Contoh Surat Cuti Melahirkan Serta Cara Membuatnya

0
Cuti Melahirkan

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan contoh surat cuti melahirkan serta cara membuatnya untuk anda gunakan sesuai dengan peruntukan dan kebutuhan anda.

Bagi anda para wanita yang bekerja dan sedang merencanakan hari kelahiran dari masa kehamilan anda, maka anda diperbolehkan untuk mengajukan surat cuti melahirkan dan hal ini telah di atur dalam undang-undang tenaga kerja di indonesia.

Namun bagi anda yang ingin menggunakan hak cuti izin melahirkan, maka wajib bagi anda membuat contoh surat cuti melahirkan sebagai syarat utamanya untuk menjadi bahan pertimbangan kantor.

Sesuai dengan namanya, surat cuti melahirkan merupakan dokumen penting yang diajukan oleh seorang karyawan kepada perusahaan tempatnya bekerja untuk mendapatkan izin cuti selama periode melahirkan.

Bagi anda yang bingung bagaimana cara membuat surat ini, maka berikut kami bagikan struktur dan format surat cuti melahirkan yang bisa anda simak dibawah ini.

Format Surat Cuti Melahirkan

Kop Surat

Pertama adalah adanya kop surat yang menjadi bukti surat yang dibuat telah diketahui oleh perusahaan/kantor. Adanya kop surat menunjukkan bahwa surat cuti tersebut merupakan surat resmi dan bukan surat pribadi.

Tempat dan Tanggal

Pada bagian atas surat, penulisan tempat dan tanggal menjadi komponen penting yang harus diperhatikan. Informasi ini diperlukan untuk mengetahui kapan dan dari mana surat tersebut dibuat oleh pengirim.

Nomor Surat

Kemudian tuliskan nomor surat, perihal berupa surat cuti melahirkan dan lampiran seperti surat keterangan dari bidan/dokter kandungan yang biasanya berisi informasi mengenai kesehatan ibu dan asumsi tanggal kelahiran yang akan terjadi.

Baca juga  8 Tempat Nongkrong di Bandung Dengan View Bagus Malam Hari

Nama dan Alamat Tujuan

Identitas penerima surat perlu disertakan untuk mengetahui kepada siapa surat cuti melahirkan ditujukan. Biasanya berisi nama dan alamat penerima surat, yaitu pimpinan atau atasan di perusahaan tempat Anda bekerja.

Isi Surat

Pastikan untuk menuliskan salam dan kalimat pembuka surat. Lalu cantumkan nama beserta jabatan, dan durasi berapa lama anda akan mengambil cuti. Tuliskan tanggal dari mulainya cuti hingga tanggal mulai bekerja kembali di kantor. Jangan lupa untuk menambahkan ucapan terima kasih dan salam penutup.

Nama Lengkap dan Tanda Tangan

Dan yang terakhir adalah anda harus sertakan nama lengkap dan tanda tangan Anda sebagai bukti surat sah secara hukum dan tidak boleh anda lewatkan.

Contoh Surat Cuti Melahirkan

Cuti Melahirkan

Setelah mengetahui format dan struktur surat yang baik dan benar, maka berikut kami bagikan contoh surat cuti melahirkan yang bisa anda simak dibawah ini.

Surat Cuti Melahirkan untuk PNS

Jakarta Pusat, 20 Januari 2023
No : 07/SE/2023
Perihal : Permohonan Izin Cuti Melahirkan
Lampiran : 1 Lembar

Yth. Budi Sholihin
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Jakarta Utara
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Elsa Putri
NIP : 00970 56654 6328739
Pangkat/Gol : Penata Muda/III B
Jabatan : Staf Keuangan
Unit Kerja : Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Jakarta Utara

Dengan ini saya bermaksud ingin mengajukan permohonan cuti melahirkan selama tiga bulan, terhitung mulai tanggal 20 januari hingga 20 Maret 2023. Bersama surat ini, saya lampirkan surat keterangan yang telah dibuat oleh dokter.

Demikian surat permohonan izin cuti saya ajukan, atas perhatian dan izin yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Baca juga  8 Cafe Unik di Bandung, Ada Pakai Robot Kucing!

Elsa Putri

Contoh Surat Cuti Melahirkan Karyawan Swasta

Jakarta Utara, 20 januari 2023
Perihal : Surat permohonan cuti melahirkan
Lampiran : 1 lembar surat keterangan dokter

Yth. Budi Sholihin
Kepala HRD PT Maju Mundur
Jakarta Utara

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Elsa Putri
Jabatan : Staf Marketing
Alamat : Jln. Pemuda No. 151, Jakarta Utara

Bersama surat ini saya mengajukan permohonan cuti melahirkan selama 3 bulan, mulai tanggal tanggal 20 januari hingga 20 Maret 2023. Saya akan kembali masuk kerja pada tanggal 21 Maret 2023. Berikut saya lampirkan surat keterangan dari dokter.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Atas kebijaksanaannya, saya mengucapkan terima kasih.

Jakarta Utara 20 Januari 2023.

Hormat saya,

Elsa Putri

Demikian informasi tentang contoh surat cuti melahirkan serta cara membuat surat yang baik dan benar yang bisa menjadi rekomendasi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *