan dengan baik. Bahkan saat ini teknologi google maps telah dipergunakan di berbagai macam platform kurir, dan ojek online untuk menentukan alamat pelanggan dengan cepat tanpa harus mutar-mutar mencari alamat.

Namun ada kalanya google maps mendapatkan keluhan dari banyak pengguna yang menemukan lokasi yang ditunjukkan di google maps tidak tepat dan akurat. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sekedar informasi, Google Maps menggunakan sensor magnetometer untuk mengukur lokasi pengguna dengan tepat dimana sensor ini terdapat pada setiap perangkat HP. Anda dapat melakukan kalibrasi ulang sensor magnetometer secara berkala untuk memperbaiki akurasi aplikasi Maps.

Selain itu, ada beberapa cara lain untuk mengatasi ketidakakuratan Google Maps, yaitu melalui pengaturan GPS dan baterai HP. Dengan mengatur mode akurasi GPS menjadi “High accuracy”, Google Maps dapat menentukan lokasi pengguna secara lebih akurat.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara mengatasi google maps tidak akurat dengan mudah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Google Maps Tidak Akurat

Google Maps Tidak Akurat

Kalibrasi sensor

Seperti yang kami sebutkan diatas, cara paling efektif untuk memperbaiki akurasi Google Maps adalah dengan melakukan kalibrasi sensor. Kalibrasi sensor akan membantu Google Maps untuk menentukan lokasi anda dengan lebih akurat.

Untuk melakukan kalibrasi sensor di Android, anda bisa membuka aplikasi Google Maps, lalu klik ikon lingkaran biru atau lokasi sekarang. Klik “Kalibrasi” dan gerakkan Hp anda hingga membentuk pola mirip angka delapan. Untuk melakukan kalibrasi sensor di iPhone, buka aplikasi Google Maps, lalu ketuk ikon lingkaran biru atau lokasi sekarang. Klik “Pengaturan” dan geser toggle “Meningkatkan Akurasi Lokasi” ke posisi aktif.

Aktifkan mode akurasi tinggi

Mode akurasi tinggi akan menggunakan berbagai sensor di perangkat Anda untuk menentukan lokasi anda dengan lebih akurat. Untuk mengaktifkan mode akurasi tinggi di Android, buka aplikasi Pengaturan, lalu klik “Lokasi”. Ketuk “Google Location Accuracy” dan geser toggle “Meningkatkan Akurasi Lokasi” ke posisi aktif.

Untuk mengaktifkan mode akurasi tinggi di iPhone, buka aplikasi Pengaturan, lalu ketuk “Privasi”. Ketuk “Layanan Lokasi” dan pilih aplikasi Google Maps. Geser toggle “Lokasi yang Akurat” ke posisi aktif.

Nonaktifkan mode hemat baterai

Mode hemat baterai dapat mengurangi akurasi GPS, sehingga lokasi Anda di Google Maps bisa tidak akurat. Untuk menonaktifkan mode hemat baterai, anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Bagi anda pengguna Android, anda bisa membuka aplikasi Pengaturan, lalu ketuk Baterai. Nonaktifkan toggle Mode Hemat Baterai. Sedangkan bagi anda pengguna iPhone atau iOS, anda bisa membuka aplikasi Pengaturan, lalu anda bisa klik Baterai. Geser toggle Mode Daya Rendah ke posisi Nonaktif.

Baca juga  5 Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark Terbaru 2023

Hapus cache aplikasi Google Maps

Cache aplikasi Google Maps yang menumpuk bisa menjadi aplikasi menjadi tidak akurat. Untuk menghapus cache aplikasi Google Maps, Anda dapat mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Bagi anda para pengguna Android, anda bisa membuka aplikasi Pengaturan, lalu ketuk Aplikasi. Pilih aplikasi Google Maps. Ketuk Penyimpanan, lalu ketuk Hapus cache. Sedangkan bagi anda pengguna iPhone atau iOS, anda bisa membuka aplikasi Pengaturan, lalu ketuk Umum. Klik Storing. Pilih aplikasi Google Maps. Ketuk Hapus data, lalu ketuk Hapus cache.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi google maps tidak akurat dengan mudah. Semoga berguna dan bermanfaat serta menjadi solusi mengatasi permasalahan yang anda alami.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...