Begini Cara Minum Kopi yang Aman untuk Lambung, Cocok Bagi Penderita Maag

Date:

Share post:

Anda sering mengalami kelainan pada lambung setiap sudah mengkonsumsi kopi yang biasa membuat anda mual atau merasakan ingin muntah? simak cara minum kopi yang aman untuk lambung.

Seperti yang kita ketahui bersama kopi merupakan minuman yang harus anda hindari apabila anda menderita asam lambung atau maag dimana apabila anda tetap memaksakan meminum kopi maka gejala asam lambung pun akan bisa meningkat dan membuat anda menjadi mual dan bahkan ingin muntah.

Sekedar informasi, minum kopi identik dengan meningkatnya asam lambung terutama bagi anda para penderita maag dan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang terdapat pada kopi dikenal memiliki efek negatif bagi yang sensitif terhadap kafein.

Kandungan kafein pada kopi dapat merelaksasi otot perut sehingga asam lambung lebih mudah masuk ke dalam saluran esofagus. Asam lambung yang meningkat dapat menimbulkan sensasi dada terbakar dan ulu hati terasa sangat perih sehingga terasa gejala mual dan ingin muntah.

Namun bagi anda para pecinta kopi yang tetap ingin memaksakan meminum kopi maka jangan kuatir sebab kopi bukan berarti hal yang terlarang untuk anda konsumsi. Simak tips cara minum kopi yang aman untuk lambung yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Minum Kopi yang Aman untuk Lambung

Cara Minum Kopi yang Aman untuk Lambung

Membatasi dalam mengkonsumsi kopi

Tips minum kopi yang aman untuk lambung yang pertama adalah dengan membatasi diri dalam mengkonsumsi kopi secara berlebihan dan menyadari kekurangan anda, apalagi bagi anda yang mengalami masalah lambung. Sebaiknya anda mengkonsumsi kopi dalam jumlah terbatas saja dan jangan terlalu sering.

Baca juga  5 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Dengan AI Untuk HP Android

Hindari minum kopi sachet

Anda perlu mengetahui bahwa kopi sachet yang banyak dijual di warung-warung adalah kopi yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung. Mengkonsumsi kopi tersebut tidak disarankan karena kopi tersebut diyakini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan diproduksi menggunakan kopi dengan kualitas yang kurang bagus.

Memilih kopi dengan jenis arabika

Apabila anda positif mengidap asam lambung, maka direkomendasikan untuk memilih jenis kopi arabika. Mengapa demikian? Sebab jenis kopi jenis robusta cenderung terasa lebih pahit dan memiliki kadar kafein yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kopi jenis arabika. Jadi dengan memilih kopi jenis arabika adalah salah satu langkah tepat untuk mencegah kambuhnya asam lambung akibat mengkonsumsi kopi.

Sandingkan kopi dengan biskuit

Dan tips terakhir cara minum kopi bagi anda penderita asam lambung atau maag adalah dengan mengkonsumsi kopi dengan menyandingkannya dengan biskuit. Apalagi pada pagi hari ketika kondisi perut anda masih kosong karena baru bangun tidur. Maka langkah terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan sarapan terlebih dahulu atau mengkonsumsi biskuit sambil ngopi untuk menetralkan efek kafein kopi dan juga agar perut anda tidak dalam posisi kosong sehingga gejala asal lambung bisa anda hindari.

Demikian informasi mengenai cara minum kopi yang aman untuk lambung. Anda bisa menerapkan cara diatas agar anda tidak terhindar dari efek negatif dari kafein khususnya anda penderita asam lambung atau maag. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan pola hidup sehat agar asam lambung anda bisa terkontrol dengan baik sebab meningginya asam lambung bukan hanya sekedar dari kopi saja.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...