Contoh Surat Paklaring Serta Format dan Syaratnya

Date:

Share post:

Bagi anda yang mencari contoh surat paklaring, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan contoh beserta dengan format dan juga syaratnya.

Sebagai informasi surat paklaring atau sering disebut juga surat pengalaman kerja merupakan jenis surat yang sudah tidak asing dalam dunia kerja dimana surat ini merupakan dokumen penting yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang telah mengakhiri masa kerjanya.

Adapun fungsi dari surat ini adalah sebagai bukti bahwa karyawan tersebut pernah bekerja di perusahaan tersebut dan mencantumkan posisi serta periode waktu bekerja. Surat paklaring seringkali dibutuhkan oleh karyawan saat melamar pekerjaan baru sebagai referensi untuk menunjukkan pengalaman dan kompetensi mereka.

Tidak hanya itu, surat ini juga bisa menjadi persyaratan administratif dalam berbagai keperluan lain seperti pengajuan visa atau aplikasi pendidikan lanjut. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat dan fungsi dari surat paklaring yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Melamar Pekerjaan di Perusahaan Lain
  • Mengurus Pencairan Dana BPJS Ketenagakerjaan
  • Mengajukan Pinjaman
  • Mengajukan Kartu Kredit
  • Melamar Beasiswa Jalur Profersional Untuk Melanjutkan Pendidikan Formal

Syarat Membuat Paklaring

Contoh Surat Paklaring Serta Format

Dalam mengajukan surat paklaring ke perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya, terdapat beberapa poin penting yang harus anda catat. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Mengundurkan Diri Baik-baik

Untuk dapat mengajukan surat paklaring, maka seorang karyawan harus mengundurkan diri baik-baik untuk membuat surat paklaring dan meninggalkan nama baik serta tidak terlibat masalah apa pun di perusahaan lama.

Baca juga  5+ Tempat Wisata di Pangkep Yang Instagramable dan Hits Terbaru 2023

Telah Bekerja Minimal 1 Tahun

Surat paklaring tidak bisa diajukan sewaktu-waktu sebab umumnya perusahaan memiliki peraturan bahwa paklaring hanya bisa diterbitkan untuk pekerja yang telah memenuhi kontrak selama satu tahun atau lebih. Sebab apabila seseorang resign sebelum satu tahun, justru perusahaan menilai bahwa anda adalah karyawan yang kurang profesional dan tidak matang dalam menyelesaikan pekerjaan.

Menyelesaikan Kewajiban Sebelum Mengundurkan Diri

Meskipun akan mundur dari perusahaan, bukan berarti karyawan bisa menurunkan etos kerja. sebelum mundur, dia harus bekerja sebagaimana job desk yang ada. Sebelum meninggalkan kantor, pastikan untuk menyelesaikan tugas yang ada, menyerahkan berkas ke atasan, dan sebagainya. Sederhananya, selesaikan pekerjaan terakhirmu sebelum mengurus pengunduran diri.

Memiliki Hubungan Baik dengan Teman Kerja di Perusahaan Lama

Untuk meyakinkan perusahaan baru, seorang profesional yang memiliki paklaring akan membubuhkan nomor handphone teman kerja lama sebagai referensi. Perusahaan bisa saja melakukan tanya jawab singkat mengenai diri anda untuk meyakinkan manajemen. Jika hubungan anda kurang baik dengan rekan kerja, mereka bisa urung menerima anda.

Contoh Surat Paklaring

Sekian informasi mengenai contoh surat paklaring beserta dengan format dan juga syaratnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...