6 Cara Mudah Meredakan Kaki Bengkak Agar Aktivitas Kembali Lancar

0
Cara Mudah Meredakan Kaki Bengkak

Apakah anda sering mengalami kaki bengkak secara tiba-tiba? Hal tersebut pastinya akan mengganggu rasa kenyamanan anda bukan? Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan cara mudah meredakan kaki bengkak agar aktivitas anda kembali lancar seperti sedia kala.

Sekedar informasi dimana kaki bengkak disebabkan beberapa penyebab, mulai dari kaki yang bengkak akibat berdiri terlalu lama, kaki bengkak karena hamil, hingga kondisi penyakit tertentu seperti edema yang merupakan penumpukan cairan di bagian tubuh yang dapat memicu kaki bengkak.

Biasanya kaki yang bengkak dapat kembali normal dengan sendirinya tetapi ketika mengalami kondisi kaki bengkak pastinya akan sangat mengganggu aktivitas harian anda bukan? Dan oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan cara mudah meredakan kaki bengkak agar aktivitas anda kembali lancar.

Tips Meredakan Meredakan Kaki Bengkak

Cara Mudah Meredakan Kaki Bengkak

Kaus kaki kompresi

Cara pertama mengatasi kaki bengkak bengkak yang bisa anda lakukan adalah dengan mencoba menggunakan kaus kaki kompresi (compression socks). Kaus kaki ini tersedia di toko obat, toko sepatu, atau toko online, yang mampu meredakan nyeri dan mencegah penumpukan cairan di tungkai, pergelangan kaki, dan kaki. Sebaiknya, anda jangan memiliki kasus kaki yang terlalu ketat.

Tinggikan Posisi Kaki

Cara mengatasi kaki bengkak juga bisa dengan memperhatikan elevation atau tingkat posisi kaki. Anda bisa usahakan agar posisi kaki lebih tinggi, atau letakan di atas sandaran untuk membantu mengurangi pembengkakan. Contohnya, berbaring di lantai dengan kaki terangkat dan menempel di dinding.

Baca juga  5 Cara Mudah Mengobati Sariawan di Lidah yang Aman dan Penyebabnya

Berolahraga Ringan

Terus menerus duduk atau berdiri dalam waktu yang lama juga dapat meningkatkan pembengkakan. Anda bisa coba melakukan olahraga atau gerakan ringan untuk membantu meredakan kaki bengkak. Contohnya, menggerakkan lutut, dan tekuk serta rentangkan pergelangan kaki. Selain itu, anda bisa mencoba olahraga renang untuk membantu meringankan keluhan kaki bengkak.

Garam Epsom

Anda bisa merendam kaki dan pergelangan kaki selama 15 hingga 20 menit menggunakan air dingin yang diisi dengan garam Epsom untuk meredakan nyeri terkait pembengkakan. Apabila anda memiliki neuropati diabetes pada kaki, periksa air dengan tangan terlebih dahulu untuk menghindari kaki terkena suhu ekstrim.

Menurunkan Berat Badan

Dengan berat badan yang menurun, maka kaki tak akan bekerja ekstra untuk menahan beban tubuh. Di samping itu, menurunkan berat badan tidak hanya mengurangi pembengkakan saja, tapi juga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Suplemen Magnesium

Dan terakhir, cara mengatasi kaki bengkak juga bisa dengan mengonsumsi suplemen magnesium. Anda bisa coba konsumsi 200 hingga 400 mg magnesium ke dalam makanan harian, untuk membantu membatasi retensi air dan rasa sakit.

Sebaiknya anda coba tanyakan pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen magnesium. Sebab, suplemen ini tidak boleh dikonsumsi bagi yang memiliki masalah ginjal atau jantung. Untuk hasil yang terbaik, gunakan lebih dari satu terapi dalam satu waktu. Misalnya, jika diri anda melakukan olahraga ringan, cobalah gunakan kaus kaki kompresi setelahnya.

Demikian informasi mengenai cara mudah meredakan kaki bengkak agar aktivitas anda kembali lancar. Semoga berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *