Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi dengan Konsumsi Daun Sirih Cina

Date:

Share post:

Bagi anda yang ingin menurunkan asam urat tinggi dengan mencari pengobatan herbal dan organik, maka anda bisa mencoba mengkonsumsi daun sirih Cina.

Sekedar informasi, penyakit asam urat merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, akan tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Pada umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Sedangkan pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Banyak orang yang salah kaprah dan menganggap penyakit asam urat sama dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Asam urat tinggi biasanya ditandai dengan kemerahan, bengkak, dan rasa nyeri yang menyakitkan di salah satu persendian. Bagian persendian yang kerap terserang asam urat adalah jempol kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan jari-jari.

Adapun asam urat tinggi dipicu oleh banyak faktor salah satunya adalah konsumsi makanan tinggi purin, sebut saja seperti daging, jeroan, kerang, keju, dan brokoli.

Contents

Baca juga  4 Manfaat Mandi Susu bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri-ciri asam urat

Banyak orang yang tidak menyadari gejala asam urat karena sulit untuk dideteksi apabila tidak ada pemeriksaan dari dokter sebelumnya. Namun secara umum, ciri-ciri asam urat bisa anda simak sebagai berikut.

Rasa nyeri di jempol kaki

Ciri asam urat yang tinggi dalam darah adalah rasa nyeri di jempol kaki. Asam urat umumnya menimbulkan gejala rasa sakit di dekat jempol kaki. Penyebabnya sangatlah tidak jelas, bisa jadi dari makanan yang dikonsumsi, penyakit bawaan, atau metabolisme yang tidak seimbang.

Nyeri pada pergelangan tangan dan kaki, lutut, serta siku

Nyeri asam urat tidak hanya di jempol kaki saja, namun dapat terasa di lutut, siku, dan pergelangan tangan. Selain jempol kaki menjadi tempat bermuara asam urat, pembengkakan dan rasa nyeri dapat terjadi di sekitar pergelangan tangan dan kaki, lutut, serta siku.

Terasa sakit dan nyeri pada malam hari

Salah satu ciri asam urat yang perlu anda ketahui adalah rasa nyeri di malam hari.

Nyeri tiba-tiba, datang dan pergi kapan saja

Di samping rasa nyeri yang sering terjadi di malam hari, asam urat membuat anda menjadi terganggu saat tidur malam. Anda sering terbangun dengan rasa sakit yang hebat. Kemudian, anda tidak bisa merasakan rasa nyeri asam urat dalam waktu yang cukup lama, sehingga anda menganggapnya seperti tidak terjadi apa-apa.

Terdapat benjolan yang membengkak

Ciri asam urat yang paling terlihat jika sudah parah adalah adanya benjolan yang membengkak di kaki atau di sekitar persendian.

Demam dan menggigil

Demam, menggigil, tubuh lemas luar biasa seperti anda terkena flu menjadi gejala awal asam urat pada umumnya. Kristal asam urat yang menumpuk akan melepas protein sitokin. Adapun sitokin berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh. Apabila sitokin terlepas, dampaknya daya tahan tubuh menurun diikuti dengan radang sendi. Demam dan menggigil sendiri untuk melawan infeksi dan menaikkan suhu tubuh.

Baca juga  Tips Cara Mencegah Stretch Mark Sejak Dini dengan Langkah Mudah

Keluhan pada ginjal

Asam urat yang kadarnya tinggi dala darah akan membentuk kristal dan dapat berefek samping terhadap komplikasi seperti batu ginjal. Asam urat menyebabkan komplikasi pada penyakit lain jika lama dibiarkan. Salah satunya batu ginjal.

Mengobati Asam Urat Tinggi dengan Daun Sirih Cina

Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi

Dalam mencoba menurunkan asam urat yang tinggi, selain menggunakan obat kimia, anda juga dapat mencoba mengonsumsi bahan-bahan herbal dimana salah satunya adalah dengan mengkonsumsi Daun sirih cina yang merupakan bahan herbal yang efektif menurunkan asam urat tinggi. Adapun daun sirih Cina memiliki kandungan sebagai berikut.

Kandungan Daun Sirih Cina

  • Alkaloid
  • Tanin
  • Saponin
  • Lemak
  • Minyak atsiri
  • Polifenol
  • Kalsium oksalat

Dengan kandungan tersebut, maka dipercaya daun sirih cina efektif meredakan asam urat tinggi bila dikonsumsi secara rutin.

Cara konsumsi daun sirih cina untuk menurunkan asam urat tinggi

Bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat dari daun sirih Cina untuk menurunkan asam urat tinggi, maka berikut cara konsumsi daun sirih Cina yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Pertama, silahkan menyiapkan beberapa bahan seperti Daun sirih cina segar 30 gram, Ciplukan 30 gram, Air 300 ml.
  • Silahkan cuci daun sirih cina dan ciplukan sampai bersih. Kemudian anda bisa rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisahkan air setengahnya.
  • Selanjutnya silahkan saring dan dinginkan air rebusan daun sirih cina tersebut. Anda bisa meminum air rebusan daun sirih cina dua kali sehari secara rutin.

Demikian informasi mengenai cara menurukan asam urat tinggi dengan daun sirih Cina yang efektif. Dengan menggunakan bahan herbal, anda pun bisa menurunkan asam urat dengan cara alami tanpa menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga  Tips Jitu Menaikkan Berat Badan untuk Remaja Yang Aman Dan Sehat
Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...