6 Gerakan Efektif untuk Atasi Sakit Leher Yang Mudah Dilakukan

0
Gerakan Efektif untuk Atasi Sakit Leher

Bagi anda yang sering mengalami masalah leher yang sakit dan mengganggu aktivitas harian, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan gerakan efektif untuk mengatasi sakit leher yang mudah dilakukan dirumah.

Bukan rahasia lagi apabila dikatakan sakit leher merupakan keluhan umum yang sering dialami oleh banyak orang dan bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari akibat postur yang buruk, ketegangan otot, atau waktu yang lama di depan komputer dan perangkat elektronik.

Walaupun terkesan sepele, tetapi sakit leher bisa membuat aktivitas harian menjadi tidak nyaman bahkan bisa membuat kondisi yang terus menahan perih akibat rasa sakit di leher dan membuat anda tidak bisa fokus menjalani rutinitas harian anda.

Memang sakit pada leher bisa sembuh dengan sendiri yang biasanya membutuhkan waktu berhari-hari atau lebih cepat. Namun untuk mengatasi hal ini tidak sering terjadi dan upaya untuk menyembuhkan lebih cepat, berikut kami bagikan gerakan efektif untuk atasi sakit leher yang mudah dilakukan untuk anda simak dibawah ini.

Gerakan Efektif untuk Atasi Sakit Leher

Gerakan Efektif untuk Atasi Sakit Leher

Mengangkat Kepala

Hal pertama dan efektif untuk mengatasi keluhan sakit leher adalah dengan memperkuat otot-otot di leher untuk menghilangkan rasa sakit di daerah ini. Gerakan mengangkat kepala adalah teknik yang baik untuk menargetkan otot yang lebih kecil, yang disebut fleksor serviks yang dalam.

Struktur-struktur ini terletak di depan dan di sisi tulang belakang, mendukung dan menstabilkan tulang belakang. Simak langkah-langkah yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

  • Berbaring telentang dan arahkan pandagan ke langit-langit.
  • Mulailah dengan menganggukkan kepala sedikit seolah-olah anda membentuk double chin.
  • Angkat kepala sedikit dari permukaan. Angkat setidaknya satu atau dua inci dari lantai dan pastikan bahu tidak terangkat.
  • Anda bisa mencoba posisi ini selama 5 hingga 10 detik, lalu rileks.
  • Lakukan 10 kali selama tiga set.
Baca juga  Penyebab Kaki Kram, Bisa Karena Faktor Kelelahan atau Gejala Penyakit

Prone Extension

Latihan Prone Extension adalah cara yang bagus untuk memperkuat otot-otot tulang belikat yang membantu memperbaiki postur tubuh dan menghilangkan ketegangan pada otot leher. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Berbaring tertelungkup dengan tangan disamping tubuh. Posisikan telapak tangan menghadap ke bawah.
  • Angkat bahu ke belakang dengan perut tetap menempel di lantai.
  • Pertahankan posisi set ini dan perlahan-lahan angkat kedua lengan ke atas dan ke bawah lagi. Bahu tidak boleh bergerak ke atas saat melakukan ini.

Peregangan Leher Menyamping

Selain latihan penguatan leher, teknik yang meregangkan otot serviks juga dapat membantu mengurangi gejala sakit leher. Dengan peregangan menyamping, akan berguna untuk mengurangi rasa sakit dan sakit di dekat tulang belakang leher. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Duduk di kursi dan pegang bagian bawah kursi dengan tangan kanan. Memegang area ini dimaksudkan untuk menjaga bahu kanan agar tidak terangkat.
  • Condongkan telinga kiri ke arah bahu kiri sampai Anda merasakan regangan di antara kepala dan bahu di sisi kanan.
  • Saat merasakan tarikan rendah hingga sedang di area ini, pertahankan posisi selama 15 hingga 30 detik sebelum rileks.

Retraksi Serviks

Dan terakhir, anda juga bisa mencoba latihan retraksi serviks yang dapat membantu meredakan nyeri leher. Gerakan ini adalah teknik lain untuk menargetkan otot fleksor serviks dalam yang dapat dilakukan dengan mudah setiap kali duduk. Anda bisa melakukannya saat berada di meja atau di mobil. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Duduk dengan punggung menghadap penyangga seperti Kursi.
  • Arahkan pandangan lurus ke depan. Letakkan dua jari di dagu dan tekan dengan lembut saat menekuk leher=. Lakukan sekali lagi sampai membentuk double chin.
  • Tahan posisi retraksi selama satu hingga dua detik sebelum melepaskan. Pastikan tidak melihat ke atas atau mengangkat bahu ke arah telinga saat melakukan ini.
Baca juga  9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Demikian informasi mengenai gerakan efektif untuk atasi sakit leher yang mudah dilakukan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *