Contoh Surat Pernyataan Diri Dan Cara Membuatnya

0
Contoh Surat Pernyataan Diri

Bagi anda yang ingin membuat surat pernyataan diri dan tidak tahu harus membuat dan memulainya dari mana, maka anda tidak perlu kuatir sebab pada kesempatan kali ini kami akan membagikan contoh surat pernyataan diri dan juga cara membuatnya.

Sesuai dengan namanya, surat pernyataan diri adalah merupakan surat yang memuat pernyataan diri sendiri dimana surat ini menjelaskan tentang tindakan yang sengaja atau tidak sengaja yang merugikan orang lain, baik itu individu, publik, perusahaan, atau lembaga.

Selain itu, surat pernyataan diri ini juga dapat digunakan sebagai pernyataan tertulis yang menyatakan kesediaan untuk mengambil risiko dan tanggung jawab sesuai peraturan yang berlaku.

Karena peran dan fungsi pentingnya, maka surat ini termasuk dalam surat resmi dan memiliki landasan hukum yang harus bisa dipertanggung jawabkan. Maka dari itu, membuat surat ini tidak bisa dilakukan sembarangan atau asal-asalan.

Surat pernyataan diri ini akan menjadi bukti yang kuat untuk mengakui dan menegaskan bahwa anda harus melakukan sesuatu yang tidak akan merugikan orang lain di masa depan. Pihak yang terlibat seperti yang membuat surat dan pihak yang ditujukan harus memiliki kemampuan untuk memahami apa yang diucapkan sehingga tidak diulangi di masa mendatang. Surat pernyataan diri berbeda dengan pernyataan lisan, yang tidak dapat digunakan sebagai bukti dan sulit untuk digunakan sebagai acuan tanpa saksi.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai fungsi dan manfaat dari surat pernyataan diri ini, maka berikut fungsi-fungsi surat yang wajib anda ketahui sebagai berikut.

Fungsi Surat Pernyataan Diri

Sebagai surat pengakuan kesalahan atau pembenaran terhadap sebuah hal yang tidak benar.

Sebagai pelengkap surat lain seperti saat melamar kerja atau menyelesaikan studi yang digunakan untuk menegaskan pernyataan.

Surat ini juga bisa digunakan untuk keperluan dinas dimana surat pernyataan tidak hanya dibuat calon karyawan saja, tetapi juga atasan atau pimpinan perusahaan.

Surat ini bisa juga untuk menyatakan suatu kondisi. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan dan ingin menegaskan bahwa seseorang baik-baik saja, maka perlu dibuat surat pernyataan sebagai bukti penegasan. Surat tersebut akan lebih kuat apabila ditandatangani dokter atau diberi kop instansi yang memeriksa.

Contoh Surat Pernyataan Diri

Contoh Surat Pernyataan Diri

Setelah memahami fungsi dan manfaat surat ini, maka berikut kami bagikan contoh surat pernyataan diri yang bisa menjadi referensi anda sebagai berikut.

Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Indana Isma
Tempat dan Tanggal Lahir: Yogyakarta, 4 Juli 1997
Alamat : Jl. Amarta Sejahtera 20 Yogyakarta

Dengan ini menyatakan bahwa saya:

Tidak pernah terlibat kasus narkoba maupun terlibat penggunaan narkoba dalam bentuk apa pun.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya bersedia menerima sanksi jika kemudian hari saya terbukti melanggar pernyataan.

Yogyakarta, 6 November 2023
Yang membuat pernyataan,

Indana

Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini ,

Nama : Dinaya Arini
Tempat dan tanggal lahir :Bandung, 29 Juli 1999
Alamat : Jalan Suka Warna 20 Bandung

dengan ini menyatakan bahwa:

1. Tidak pernah melakukan tindakan kriminal.
2. Tidak pernah mendapat hukuman penjara karena pelanggaran hukum.
3. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat saat bekerja.

Baca juga  70 Contoh Soal TWK CPNS 2024 Lengkap Beserta Dengan Kunci Jawabannya

Demikian surat pernyataan kelakuan baik ini saya buat sebenar-benarnya. Jika di kemudian hari terdapat pernyataan yang tidak benar, saya bersedia menerima konsekuensinya.

Bandung, 6 November 2023
Yang membuat pernyataan,

Contoh Surat Pernyataan PNS

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Agus Irman
Tempat dan Tanggal Lahir: Sleman, 6 Juli 1990
Alamat: Jalan Gabus 18, Sleman

Dengan ini menyatakan bahwa:

1. Tidak pernah melakukan pidana kejahatan yang menyebabkan hukuman penjara ataupun kurungan berdasar putusan Pengadilan yang memiliki kekuatan hukum.
2. Tidak pernah diberhentikan hormat atas permintaan sendiri maupun orang lain sebagai PNS, Prajurit TNI dan POLRI maupunsecara tidak hormat sebagai Pegawai Swasta.

Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS.

Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia atau Negara yang ditentukan.

Tidak sedang menjadi anggota dan/atau pengurus Partai Politik.

Bersedia tidak pindah lokasi penempatan kerja sebelum masa kerja selesai, yaitu minimal 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat sebenar-benarnya. Saya bersedia dituntut di pengadilan dan menerima segala konsekuensinya apabila di kemudian hari terbukti melanggar isi surat pernyataan.

Sleman, 6 November 2023
Yang membuat pernyataan,

Agus Irman

Dinaya Arini

Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ameera
Jenis Kelamin: Perempuan
Tempat/ Tanggal Lahir: Surabaya, 17 Agustus 2994
Agama: Islam
Alamat: Jalan Pahlawan No 20 Surabaya

Menyatakan bahwa hingga saat ini saya belum pernah menikah dengan siapa pun, baik secara adat, hukum, agama, ataupun hukum negara.

Demikian surat pernyataan ini saya buat sebenar-benarnya tanpa adanya rekayasa. Jika surat pernyataan ini tidak sesuai, saya bersedia dituntut sesuai undang-undang dan hukum yang berlaku.

Baca juga  17+ Contoh Soal Simple Present Tense Dengan Jawaban dan Pembahasannya

Surabaya, 6 November 2023

Ameera

Sekian informasi mengenai contoh surat pernyataan diri dan juga cara membuatnya untuk anda gunaka sesuai dengan peruntukannya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *