Fungsi dan Manfaat Air Purifier bagi Kesehatan

Date:

Share post:

Apakah anda penasaran fungsi dan manfaat air purifier bagi kesehatan? maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak pembahasan lengkapnya mengenai perangkat rumah tangga yang sedang trend belakangan ini.

Mendengar nama air purifier pastinya sudah tidak asing ditelinga anda bukan? dimana perangkat rumah tangga ini sedang trending belakangan ini dan dikenal sebagai langkah cerdas dalam membuat udara didalam rumah menjadi lebih sehat di tengah polusi udara yang semakin kotor saat ini dan bisa masuk hingga ke sirkulasi udara didalam rumah.

Seperti dengan namanya, Air purifier adalah alat yang dibekali dengan teknologi untuk membersihkan udara di dalam sebuah ruangan. Walaupun sekilas fungsinya hampir sama dengan AC atau air conditioner, tetapi air purifier tidak mengeluarkan udara dingin seperti halnya dengan AC akan memberikan udara segar yang bebas dari kotoran berka sistem penyaring udara yang dimiliki air purifier.

Untuk memahami kegunaan dari air purifier lebih lanjut, maka anda bisa menyimak fungsi dan manfaat air purifier bagi kesehatan sebagai berikut.

Manfaat Air Purifier

Manfaat Air Purifier

Menghilangkan Bakteri dan Bau Tidak Sedap

Pertama, fungsi Air purifier adalah menghilangkan bakteri dan bau tidak sedap. Sebelum dipasarkan, air purifier harus lolos dalam serangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui keefektifan alat dalam menghilangkan bau. Selain itu, air purifier juga terbukti mampu membersihkan bakteri hingga virus di dalam rumah.

Menjaga Kualitas Tidur

Air purifier memiliki peran penting dalam menjaga kualitas tidur dengan membersihkan udara dari alergen, debu dan partikel-partikel halus lainnya yang dapat mengganggu pernapasan dan kesehatan.

Baca juga  Rahasia Sukses Menghasilkan Uang dari Tiktok Dengan Menjadi Affiliate Marketing

Dengan menghilangkan polutan udara seperti serbuk, bulu hewan peliharaan, dan debu, air purifier membantu menciptakan lingkungan tidur yang lebih bersih dan sehat, mengurangi potensi reaksi alergi atau iritasi yang dapat mengganggu tidur nyenyak, serta meningkatkan kualitas udara di dalam kamar tidur untuk mendukung istirahat yang lebih baik dan terjaga.

Mengurangi Jamur

Manfaat air purifier berikutnya adalah untuk mengurangi jamur yang dapat menjadi sumber penyakit. Kemampuan dalam mengurangi jamur telah dibuktikan dengan adanya tes yang dilakukan oleh Japan Food Research Laboratories.

Tes yang dilakukan dengan metode menyemburkan ion PCI di ruangan berukuran 2.6 m3 , jamur tumbuh pada PVC plate – konsentrasi ion PCI 50.000 ions/cm3 dan hasil dari tes membuktikan jumlah dan pertumbuhan jamur dapat dikurangi berkat air purifier.

Mengatasi Asap Rokok

Asap rokok, baik bagi perokok aktif maupun pasif, dampaknya sangat buruk dan merugikan. Asap rokok dapat menyebabkan asma, radang paru-paru, bronkitis dan penyakit jantung. Pembersih udara dengan filter HEPA ini juga dapat menjebak polutan hingga 3 mikron.

Menghindari Alergi

Beberapa air purifier memiliki pemurnian 3-tahap yang terdiri dari pra-filter (biasanya karbon aktif), filter high-efficiency particulate air (HEPA), dan Ionizer yang melepaskan ion bermuatan negatif ke atmosfer yang kemudian secara positif mengisi partikel udara untuk membuatnya sangat berat, sehingga jatuh ke tanah.

Kinerja tersebut terbukti efektif mengurangi polusi di udara ruangan. Tentunya, mengurangi jumlah imunoglobulin E (IgE), antibodi yang diproduksi tubuh untuk melawan infeksi dan yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

Mengurangi Asma

Asma adalah salah satu penyakit kronis yang paling umum pada anak muda Amerika dan menyebabkan lebih dari 10 juta anak sekolah hilang setiap tahun. Pemicu asma adalah spora jamur dan tungau debu yang biasanya ada di rumah. Filter HEPA pada sir purifier efektif menghilangkan bulu hewan peliharaan, tungau debu, dan asap tembakau dari udara dan dapat mengurangi kemungkinan peradangan.

Baca juga  5+ Tempat Wisata di Pangkep Yang Instagramable dan Hits Terbaru 2023

Mengurangi Penyebaran Penyakit

Air purifier atau pembersih udara diklaim efektif memperbaiki kualitas hidup manusia, terutama bagi yang sudah lanjut usia. Umumnya, lansia mengalami penyakit pernapasan seperti penyakit paru-paru dan emfisema. Bahkan, dalam beberapa kasus, lansia memiliki sistem kekebalan tubuh yang rapuh yang rentan terhadap serangan alergen dan polutan.

Filtrasi 3-tahap pembersih udara berkualitas, termasuk karbon aktif dan ionizer, menghilangkan 99,7 persen dari semua bakteri berbahaya harus yang membahayakan tubuh

Demikian informasi mengenai fungsi dan manfaat air purifier bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Kini anda telah paham mengapa alat ini begitu trending belakangan ini ditengah polusi udara di luar rumah yang terus semakin memburuk dan bisa mengganggu kesehatan bagi siapapun yang menghirupnya secara terus menerus setiap harinya.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

8+ Spot Wisata Pantai Dekat Bandung Untuk Liburan Asik

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi spot wisata pantai dekat Bandung untuk liburan asik dan menyenangkan. Walaupun...

5 Penyebab Kenapa Bau Mulut Walaupun Sudah Sikat Gigi

Anda merasakan mulut anda berbau tidak sedap walaupun sudah rutin menyikat gigi? Agar anda tidak bingung, kali ini...

Tips Menciptakan Kesan Luas untuk Rumah yang Kecil

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips untuk menciptakan kesan luas bagi anda pemilik rumah dengan luas...

Begini Cara Mengatasi Kaki Keseleo Yang Aman Dilakukan Sendiri

Bagi anda yang mengalami kaki keseleo atau hal ini terjadi pada orang terdekat anda, maka kali ini kami...