7 Destinasi Wisata Favorit di Bogor Selain Puncak

0
Destinasi Wisata Favorit di Bogor

Bagi anda yang berencana liburan di Bogor maka anda pastinya yang terlintas di kepala anda adalah liburan puncak bukan? namun selain puncak, anda juga harus mengetahui destinasi wisata favorit di Bogor.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama Bogor merupakan salah satu destinasi favorit banyak wisatawan asal Jabodetabek dan sekitarnya. Berbicara Bogor, pastinya sangat identik dengan wisata puncak bogor sehingga tidak heran apabila kawasan ini selalu terjadi kemacetan panjang ketika saat wekeend dan liburan panjang.

Namun selain puncak, Bogor juga memiliki beragam destinasi wisata favorit yang sayang untuk anda lewatkan ketika memilih liburan di Bogor. Dan kali ini kami akan membagikan destinasi wisata yang bisa menjadi referensi anda sebagai berikut.

Destinasi Wisata Favorit di Bogor Selain Puncak

Destinasi Wisata Favorit di Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor adalah kebun botani terbesar dan tertua di Asia Tenggara yang berada di Kota Bogor. Mengunjungi tempat ini, para wisatawan bisa piknik sambil belajar berbagai pengetahuan mulai dari flora, fauna, hingga sejarah.

Dengan luas mencapai 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Mulanya Kebun Raya Bogor digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Wisatawan dari luar kota bisa naik KRL, kemudian turun di Stasiun Bogor. Dari stasiun, wisatawan bisa berjalan kaki karena jaraknya hanya satu kilometer (km).

Sejumlah aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Kebun Raya Bogor antara lain, bersepeda, piknik di bawah pohon rindang, melihat Istana Kepresidenan Bogor, mengunjungi Taman Meksiko yang berisi spesies tumbuhan iklim kering, dan mendatangi Museum Zoologi.

Baca juga  Cara Menciptakan Sirkulasi Udara yang Baik dan Sehat di Rumah

Taman Budaya Sentul City

Kawasan Sentul yang berada di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor bisa menjadi pilihan wisata tahun baru. Ada beragam destinasi wisata menarik di Sentul, salah satunya adalah Taman Budaya Sentul City.

Obyek wisata ini, menggabungkan konsep outbond, budaya, sekaligus wisata kuliner dalam satu area. Pengunjung bisa menjumpai 21 wahana permainan anak-anak, 12 wahana adventure dan outbond bagi anak-anak hingga dewasa, dan lebih dari 39 tenant.

Sembari menikmati wahana, wisatawan juga bisa menikmati panorama indah di Taman Budaya Sentul City. Tempat wisata ini beralamat di Jalan Siliwangi Nomor 1, Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Jungleland Adventure Themepark

Jika ingin seru-seruan tanpa macet, anda bisa mengunjungi Jungleland Adventure Themepark. Alamatnya berada di Kawasan Sentul Nirwana, tepatnya Jalan Jungle Land Nomor 1, Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Jungleland Adventure Themepark, merupakan salah satu taman bermain terbesar di Indonesia. Dengan luas mencapai 35 hektare, Jungleland Adventure Themepark terbagi menjadi empat zona, yaitu Zona Carnivalia, Tropicalia, Mysteria, dan Explora.

Ada sekitar 33 wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Berada di kawasan Gunung Pancar, wisatawan juga bisa menikmati udara sejuk di Jungleland Adventure Themepark.

Mandapa Kirana Resort

Selanjutnya adalah tempat wisata yang menawarkan suasana atau vibes ala di Bali. Tempatnya adalah Mandapa Kirana Resort yang merupakan resort bernuansa Bali dan Eropa. Anda bisa menjumpai gapura yang menyerupai Pura Penataran Agung Lempuyang di Karangasem, Bali. Menariknya, dari gapura tersebut wisatawan bisa menyaksikan pemandangan pegunungan dan lembah.

Resort ini menawarkan fasilitas lengkap mulai dari resort, restoran, infinity pool, mini golf, taman, dan sebagainya. Bagi tamu yang tidak ingin menginap, bisa menjajal layanan one day vacation, yakni pengalaman menjajal semua fasilitas di Mandapa Kirana Resort seharian penuh tanpa menginap.

Baca juga  10 Destinasi Wisata di Singapura yang Populer Untuk Anda Kunjungi

Apabila anda berminat mengunjungi tempat wisata ini, maka anda bisa langsung ke lokasinya yang berada di Jalan Raya Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor

Gunung Pancar

Apabila anda ingin menyambut tahun baru 2024 di alam terbuka, maka glamping atau camping di Gunung Pancar bisa menjadi alternatif. Lokasinya berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Gunung Pancar adalah salah satu tempat beraktivitas outdoor di Bogor yang populer.

Dikutip dari laman Gunung Pancar, ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan antara lain glamping, camping, outbond, trekking, dan sebagainya. Obyek wisata ini berada di ketinggian 300-800 mdpl sehingga berhawa sejuk. Gunung Pancar juga dikelilingi dengan pohon pinus sehingga suasananya asri.

Goa Garunggang

Goa Garunggang merupakan hidden gem di Bogor yang memiliki pemandangan eksotis. Goa ini berupa batuan kars sehingga kerap dijuluki sebagai mini Jurassic Park. Lokasinya berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Wisatawan bisa memarkir kendaraan di sekitar Curug Leuwi Asih, lalu dilanjutkan trekking sejauh 3 km menuju lokasi Goa Garunggang.

Sepanjang perjalanan, wisatawan bisa menikmati panorama alam yang indah seperti kebun, sawah, dan hutan pinus. Sesampainya di Gua Garunggang, wisatawan bisa camping atau menelusuri goa didampingi seorang pemandu.

Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan air terjun yang populer di Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Menariknya, wisatawan bisa merasakan sensasi trekking di area persawahan untuk menuju lokasi Curuh Leuwi Hejo.

Ada sejumlah pemandu yang menawarkan wisata trekking ke Curug Leuwi Hejo. Bertualang di alam hijau, paket wisata tersebut sangat cocok untuk melepas penat. Selain ke Curug Leuwi Hejo, wisatawan juga bisa mampir ke Curug Leuwi Benjol dan Curug Barong.

Baca juga  4 Tips Cara Memilih Tas Traveling yang Tepat

Demikian informasi mengenai destinasi wisata favorit di Bogor yang bisa menjadi rekomendasi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *