Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Kurang Tidur

Date:

Share post:

Apakah anda memiliki kesibukan di hingga tengah malam hingga berisiko pada kesehatan anda, maka anda bisa menyimak cara menjaga kesehatan tubuh saat kurang tidur.

Banyak hal yang membuat seseorang bisa kurang tidur atau istirahat yang bisa jadi karena pekerjaan yang menumpuk, ujian akhir, atau sedang asik menonton film serial favorit sehingga lupa waktu sehingga kurang tidur karena begadang.

Kurang tidur disebut apabila seseorang tidak mendapatkan tidur malam yang minumum dimana untuk mendapatkan tidur malam sekitar 8 jam sebagaimana dianjurkan agar tubuh dapat terus melakukan fungsinya dengan baik.

Akan tetapi kebutuhan tidur ini tentu tidak sama pada setiap orang yang bergantung pada aktivitas, usia, dan bagaimana kondisi medis orang tersebut.

Pada umumnya, ketika jam tidur berkurang karena begadang maka anda akan merasakan ngantuk pada keesokan harinya. Selain kondisi kurang tidur ini juga berpengaruh pada berbagai fungsi tubuh, salah satunya otak. Tidak hanya itu, orang-orang yang terbiasa begadang sangat rentan mengalami berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan gula darah, termasuk obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik. Bahkan karena memiliki banyak dampak negatif, akibat buruk kepada tubuh akibat begadang bisa diibaratkan dengan efek mabuk pada seseorang setelah mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan.

Akan tetapi anda kalanya begadang dilakukan karena keharusan seperti harus menyelesaikan tugas kuliah, atau pekerjaan menumpuk yang sudah akan mencapai deadline. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan cara menjaga kesehatan tubuh saat kurang tidur yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Kurang Tidur

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Kurang Tidur

Tidur Siang Sejenak

Apabila anda sedang mengantuk karena begadang, maka tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk tidur siang, setidaknya sekitar 15 hingga 20 menit. Hindari tidur siang terlalu lama karena bisa membuat kepala terasa pusing. Tidak hanya itu, cukup tidur siang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, pastikan anda tidak tidur setelah lewat pukul 15.00.

Konsumsi Minuman Berkafein

Untuk membantu mengatasi rasa ngantuk karena begadang, anda dapat mengonsumsi minuman berkafein, contohnya saja kopi. Kandungan kafein yang ada pada minuman tersebut diketahui bisa melawan senyawa alami dari dalam tubuh yang memicu munculnya rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi lebih fit.

Walaupun begitu, anda tetap tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman kafein berlebihan. Batas wajar tubuh mendapatkan asupan kafein adalah 400 miligram atau sekitar 4 cangkir kopi seduh setiap harinya. Selain itu, sebaiknya anda menghindari konsumsi minuman berenergi saat mengantuk karena kandungan kafeinnya yang cukup tinggi dan bisa membahayakan saat dikonsumsi berlebihan.

Mengatur Pencahayaan

Ketika sedang lelah, tidak sedikit orang yang memilih untuk memadamkan lampu supaya dapat tidur lebih nyenyak. Kegelapan akan memicu tubuh mengeluarkan hormon melatonin yang bertugas untuk mengeluarkan rasa kantuk. Apabila anda ingin tetap terjaga setelah begadang, sebaiknya gunakan pencahayaan yang terang. Anda juga bisa berjemur untuk membantu menghilangkan rasa ngantuk.

Olahraga Ringan

Walaupun sedang berada di kantor, anda tetap dapat melakukan berbagai gerakan atau olahraga ringan, contohnya naik turun tangga, lari di tempat, atau peregangan yang membuat tubuh tetap aktif bergerak. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kerja otak sehingga anda bisa tetap terjaga. Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan gerakan senam aerobik sekitar 30 sampai 40 menit sebelum bekerja untuk membuat tubuh tetap fit meski baru saja begadang.

Baca juga  7 Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Cara Alami Yang Efektif

Mandi dengan Air Dingin

Udara yang hangat dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak, maka tidak heran jika anda akan sering mengantuk. Oleh karena itu, mencuci muka atau mandi dengan menggunakan air dingin bisa membantu mengatasi rasa kantuk yang datang setelah kamu begadang. Suhu dingin pada air bisa membantu merangsang aktivitas saraf pada tubuh yang membuat rasa kantuk berkurang.

Demikian informasi mengenai cara menjaga kesehatan tubuh saat kurang tidur sehingga kesehatan anda pun tetap terjaga walaupun anda harus begadang karena keharusan menyelesaikan tugas, maupun karena lupa waktu. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

9 Cara Mengatasi Mata Perih, Jangan Asal Kucek!

Apakah mata anda terasa perih dan membuat anda kesulitan untuk melihat dengan baik? jangan kuatir, sebab pada kesempatan...

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Hemat dan Ramah di Kantong

Apakah anda berencana liburan ke luar negeri atau tepatnya di Korea Selatan? maka jangan lewatkan tips traveling murah...

5 Game Bertema Anjing Seru Dimainkan di HP Android, Lucu dan Bikin Gemas

Anjing adalah salah hewan peliharaan favorit banyak orang dan jika anda termasuk pecinta anjing, maka jangan lewatkan rekomendasi...

7 Game Membangun Desa Seru dan Terbaik di Hp Android

Seperti biasa kami akan membagikan rekomendasi game seru untuk anda mainkan di Hp android anda, dan pada kesempatan...