Cara Redakan Sakit Tenggorokan Dengan Obat Herbal Yang Alami

Date:

Share post:

Apakah anda sedang mengalami sakit tenggorokan yang mengganggu, maka anda bisa menyimak cara redakan sakit tenggorokan dengan obat herbal alami yang akan kami bahas kali ini.

Sebagai informasi, masalah radang tenggorokan atau tonsilitis merupakan masalah peradangan pada tonsil yang terletak di sisi tenggorokan anda dimana Tonsil sendiri adalah kelenjar limfe yang terletak di sisi tenggorokan yang berfungsi untuk membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Walaupun radang tenggorokan termasuk penyakit yang tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi pada beberapa kasus, radang tenggoran kadang memerlukan perawatan lebih lanjut ke dokter dimana biasanya akan diresepkan obat-obatan, seperti antibiotik untuk infeksi bakteri atau obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit.

Adapun gejala sakit tenggorokan bisa berupa sebagai berikut.

Gejala Sakit Tenggorokan

  • Nyeri tenggorokan yang parah saat menelan
  • Demam
  • Batuk
  • Hidung tersumbat atau meler
  • Sakit kepala
  • Lidah yang merah dan bengkak
  • Tonsil yang merah, bengkak, dan terlihat berlendir

Cara Redakan Sakit Tenggorokan Dengan Obat Herbal

Cara Redakan Sakit Tenggorokan Dengan Obat Herbal

Jika anda mengalami masalah sakit tenggorakan yang mengganggu, maka anda bisa mencoba menggunakan bahan herbal yang mudah ditemukan disekitar anda. Simak bahan-bahan herbal apa saja yang bisa anda gunakan sebagai pertolongan pertama pada sakit tenggorokan yang bisa anda simak sebagai berikut.

Madu

Madu dapat membantu mengurangi rasa sakit tenggorokan dan mengurangi peradangan. Madu dicampur dalam teh atau diminum langsung adalah obat alami untuk sakit tenggorokan. Madu bahkan lebih efektif dalam menghilangkan batuk pada malam hari daripada obat batuk biasa.

Baca juga  5 Gejala Turun Peranakan yang Harus Diketahui Wanita dan Faktor Penyebabnya

Akar Manis

Akar manis biasanya dikonsumsi dalam bentuk ramuan herbal atau teh sebagai obat sakit tenggorokan. Namun National Center for Complementary and Integrative Health mengingatkan supaya wanita hamil menghindari konsumsi akar manis berlebihan. Karena akar manis ini dapat berdampak pada kelahiran prematur.

Lemon

Kandungan vitamin c pada lemon dapat mengatasi sakit radang tenggorokan karena mengempiskan pembengkakan yang terjadi pada dinding tenggorokan. Anda bisa mencampurkan perasan lemon dengan air hangat. Minum pada pagi, siang, dan sore hari.

Kunyit

Salah satu obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit radang tenggorokan adalah kunyit. Kunyit mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi. Selain itu, campuran ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Teh mint

Daun mint atau peppermint mengandung mentol yang bisa melegakan tenggorokan dan membuat napas terasa segar. Daun mint juga bersifat antiradang dan antibakteri yang membuatnya cocok dipakai sebagai obat sakit tenggorokan. Umumnya orang-orang memanfaatkan daunt mint di dalam teh, tapi ada juga yang menggunakannya dalam bentuk minyak atsiri.

Air hangat

Salah satu cara mudah meredakan sakit tenggorokan adalah dengan banyak minum air hangat. Rasa sakit terkadang bisa muncul saat tenggorokan terlalu kering akibat pengaruh udara. Air hangat bisa membantu melembabkannya.

Demikian informasi mengenai cara redakan sakit tenggorokan dengan obat herbal alami. Apabila gejala-gejala tidak membaik setelah beberapa hari sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...