Cara Upload File di Google Drive dan Share Link Ke Orang Lain

Date:

Share post:

Anda bingung cara upload file di Google drive? tenang karena anda tepat menemukan artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara upload file di google drive dan share link ke orang lain untuk urusan kerjaan dan lainnya.

Sekedar informasi, google drive merupakan layanan penyimpanan online yang juga salah satu produk dari google yang sangat populer bagi para pengguna internet karena fungsinya dimana Google drive sangat populer untuk digunakan sebagai tempat upload dan download file karena cara kerjanya yang sederhana dan navigasi yang mudah dipahami oleh semua orang. Dengan google drive anda akan dengan mudah untuk mengupload file di google drive menggunakan perangkat apapun itu dimana anda bisa mengaksesnya melalui PC atau laptop dan juga dengan menggunakan HP Android dan iPhone.

Tidak hanya mudah digunakan, Google drive memberikan kapasitas sebesar 15GB secara gratis untuk menyimpan data-data anda dan selain itu, di google drive tidak akan ada iklan yang mengganggu seperti tempat upload dan download pada umumnya. Maka dari itu, google drive ideal untuk bisa menjadi andalan untuk melakukan backup data. Data file yang sudah terupload di google drive dapat dijamin tidak akan hilang selama akun google masih dapat diakses.

Bagi anda yang belum mengetahui cara upload file di google drive dan juga belum mengetahui cara membagikan link atau share link data yang anda upload ke orang lain agar orang lain yang anda inginkan bisa melihat data yang anda upload secara online, maka anda bisa menyimak tips dan panduannya sebagai berikut.

Cara Upload File di Google Drive dan Share Link Ke Orang Lain

Cara Upload File di Google Drive

Menggunakan PC / Laptop

Bagi anda pengguna PC atau laptop yang ingin mengupload data di google drive dan berbagi link, maka anda harus terlebih dahulu memiliki akun google. Apabila anda belum memilikinya maka anda membuatnya terlebih dahulu dan ikuti intruksi yang anda.

Selanjutnya anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pertama, anda bisa membuka aplikasi web browser di pc atau laptop anda.
  • Lalu buka google drive atau klik disini.Kemudian klik tombol Baru lalu pilih opsi Upload file.
  • Pilih file mana yang ingin di upload ke google drive.
  • Anda cukup menunggu hingga proses upload selesai.
  • File sudah berhasil di upload ke akun google drive anda.
  • Selesai.Mudah bukan?

Apabila anda ingin mengupload banyak file ke google drive sekaligus, anda bisa memilih opsi Upload folder dan bukan memilih file.

Menggunakan HP Android

Sedangkan untuk anda pengguna HP android yang ingin mengupload data di google drive dan berbagi link maka bisa mencari aplikasi bawaan HP android anda bernama google drive. Apabila anda tidak menemukannya, anda dapat mencari aplikasi ini melalui playstore dan kemudian instal aplikasi tersebut. Sama seperti cara menggunakan PC, maka anda harus terlebih dahulu memiliki akun google dan telah login.

Setelah itu, anda bisa mengikuti panduan dan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan buka aplikasi ini terlebih dahulu di hp anda.
  • Kemudian sentuh ikon plus lalu pilih opsi Upload di menu yang muncul. Anda harus memilih file mana yang ingin di upload ke google drive. Jika sudah memilih, file akan diproses untuk mengupload ke google drive.
  • Silahkan tunggu hingga proses upload file di akun google drive anda hingga selesai. Waktu yang dibutuhkan tergantung dari ukuran file dan kecepatan jaringan internet anda.
Baca juga  Cara Mengatasi Gyroscope yang Tidak Berfungsi di HP Android

Cara Berbagi Link Google Drive

Setelah anda mengetahui cara upload file dan data di google drive menggunakan PC dan HP android, maka selanjutnya adalah cara membagikan file tersebut ke teman, atau pihak lain yang anda ingin kirimkan agar bisa melihat data anda secara online.

Sekedar informasi, terdapat 2 metode untuk berbagi link download google drive. Pertama adalah berbagi ke orang tertentu saja, dan yang kedua untuk semua orang tanpa akses login akun google.

Klik kanan file yang anda inginkan atau tap jika menggunakan HP, kemudian pilih opsi Bagikan. Di kolom orang, ketikkan alamat email dari orang yang ingin dibagikan link file google drive, Selesai.

Alamat email tersebut akan mendapatkan link dari file google drive untuk mereka download. Buka email, kemudian klik link google drive, dan yang terakhir download file seperti biasa.

Klik kanan file yang anda inginkan atau tap jika menggunakan HP, kemudian pilih opsi Dapatkan link yang bisa dibagikan. Secara otomatis link akan dicopy, untuk melihatnya cukup paste atau tekan tombol CTRL+V.

Demikian informasi mengenai cara upload file di Google drive dan share link atau membagikan link. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...