7 Destinasi Wisata di Toraja Sulawesi Selatan yang Populer

0
Destinasi Wisata di Toraja Sulawesi Selatan

Jika anda berencana untuk berlibur di Toraja yang merupakan nama kabupaten di Sulawesi Selatan, maka anda harus mengetahui destinasi wisata di Toraja yang wajib anda kunjungi bagi anda yang traveling kesana.

Tana Toraja merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia bahkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Sulawesi Selatan yang selalu ramai akan kedatangan wisatawan lokal hingga wisawatan mancanegara.

Berbeda halnya dengan destinasi wisata pantai atau gunung yang menawarkan pemandangan, wisata di Tana Toraja akan memberikan anda pengalaman baru akan mengenal budaya unik sekaligus untuk berwisata religi. Selain itu, anda pun akan disuguhi dnean panorama alamnya yang masih asri dan memukau para wisatawan yang datang berkunjung.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi wisata di Toraja yang wajib anda kunjungi untuk anda catat sebagai berikut.

Destinasi Wisata di Toraja Sulawesi Selatan yang Populer

Destinasi Wisata di Toraja Sulawesi Selatan

Buntu Burake atau Patung Yesus Memberkati

Buntu Burake menjadi salah satu objek wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasinya berada di Kecamatan Burake, Tana Toraja. Hanya butuh waktu 15 menit dari Pusat Kota Makale untuk sampai di tempat ini.

Di kawasan wisata ini, pengunjung bisa menikmati kemegahan patung Yesus tertinggi di dunia yang tingginya mencapai 45 meter. Dari tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan keindahan Kota Makale secara keseluruhan.

Selain memamerkan Patung Yesus tertinggi di dunia, objek wisata ini juga memiliki berbagai spot foto yang fotogenik. Keseruan wisata di Buntu Burake semakin lengkap dengan keberadaan UMKM yang menjajakan pernak-pernik, baju, hingga sarung khas Toraja. Bagi yang tertarik menikmati pengalaman liburan di patung Yesus tertinggi ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 15 ribu untuk tiket masuk.

Baca juga  Cara Efektif Agar Kualitas Cat Mobil Tetap Terjaga, Dan Hal Yang Harus Anda Hindari

Kuburan Londa Toraja

Kuburan Londa Toraja merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang wajib dikunjungi di Toraja. Destinasi wisata yang penuh dengan tengkorak berjejer ini memberikan sensasi horor sekaligus membangkitkan rasa penasaran.

Untuk mengunjungi wisata makam Londa Toraja ini, wisatawan bisa mengakses jalur darat sejauh 5 kilometer dari Kota Rantepao ke Desa Sangbua, Kecamatan Kesu’, Toraja Utara. Sementara itu, jika pengunjung dari arah Kota Makale Tana Toraja, jarak tempuh menuju lokasi ini kurang lebih 16 kilometer.

Londa Toraja menawarkan pemandangan pemakaman yang unik khas Suku Toraja. Saat memasuki gua Londa, wisatawan langsung disambut dengan tengkorak yang berjejer di dinding gua. Kesan horor terasa sangat kuat, namun justru membuat semakin tertarik untuk terus menjelajahi kawasan makam Londa Toraja ini.

Biasanya wisatawan berburu foto estetik dengan background jejeran tengkorak yang berada di gua Londa. Namun, wisatawan yang berkunjung tidak boleh menyentuh tengkorak atau pun tulang-belulang yang berada di lokasi tersebut. Untuk memasuki kawasan gua, pengunjung cukup membayar tiket masuk seharga Rp 15.000 per orang.

Negeri di Atas Awan Lolai

Objek wisata Lolai atau biasa dijuluki Negeri di Atas Awan Lolai menjadi salah satu destinasi andalan para wisatawan saat libur lebaran. Destinasi wisata ini berlokasi di perkampungan Lolai, Kecamatan Kepala Pitu, Kabupaten Toraja Utara.

Negeri di Atas Awan Toraja berada pada ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Di tempat ini, para wisatawan dapat menyaksikan hamparan gulungan awan putih di depan mata.

Di sela-sela gumpalan awan putih tersebut terlihat puncak-puncak gunung yang menjulang tinggi dengan kokoh. Hamparan awan tersebut membuat para pengunjung benar-benar seperti berada di atas awan.

Baca juga  Tips Liburan ke Bali Yang Hemat Budget Namun Tetap Seru

Keindahan panorama alam Negeri di Atas Awan ini selalu dimanfaatkan wisatawan untuk berburu foto estetik dengan background awan dan sunrise. Waktu yang tepat Untuk bisa menyaksikan keindahan di atas awan ini sekitar pukul 5.30 Wita.

Apabila anda para wisatawan yang tertarik mengunjungi objek wisata ini, sebaiknya menyediakan jaket tebal karena suhu udara di Lolai sangatlah dingin.

Pango-pango

Wisata ini terletak di area Gunung Pango-pango, Kelurahan Pasang, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja. Objek wisata yang juga dikenal dengan sebutan Agrowisata Pango-pango ini menyuguhkan keindahan hutan pohon pinus dan kebun kopi yang memanjakan mata.

Lokasinya yang berada di ketinggian kurang lebih 1.700 mdpl membuat pengunjung dapat menikmati udara yang dingin dan sejuk di kawasan wisata ini. Pada pagi hari pengunjung bisa menyaksikan sunset dan pemandangan bak negeri di atas awan.

Tidak hanya itu, kawasan Agrowisata Pango-pango juga memiliki sejumlah fasilitas untuk menunjang aktivitas berlibur bersama keluarga. Beberapa di antaranya seperti, gazebo, aula, hingga permainan flying fox. Suguhan keindahan alam serta fasilitas yang lengkap membuat objek wisata ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga saat libur lebaran. Pango-pango buka setiap hari dengan tiket masuk hanya Rp 10 ribu untuk semua kalangan.

Lembah Ollon

Lembah Ollon juga menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu libur. Lokasinya berada di Desa Baukayu, Kecamatan Bonggakaradeng, Tana Toraja. Akses menuju lokasi wisata ini cukup jauh. Dibutuhkan waktu tempuh hingga 1,5 jam dari pusat Kota Makale.

Walaupun jauh, rasa lelah di perjalanan akan terbayarkan dengan suguhan hamparan lembah perbukitan dan pemandangan yang menyejukkan mata. Menariknya, perbukitan ini dipisahkan sebuah sungai yang mengalir di bawahnya, membuat keindahan alam di kawasan wisata ini semakin memukau. Daya tarik lainnya dari kawasan wisata ini yaitu keindahan matahari terbit atau sunrise. Tak jarang pengunjung rela mendirikan tenda dan menginap demi menyaksikan keindahan tersebut.

Baca juga  5+ Tips Membeli Motor Matic Bekas Agar Tidak Salah Beli

Kolam Mata Air Tilanga

Destinasi wisata berikutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi saat libur lebaran yaitu Kolam Mata Air Tilanga. Permandian Kolam Mata Air Tilanga ini terletak di Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara, Tana Toraja.

Kolam alami ini bersumber langsung dari mata air pegunungan sehingga air kolam tampak jernih dan berwarna biru. Selain itu, di kawasan wisata ini pengunjung juga bisa melihat keindahan susunan batu karst yang masih terjaga. Demi menjaga suasana alami di permandian ini, pengunjung tidak boleh menggunakan sabun di dalam kolam. Pengunjung juga dilarang keras membuang sampah di dalam kolam.

Biaya yang diperlukan untuk menikmati kesejukan air di kawasan permandian ini cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar retribusi Rp 10 ribu untuk semua kalangan.

Gumuk Pasir Sumalu

Bagi anda yang ingin berfoto di Painted Hills maka anda tidak perlu untuk jauh-jauh ke Aragon, sebab di kabupaten Toraja Utara terdapat objek wisata Gumuk Pasir Sumalu yang sangat mirip dengan Painted Hills.

Gumuk Pasir Sumalu terletak di Desa Sumalu, Kecamatan Rantebua, Toraja Utara. Objek wisata ini memamerkan keindahan hamparan perbukitan pasir yang berpadu dengan gelombang lapisan warna. Untuk bisa sampai di kawasan wisata ini, diperlukan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dari Kota Rantepao, Toraja Utara. Kemudian, pengunjung juga masih harus berjalan kaki kurang lebih 300 meter untuk mencapai Gumuk Pasir Sumalu.

Demikian informasi mengenai destinasi wisata di Toraja yang wajib anda kunjungi. Semoga berguna dan bisa menjadi referensi wisata anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *