Cara Sehat dan Aman Menurunkan Kolesterol Tubuh Dengan Sayuran Ini

0
Cara Sehat dan Aman Menurunkan Kolesterol Tubuh

Anda mengalami kondisi kolesterol yang sedang karena konsumsi daging berlebihan dan hal memicu kolesterol tinggi lainnya? Jangan kuatir sebab terdapat cara sehat dan aman menurunkan kolesterol tubuh dengan sayuran ini.

Sekeda informasi, kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjangkit berbagai penyakit, terutama penyakit kardiovaskular. Adapun cara mengatasinya, terdapat beberapa cara menurunkan kolesterol yang dapat anda coba, mulai dari menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga, dan lain sebagainya.

Cara menurunkan kolesterol tinggi sebetulnya dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti menerapkan gaya hidup yang lebih sehat dalam kehidupan sehari-hari. Namun kali ini kami akan membagikan cara menurunkan kolesterol tubuh dengan mengkonsumsi beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan yang bisa menurukan kadar kolesterol.

Penasaran? tanpa basi-basi lagi, simak cara sehat dan aman menurunkan kolesterol tubuh dengan sayuran yang bisa anda simak rekomendasinya dibawah ini.

Cara Sehat dan Aman Menurunkan Kolesterol Tubuh Dengan Sayuran

Cara Sehat dan Aman Menurunkan Kolesterol Tubuh

Wortel

Sayur wortel digadang-gadang memiliki kandungan serat tinggi berupa selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang disinyalir bisa mengendalikan penyerapan kolesterol dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat wortel sebagai anti kolesterol, anda dapat mengonsumsinya secara rutin.

Setiap individu memiliki kebutuhan dan kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih untuk mendapatkan saran yang spesifik dan sesuai dengan kondisi kolesterol anda sekarang.

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran banyak orang dimana sayuran hijau berbentuk seperti pohon yang terdiri dari batang dan bunga-bunga kecil berwarna hijau, biasanya diolah menjadi masakan andalan ibu-ibu di rumah, namun apakah anda sadar bahwa ternyata selain lezat dan bergizi, brokoli mampu menurunkan kolesterol anda.

Baca juga  Ketahui Bahaya AC untuk Kesehatan Bayi Untuk Diwaspadai dan Dikontrol

Merangkum Honestdoc, brokoli mengandung glucoraphanin, sebuah senyawa yang dapat diubah menjadi sulforaphane di dalam tubuh. Sulforaphane dapat menghambat produksi kolesterol jahat atau Low-density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik. Brokoli juga kaya serat dan antioksidan tinggi sehingga dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat.

Brokoli bisa dinikmati dalam berbagai cara, seperti dikukus, direbus, ditumis, atau bahkan dikonsumsi mentah dalam salad. Memasukkan brokoli ke dalam menu harian sehat secara teratur dapat memberikan manfaat secara optimal bagi kesehatan tubuh.

Terong

Terong, si ungu yang menawan, sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, terong memiliki bentuk unik dan tekstur yang lembut. Terlebih, terong juga memiliki rasa khas dan cocok dijadikan bahan dasar berbagai hidangan. Kamu bakal lebih terkejut lagi mendapati fakta bahwa terong mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh bahkan mencegah kanker.

Melansir Nourish, asam chlorogenic, yang sering ditemukan pada terong, disebut juga asam kaya oksidan tidak hanya mampu mencegah kanker melainkan juga dapat melindungi kesehatan jantung dari kolesterol jahat.

Terong bisa dinikmati dengan cara direbus atau ditumis sebagai teman makan sajian daging qurban agar lebih aman. Dijamin kolesterol ga macam-macam.

Kangkung

Tumbuhan semi akuatik, biasanya tumbuh subur pada kondisi tanah yang berair dan lembek. Kamu tentu tidak asing dengan tumbuhan ini, sebab hampir dapat ditemukan di berbagai pelosok Indonesia.

Tahukan anda kangkung merupakan sayuran yang paling banyak dikonsumsi orang-orang Asia, termasuk Indonesia, beberapa negara di Asia Tenggara, dan China, lho? Ada beberapa manfaat tumbuhan kangkung menurut berbagai penelitian, sayur kangkung dapat mengendalikan kadar kolesterol dan trigliserida. Lebih-lebih kandungan zat nitrat dari kangkung dapat melebarkan pembuluh darah sehingga memudahkan nutrisi-nutrisi terbawa dengan baik pada jantung dan seluruh tubuh.

Baca juga  Apa Itu Baby Blues Syndrome? Begini Pengertian, Penyebab dan Cara mengatasinya

Kembang kol

Kembang kol merupakan kelompok sayur-sayuran yang kaya akan nutrisi, antioksidan, dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Zat-zat yang terkandung dalam kembang kol dipercaya dapat mencegah penumpukan plak-plak kolesterol pada pembuluh darah, salah satunya adalah Kolin. Melansir alodokter, dalam satu cangkir kembang kol, mengandung setidaknya 45 mg kolin, yang mengikis lemak jahat pada pembuluh darah.

Kacang polong

Sejak lama kacang polong sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masakan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Meski terlihat mungil, remeh, dan tidak mencolok, jangan salah, terdapat keajaiban yang tersembunyi di balik kulit hijaunya yang renyah.

Perlu anda ketahui bahwa mengonsumsi kacang polong sangat efektif dalam mengurangi resiko terjadi penumpukan kolesterol pada pembuluh darah, terlebih kandungan lemak dan kalori kacang polong sangatlah rendah, bahkan dalam 100 gram kacang polong saja hanya mengandung sekitar 81 kalori, sehingga cocok untuk diet kesehatan.

Bayam

Sejauh ini manfaat bayam tidak hanya terletak pada kelezatannya, melainkan kandungan gizi yang nyatanya cukup kaya dan berdampak positif bagi kesehatan. Salah satu kandungan bayam yang bermanfaat adalah lutein, pigmen berwarna kuning yang juga ada di kuning telur dan sayuran hijau lainnya. Lutein memiliki manfaat khusus yaitu dapat mencegah penurunan fungsi makula yang menyebabkan kebutaan dan pencegahan serangan jantung akibat dinding pembuluh darah yang tersumbat.

Maka dari itu, para pakar menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lutein setiap hari dan memasukannya sebagai daftar makanan harian sehat dan bergizi.

Demikian informasi mengenai cara sehat dan aman menurunkan kolesterol tubuh dengan sayuran ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *