Contoh Surat Pengajuan Dana Operasional Serta Cara Membuatnya

Date:

Share post:

Apakah anda ingin mengajukan dana operasional agar kegiatan anda lancar sesuai dengan yang anda harapkan, maka simak contoh surat pengajuan dana operasional serta cara membuatnya.

Surat pengajuan dana operasional sangat penting untuk memastikan kegiatan bisnis dan kantor berjalan lancar.

Seperti contoh kasus dimana jika departemen atau unit tertentu perusahaan ingin mendapatkan dana untuk kegiatan operasional tambahan, maka karyawan harus mengajukan permohonan terlebih dahulu kepada atasan mereka, dan jika disetujui dengan alasan yang tepat, dana akan segera cair.

Sebagian besar, surat pengajuan dana dibuat oleh perusahaan atau lembaga pemerintah. Meskipun demikian, pengajuan dana dapat dilakukan oleh pihak lain, bukan hanya secara internal.

Sebut saja contohnya seperti kelompok karang taruna ingin mengadakan 17 Agustusan di kecamatan, dan mereka meminta dana dari perusahaan di sekitar untuk berpartisipasi dengan tujuan acara itu berjalan lancar dengan bantuan dana operasional.

Poin Penting Surat Pengajuan Dana

Berikut beberapa poin penting yang harus muat dalam surat ini agar muatan surat dapat dimengerti dengan jelas oleh pihak yang penerima surat ini.

Mencantumkan Identitas Pemohon

Dalam pembuatan surat permohonan dana, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menunjukkan identitas pemohon yang harus dibagi menjadi dua kategori yakni individu (pribadi atau perorangan) dan organisasi atau kelompok. Ini penting karena pihak yang menerima surat akan mengetahui ke mana mereka akan mengirimkan pesan.

Menyampaikan Maksud dan Tujuan dengan Jelas

Poin kedua adalah menyampaikan tujuan dengan jelas, padat dan tidak bertele-tele agar mudah dipahami sehingga pemberi dana dapat menerima dengan jelas pesan yang disampaikan dengan surat ini dan akan mempertimbangkan surat yang diajukan.

Baca juga  Cara Cek Pengajuan Kartu Kredit Disetujui atau Tidak

Menuliskan Jangka Waktu Permohonan

Dan poin terakhir yang perlu diperhatikan dalam menuliskan surat permohonan dana adalah menuliskan jangka waktu permohonan dan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam surat ini, sehingga pihak pemberi dana bisa merespons dengan tepat waktu, sebab apabila tidak ada jangka waktu yang jelas maka pihak pemberi dana tidak akan mengerti kapan dana akan digunakan.

Format dan Struktur Surat Pengajuan Dana Operasional

Surat ini surat pengajuan dana merupakan surat resmi dan penting agar untuk dalam membuat surat ini, anda harus memperhatikan format dan stuktur surat yang benar, agar nantinya pihak penerima menerima pesan dari surat ini dengan jelas dan baik. Simak format surat yang bisa anda simak sebagai berikut.

Kop Surat

Pertama adalah adanya Kop surat yang sangat penting karena ini merupakan identitas pemohon. Kop surat mencerminkan keseriusan pemohon untuk mengajukan dana kepada pemberi dana.

Waktu Pembuatan

Kedua adalah waktu pembuatan surat. Waktu pembuatan surat ini juga perlu untuk dicantumkan. Selain waktu pembuatan, perlu juga untuk menuliskan nomor surat.

Isi Surat

Ketiga adalah isi surat. Isi surat adalah inti dari surat permohonan dana yang Anda ingin sampaikan. Isi surat ini berisikan pengajuan permohonan dana yang berisi aspek-aspek yang sudah dijelaskan di atas.

Bahasa yang Benar

Keempat adalah bahasa yang benar. Bahasa adalah aspek yang penting dan setiap surat resmi yang dikeluarkan oleh individu atau kelompok wajib menggunakan bahasa yang benar dan baik.

Penanggung Jawab Kegiatan

Kemudian adalah adalah penanggung jawab kegiatan. Adanya penanggung jawab kegiatan merupakan salah satu cara agar pemberi dana bisa percaya kepada kegiatan yang ingin Anda lakukan. Selain itu, ini juga akan memudahkan pemberi dana untuk memberikan dananya.

Baca juga  Begini Cara Pinjam Uang di Bank Jago Online Syariah Tanpa Jaminan

Ucapan Terima Kasih

Apabila anda telah memastikan semua struktur surat diatas telah anda masukkan, maka hal terakhir yang anda lakukan adalah mengucapkan terima kasih sebagai bentuk rendah hati dan bentuk penghormatan kepada pemberi dana agar hubungan anda dan pihak pemberi dana selalu bisa terjaga dengan baik.

Contoh Surat Pengajuan Dana Operasional

Contoh Surat Pengajuan Dana Operasional

Berikut beberapa contoh surat pengajuan dana operasional yang bisa anda simak dibawah ini.

DEPARTEMEN MARKETING
PT. Maju Jaya Sejahtera
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 26 februari 2023

Nomor : 123/PD/DM-MJS/2023
Perihal : Pengajuan Dana Operasional
Lampiran : 1 (Satu) Lembar

Kepada Yth,
Kepala Departemen Keuangan
PT. Maju Jaya Sejahtera

Dengan hormat,
Demi meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan penjualan produk perusahaan di masa mendatang, maka kami dari Departemen Marketing berencana untuk menjajaki kerjasama dengan beberapa perusahaan di Pekanbaru, yang akan dilaksanakan pada tanggal 1-5 Maret 2023 mendatang.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini kami bermaksud mengajukan dana operasional ke Departemen Keuangan sejumlah Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah). Adapun perkiraan rincian dari semua biaya yang dibutuhkan sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini.

Demikian surat pengajuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Departemen Marketing,

Budi Solihin.

Contoh Surat Pengajuan Dana Perjalanan Dinas

BAGIAN PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN
DINAS PENDIDIKAN KOTA MEDAN
Kotamadya Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 15 Februari 2023

Nomor : 123/BPP/Dispen-Medan/2023
Lampiran : 2 (Dua) Lembar
Perihal : Pengajuan Dana

Kepada Yth,
Kepala Bagian Keuangan
Dinas Pendidikan Kota Medan

Dengan hormat,
Menindaklanjuti Surat Perintah Tugas dari Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan dengan nomor 103/SPT/Dispen-Medan/2023 yang fotocopy-nya sudah kami lampirkan bersama surat ini, dengan isi Penugasan Pegawai Pengawas Sekolah untuk melakukan Peninjauan Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional SMA se-Kota Medan Tahun Ajaran 2023/2024, yang akan dilaksanakan pada :
Hari : Senin – Jumat
Tanggal : 25 – 29 Februari 2023
Lokasi : SMA se-Kota Medan

Baca juga  Cara Mudah Top Up PayPal lewat BCA Yang Praktis

Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini kami bermaksud mengajukan dana perjalanan dinas dengan perkiraan rincian yang sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Kami berharap dana perjalanan dinas tersebut sudah bisa kami terima sebelum tanggal 24 Februari 2021, tepat sebelum keberangkatan perjalanan dinas.

Demikian surat pengajuan dana ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Bagian Pemberdayaan Pendidikan
Dinas Pendidikan Kota Medan,

Budi Solihin.
NIP. 2353 2532 6342 6758

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana Kegiatan

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADANG BULAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

Medan, 16 Februari 203

Nomor : 123/PD/KTB-PD/2020
Lampiran : 1 Bundel Proposal
Perihal : Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth,
Bapak Camat Medan Baru
Jl. Rebab No. 34, Medan

Dengan hormat,
Demi menumbuhkan kecintaan dan mengasah kemampuan olahraga para Remaja Kelurahan Padang Bulan, maka kami selaku Pengurus Karang Taruna Bakti Jaya Kelurahan Padang Bulan berencana melakukan kegiatan pertandingan Sepak Bola antar klub yang akan dilaksanakan pada :
Hari : Senin – Rabu
Tanggal : 22-24 Februari 2023
Tempat : Lapangan Olahraga Padang Bulan

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami mengharapkan bantuan dana dari Bapak Camat Medan Baru demi terselenggaranya kegiatan ini dengan baik. Kami berharap Bapak Camat bisa mendukung kami dalam mengasah kemampuan berolahraga para remaja, khususnya di Kelurahan Padang Bulan.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Ketua Panitia, Sekretaris Panitia,

Budi Solihin. Elsa Putri.

Demikian informasi mengenai contoh surat pengajuan dana operasional serta cara membuat surat ini dengan baik dan benar. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...