8+ Cara Mengurangi Mata Minus Tanpa Kacamata, Mudah Dan Alami

0
Cara Mengurangi Mata Minus Tanpa Kacamata

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengurangi mata minus tanpa kacamata yang mudah dan alami untuk bisa anda terapkan dan berharap bisa mengurangi atau bahkan menyembuhkan kondisi mata minus anda seperti sedia kala.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana mata minus seringkali menjadi masalah yang dapat memengaruhi kualitas penglihatan seseorang. Seberapa jauh kondisi ini mempengaruhi penglihatan tergantung dengan berapa besar minus yang dialami. Dan solusi agar penglihatan bisa kembali normal adalah dengan menggunakan kacamata yang telah diukur sesuai dengan kondisi minus mata yang dialami.

Namun tidak banyak orang yang mengetahui dimana terdapat beberapa cara alami dan mudah untuk diterapkan yang bisa membantu mengurangi minus tanpa harus selalu bergantung pada kacamata. Akan tetapi cara ini harus dilakukan secara konsisten dan fokus agar hasilnya bisa seperti yang diharapkan.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan cara mengurangi mata minus tanpa kacamata yang mudah dan alami untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Mengurangi Mata Minus Tanpa Kacamata, Mudah Dan Alami

Cara Mengurangi Mata Minus Tanpa Kacamata

Memfokuskan Penglihatan Menggunakan Telunjuk

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mencoba memfokuskan penglihatan pada satu titik merupakan salah satu cara untuk mengurangi mata minus. Untuk melakukan latihan ini, anda dapat menggunakan jari telunjuk sebagai titik.

Cara melakukannya yaitu dengan meletakkan telunjuk 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan ke arah telunjuk, kemudian alihkan fokus ke objek yang jauh di belakang telunjuk. Lakukan hal ini dengan hanya melirik tanpa menggeserkan kepala dan ulangi hingga 10 kali sehari.

Baca juga  12+ Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Mudah dan Praktis

Menjemur Mata di Pagi Hari

Sinar matahari di pagi hari ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan tulang, tetapi juga bagus untuk kesehatan mata minus. Melakukan kegiatan menjemur mata di pagi hari merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi mata minus. Lakukan kegiatan ini dengan cara menutup kedua mata dan arahkan mata ke arah matahari hingga terasa hangat.

Disarankan untuk melakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga dapat tercukupi.

Senam Mata

Mengurangi mata minus dapat dilakukan dengan melakukan latihan senam mata. Mata yang lelah dapat membuat risiko mata minus semakin besar. Anda dapat melakukan gerakan-gerakan ringan pada mata untuk merangsang otot mata agar dapat berkontraksi dengan baik.

Caranya cukup dengan menggoyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi bola mata.

Terapi Lilin

Terapi lilin merupakan cara tradisional yang dapat anda coba untuk mengurangi mata minus. Menggunakan lilin dipercaya dapat menyembuhkan mata minus dengan cepat. Cara melakukannya yaitu dengan menyalakan lilin dan menatap cahaya tersebut selama beberapa menit. Usahakan untuk tidak berkedip dan lakukan sampai air mata keluar. Jika air mata sudah keluar, hentikan dan ulangi keesokan harinya. Namun, tidak dianjurkan untuk melakukan terapi lilin ini dengan frekuensi yang sering.

Teknik Eye Palming

Selanjutnya anda juga dapat melakukan teknik eye palming. Teknik eye palming ini dilakukan dengan cara menggosokkan kedua tangan hingga terasa hangat dan tutupi mata menggunakan kedua tangan tersebut. Teknik ini dapat anda lakukan kapan saja saat anda merasa mata dalam kondisi lelah.

Baca juga  Begini Cara Mengatasi Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi

Konsumi Wortel

Dengan banyak mengonsumsi wortel membuat minus pada mata Anda akan berkurang. Cara ini sangat umum digunakan oleh masyarakat karena mudah dan aman. Anda juga bisa mencoba cara mengobati mata minus dengan menggunakan wortel ini.

Wortel mengandung beta-karoten yang diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin A. Vitamin A ini sangat baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi dua gelas jus wortel sehari selama satu bulan dapat membantu mengurangi mata minus.

Konsumsi Buah Bit

Buah bit dipercaya bagus untuk mengurangi mata minus secara alami. Anda dapat meminum jus buah bit dengan mencampurkan belimbing atau wortel untuk mendapatkan manfaat yang lebih manjur.

Daun Sirih

Daun sirih ternyata tidak hanya memiliki khasiat untuk kesehatan organ reproduksi wanita, tetapi juga memiliki khasiat untuk mengobati mata minus. Mengapa daun sirih dipercaya membantu menyembuhkan mata minus? Hal ini karena daun sirih kaya akan minyak esensial, seperti sineol, eugenol, kadinen, dan kavikol. Selain itu, minyak esensial dalam daun sirih juga mengandung gula, zat samak, pati, seskuiterpen, dan kavikol. Kavikol sendiri berguna untuk membunuh jamur, bakteri, dan sebagai antioksidan.

Untuk mengurangi mata minus dengan daun sirih, anda hanya perlu menempelkan daun sirih yang telah dicuci di mata saat sebelum tidur dan lepaskan daun sirih saat pagi hari. Anda juga bisa merendam mata dalam air sirih. Pada mata yang sudah terendam air, cobalah untuk membuka mata agar air daun sirih masuk ke dalam mata. Lakukan hal ini selama 30 menit setiap hari.

Latihan Indian Trataka

Dan terakhir adalah mencoba latihan bernama Indian Trataka. Latihan ini dapat membantu mata dan pikiran anda untuk tetap fokus. Tujuan dari latihan ini adalah untuk mencapai gambaran yang jelas tentang sesuatu sebelum mata anda mengalami kelelahan.

Baca juga  Cara Mudah Mengatasi Overthinking Untuk Tips Kesehatan Mental

Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu duduk di ruang terbuka dan menatap objek kecil, contohnya lilin. Fokuskan mata dan perhatian anda pada lilin tersebut, serta coba untuk tidak berkedip. Rekamlah setiap detail dari lilin itu pada memori anda. Kemudian tutup mata anda dan coba untuk mengingat setiap detail dari lilin yang telah anda lihat tadi. Anda dapat melakukan latihan ini selama 10 menit.

Demikian informasi mengenai cara mengurangi mata minus tanpa kacamata yang mudah dan alami. Semoga berguna dan bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *