10 Destinasi Wisata Pantai di Kalimantan Yang Paling Hits dan Viral

0
Destinasi Wisata Pantai di Kalimantan

Indonesia memang dipenuhi beragam wisata pantai yang sangat indah dan tersebar hampir merata di berbagai provinsi di Indonesia. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi wisata pantai di Kalimantan yang paling hits dan viral untuk anda simak dibawah ini.

Kalimantan adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia yang terbagi menjadi beberapa provinsi. Selain itu pulau ini juga berbatasan dengan negara Malaysia secara darat dan laut. Pulau ini memang sudah sangat terkenal bahkan hingga didunia karena kekayaan alam, keunikan budaya, beragam destinasi wisata menarik dan indah.

Seperti halnya dengan pulau-pulau lain di Indonesia, Kalimantan yang juga akrab disebut Borneo ini juga memiliki sederet destinasi pantai yang menarik dan indah dimana destinasi ini sayang untuk anda lewatkan bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan atau warga di pulau ini.

Dan berikut kami bagikan destinasi wisata pantai di Kalimantan yang paling hits dan viral untuk bisa menjadi pilihan tempat bersantai dan healing bersama orang-orang terkasih.

Destinasi Wisata Pantai di Kalimantan Yang Paling Hits dan Viral

Destinasi Wisata Pantai di Kalimantan

Pantai Temajuk

Rekomendasi pertama adalah wisata Pantai Temajuk yang berada di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Letaknya berbatasan dengan Malaysia. Meski berada di perbatasan, pantai ini sudah ditata dengan apik dan memiliki fasilitas lengkap.

Dilansir dari laman Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), pantai ini tak hanya didatangi warga Indonesia, tetapi juga Malaysia, dan negara lain. Terdapat banyak homestay di dekat pantai, sehingga anda bisa bermalam di sana.

Baca juga  5 Tips Memilih Hotel Untuk Keluarga di Bali Untuk Liburan Seru Bersama

Kelebihan lainnya adalah ubur-ubur yang dijadikan sebagai komoditas unggulan. Di sana, anda bisa melihat para petani memanen ubur-ubur. Ubur-ubur ini biasa diekspor ke Korea Selatan untuk bahan baku kosmetik.

Pulau Samber Gelap

Selanjutnya adalah Pulau Samber Gelap berada di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Pulau kecil ini dapat dikunjungi dengan menyeberang menggunakan speedboat selama sekitar 2 jam dari Kotabaru, misalnya dari Pantai Gedambaan.

Pulau ini hanya berukuran kecil, namun memiliki keindahan yang luar biasa. Bibir pantainya penuh dengan terumbu karang hitam. Ada juga pantai berpasir putih yang berada di pulau itu. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk wisata memancing. Anda juga bisa datang ke observasi penyu di pulau itu.

Pantai Ambalat

Pantai Ambalat memiliki pemandangan pantai pasir putih kecokelatan yang dipadu dengan birunya laut. Deretan pohon pinus melengkapi keindahan pantai di timur Kalimantan ini.

Selain menikmati suasana pantai, anda bisa melakukan aktivitas lain di pantai ini, seperti bermain ATV hingga berkemah atau camping. Pantai Ambalat berada di daerah Amborawang Laut, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Pulau Derawan

Pastinya mendengar nama Derawan sudah tidak asing lagi ditelinga anda bukan? dimana pulau ini dikenal dengan keanekaragaman hayati bawah lautnya. Bahkan objek wisata ini disebut wisata bahari terindah setelah Raja Ampat. Lokasinya berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Anda juga bisa menikmati pemandangan pasir putih di pantai dengan warna laut dengan gradasi warna biru ini. Pulau Derawan digunakan sebagai tempat konservasi penyu, kura-kura raksasa, lumba-lumba, pari manta, duyung, dan barakuda, ubur-ubur tanpa sengat, bahkan paus.

Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Untuk mencapai pulau ini, anda bisa menyeberang lewat dermaga laut tradisional Teluk Suak dan menempuh waktu sekitar 30-90 menit.

Baca juga  Cara Beli Pulsa Gratis Menggunakan OVO Points

Selama perjalanan, anda akan menjumpai pulau-pulau tak berpenghuni. Sampai di Pulau Lemukutan, anda akan menyaksikan keindahan pemandangan air laut yang bening hingga bisa terlihat terumbu karang di bawah laut.

Jika bermalam di Pulau Lemukutan, anda akan merasakan suasana berbeda. Rumah-rumah warga masih terbuka meski sudah malam. Para nelayan pergi mencari ikan. Keesokan paginya, ikan-ikan dijual dan anda juga bisa menyantapnya di pantai.

Pantai Batu Lamampu

Pantai Batu Lamampu berada di Pulau Sebatik, Desa Tanjung Karang, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara yang merupakan pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Malaysia.

Pantai ini menyuguhkan pasir putih kecokelatan disertai batu karang. Garis pantainya sangat panjang, yakni mencapai 3 kilometer. Selain bersantai dan berenang, anda juga bisa berkemah di tempat ini.

Untuk bisa mencapai Pantai Batu Lamampu, anda harus menyeberang laut dengan perahu atau kapal feri hingga ke Dermaga Mantikas di Kecamatan Sebatik Barat. Di pulau ini, anda juga bisa mengunjungi objek wisata lain, seperti tapal batas Indonesia Malaysia dan rumah dua negara.

Pantai Sungai Umbang

Pantai Sungai Umbang cocok buat kalian yang suka suasana tenang karena masih sepi wisatawan. Pantai ini menyuguhkan pasir putih, ombak tenang, serta pepohonan rindang di tepi pantai. Di sana, anda bisa berenang maupun berfoto-foto di berbagai spot menarik yang disediakan. Lokasi Pantai Sungai Umbang terletak di Desa Umbang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Pantai Biduk Biduk

Selanjutnya adalah Pantai Biduk Biduk yang merupakan salah satu pantai di Desa Wisata Biduk Biduk. Pantai ini menyuguhkan pasir putih halus dengan laut dangkal berwarna biru bening. Panorama alam ini semakin menarik ketika berpadu dengan pepohonan kelapa dan terumbu karang pantai. Terdapat jembatan yang membawa anda menikmati suasana di atas laut.

Baca juga  Tips Solo Traveling ke Bali untuk Wanita, Aman dan Menyenangkan

Anda bisa menikmati matahari terbit, berenang, bermain pasir, snorkeling, dan mencoba berbagai wahana air. Lokasinya berada di Desa Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Gosong Senggora

Kemudian ada Gosong Senggora yang merupakan pulau kecil yang tak jauh dari Taman Nasional Tanjung Puting. Pulau ini termasuk hidden gem yang menyimpan keindahan alam laut yang eksotis. Wisatawan bisa melakukan snorkeling dan diving di sini. Tidak hanya terumbu karang, anda juga bisa menyaksikan fauna laut yang dilindungi, seperti penyu. Lokasinya tidak begitu jauh dari Kecamatan Kumai. Anda bisa menyewa perahu motor nelayan untuk menyeberang ke Gosong Senggora.

Pantai Tanjung Penghujan

Destinasi terakhir pada daftar ini adalah pantai Tanjung Penghujan berada di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Pantai Tanjung Penghujan memiliki ciri khas pantai pasir kecokelatan yang lembut. Waktu paling tepat untuk menikmati pantai ini adalah sore hari, karena anda bisa melihat matahari terbenam yang menenangkan.

Fasilitas di sini sudah lengkap, seperti mushola, tempat makan, toilet, dan tempat parkir. Kamu juga bisa bersantai di gazebo yang tersedia di pantai.

Demikian informasi mengenai destinasi wisata pantai di Kalimantan yang paling hits dan viral untuk menjadi rekomendasi anda. Masih banyak destinasi wisata pantai lainnya yang menarik di Kalimantan yang tidak sempat kami cantumkan pada artikel ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *