6 Cara Tepat Memilih Asisten Rumah Tangga atau ART Agar Tidak Salah Pilih

Date:

Share post:

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara tepat memilih asisten rumah tangga atau ART agar anda tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari.

Memilih asisten rumah tangga atau biasa juga disingkat ART yang tepat adalah keputusan penting yang dapat memengaruhi kenyamanan dan keharmonisan rumah tangga anda. Dengan memilih ART yang tepat, maka hati anda pun tenang dan bisa memiliki orang yang bisa diandalkan untuk membantu pekerjaan rumah.

Maka dari itu, dalam memiliki ART dibutuhkan kehati-hatian dan pertimbangan yang matang, karena anda mempercayakan rumah dan mungkin anak-anak anda kepada seseorang yang sebelumnya tidak anda kenal. Selain itu, ART pun memiliki akses bebas dalam rumah dan dekat dengan keluarga sehingga anda harus benar-benar memilih ART yang bisa membuat hati anda tenang.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara tepat memilih asisten rumah tangga atau ART agar anda tidak pilih nantinya. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Cara Tepat Memilih Asisten Rumah Tangga atau ART

Cara Tepat Memilih Asisten Rumah Tangga

Bisa Dipercaya

Faktor pertama dan paling penting dalam memilih ART adalah menemukan calon ART yang harus dapat dipercaya. Tentu anda akan merasa aman jika memperkerjakan orang yang dapat dipercaya untuk mengurus pekerjaan rumah tangga, seperti memasak, mencuci, menyapu dan juga memperhatikan si kecil apakah sudah makan atau belum? Nah, untuk mendapatkan pembantu yang bisa di percaya, anda juga harus mencarinya lewat sumber yang benar. Contohnya salah satu anggota keluarga, teman atau pun kerabat.

Baca juga  5 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru di Surabaya yang Lagi Hits

Namun, jika anda ingin mencari asisten rumah tangga atau ART lewat yayasan, maka anda bisa mencari yayasan yang baik di mana mereka mempunya catatan referensi dan telah membekali para calon ART dengan keterampilan dan keahlian dalam mengurus perkerjaan rumah tangga.

Jadi anda harus benar-benar selektif dalam memilih yayasan penyalur tenaga kerja karena tidak jarang ada yayasan yang nakal di mana mereka hanya mencari keuntungan saja. Sebaiknya sih, anda memang harus mencari ART lewat rekomendasi dari keluarga atau teman saja.

Lakukan Wawancara

Seperti penerimaan pekerja pada umumnya, wawancara atau bertatap muka dan bertanya-tanya dengan si calon ART juga penting. Anda tentu akan tahu bagaimana karakter si calon asisten rumah tangga tersebut dan jangan sampai anda memperkerjakan orang tanpa tahu karakter dan latar belakangnya. Terlebih lagi ketika anda dan suami adalah pasangan muda yang tengah belajar dalam membina rumah tangga yang baik.

Cari Tahu Pengalaman Kerjanya

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana dalam memilih asisten rumah tangga tidak boleh dilakukan sembarangan. Anda bisa luangkan waktu untuk cari tahu apakah pengalaman kerjanya memang sudah bagus dan layak untuk anda pertimbangkan menjadi pembantu di rumah. Jangan sampai ketika anda sudah keluarkan budgekest mahal-mahal, tetapi pekerjaannya malah tidak rapi dan tidak bisa membantu anda, dan pastinya akan anda sesali bukan?

Lakukan Role Play

Selanjutnya, anda bisa meminta supaya si calon asisten rumah tangga tersebut berinteraksi dengan anak anda. Perhatikan bagaimana caranya berkomunikasi dengan anak termasuk juga tutur kata dan sikapnya. Juga jangan lupa anda perhatikan bagaimana sikap si kecil saat diajak berinteraksi dengan si calon asisten rumah tangga tersebut, apakah ia merasa senang atau justru malah terlihat tidak nyaman.

Baca juga  Begini Tips Memelihara Ikan Cupang agar Berumur Panjang

Amati Cara Berbicara Dan Isi Pembicaraannya

Usahakan jangan langsung percaya ketika calon asisten rumah tangga mengatakan sesuatu. Contohnya ketika ia mengatakan bahwa dirinya menyukai anak-anak padahal ketika diminta berinteraksi dengan si kecil raut wajahnya terlihat malas-malasan. Perhatikan pembicaraan asisten rumah tangga supaya anda merasa yakin, apakah yang ia katakan memang benar begitu realitanya.

Amati Bahasa Tubuh

Dan tips terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah dimana dalam memilih asisten rumah tangga, anda boleh ajukan banyak pertanyaan supaya lebih meyakinkan. Pada saat pengajuan pertanyaan tersebut, anda bisa mencoba amati setiap bahasa tubuhnya ketika berbicara atau menjawab pertanyaan anda. Mulai dari kontak mata, menjawab dengan cepat atau ragu-ragu, juga gerakan tangan serta mulutnya.

Sekian informasi tentang tips memilih asisten rumah tangga biar hati anda tenang dan rumah anda menjadi nyaman. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...