5+ Cara Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi Untuk Perokok

Date:

Share post:

Bagi anda para perokok, maka anda pastinya bisa merasakan efek negatif roko pada bagian mulut anda yang bisa merusak kesehatan gigi dan membuat bau mulut. Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan tips cara menjaga kesehatan mulut dan gigi untuk anda para perokok.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, merokok merupakan kebiasaan buruk yang selain bisa menjebol dompet anda karena kecanduan rokok setiap hari dan bisa merusak kesehatan anda. Jadi bisa dikatakan anda mengeluarkan uang untuk merusak kesehatan anda dimana erokok bisa mengganggu kesehatan jantung dan paru-paru yang mana organ tersebut sangat vital untuk manusia.

Selain merusak kesehatan, perokok juga cenderung akan memiliki bau mulut yang lebih tajam dibandingkan orang yang tidak merokok. Dan juga merokok juga berpotensi besar untuk mengganggu dan merusak kesehatan gigi bahkan gusi. Hal ini disebabkan karena kandungan tembakau dalam rokok dapat menghambat aliran darah menuju gusi. Kondisi ini menyebabkan gusi kekurangan nutrisi serta oksigen yang dibawah oleh darah, sehingga menyebabkan gusi rentan mengalami infeksi.

Bagi anda yang memiliki masalah kesehatan mulut dan gigi yang menguning karena merokok, atau bau mulut yang tidak sedap, berikut beberapa cara menjaga kesehatan mulut dan gigi untuk perokok yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi Untuk Perokok

Cara Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi Untuk Perokok

Rajin Sikat Gigi

Rajin sikat gigi merupakan aktivitas yang harus rutin dilakukan setiap hari, baik itu anda perokok maupun bukan perokok. Bagi para perokok, maka penting untuk menggosok gigi secara teratur sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu hari. Pastikan anda menggosok gigi dengan benar agar bisa merasakan manfaat dari menggosok gigi. Hindari menggosok gigi dengan terlalu keras, gesekan sikat gigi yang terlalu keras melukai gusi serta membuat enamel gigi semakin tipis. Lakukan sikat gigi secara lembut dengan gerakan memutar.

Baca juga  10 Tips Cara Mengatasi Perut Begah dengan Cepat Dan Mudah

Menggunakan Sikat Gigi Serta Pasta Gigi Berkualitas Baik

Pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Bagi perokok, pilih sikat gigi yang memiliki sikat lembut dan fleksibilitas yang tinggi agar mampu membersihkan sisa-sisa kandungan rokok hingga ke sela-sela gigi.

Proses ini membantu untuk menghilangkan plak yang menempel pada gigi. Jangan lupa untuk memilih pasta gigi yang mengandung fluorida. Kandungan fluorida menjaga kesehatan gigi dengan memerangi kuman yang menjadi penyebab kerusakan serta memberikan perlindungan alami pada gigi.

Berkumur dengan Obat Kumur

Bau mulut yang sering muncul pada perokok menjadi keluhan yang cukup sering didengar. Selain menyikat gigi, tidak ada salahnya untuk rutin menggunakan obat kumur yang mengandung antibakteri agar masalah bau mulut atau mulut asam dapat dihindari.

Rutin Kunjungi Dokter Gigi

Sebaiknya jangan pernah lewatkan untuk kontrol pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan rajin berkunjung ke dokter gigi kamu dapat melakukan penanganan pada kerusakan gigi yang terjadi sedini mungkin.

Banyak Mengonsumsi Air Putih

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh setiap harinya. Khususnya bagi perokok, mencukupi kebutuhan air selama satu hari dapat menghindarkan kamu dari masalah bau mulut. Tidak hanya mengurangi kondisi bau mulut, banyak mengonsumsi air putih dapat membantu untuk mengurangi zat-zat racun yang menempel pada gigi akibat rokok.

Menggunakan Benang Gigi

Selain rutin melakukan sikat gigi, maka tidak ada salahnya untuk menambah penggunaan benang gigi untuk merawat kesehatan mulut serta gigi. Benang gigi dapat membantu untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada gigi dan sulit dijangkau oleh sikat gigi. Anda bisa menggunakan benang gigi minimal satu kali dalam satu hari.

Baca juga  7+ Cara Mengatasi Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi

Demikian informasi mengenai cara menjaga kesehatan mulut dan gigi untuk anda para perokok. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...