4 Cara Mengurangi Asupan Gula tanpa Harus Menyiksa Diri

Date:

Share post:

Gula memang manis tetapi kebanyakan mengkonsumsi gula tidak baik efeknya untuk tubuh. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan cara mengurangi asupan gula tanpa harus menyiksa diri yang akan kami bagikan kali ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama gula adalah salah satu bahan utama dalam membuat beberapa jenis minuman seperti teh, kopi dan lainnya. Tidak hanya minuman, gula juga memberikan rasa penting pada proses pembuatan beberapa jenis cake atau kue yang membuatnya menjadi manis dan enak untuk disantap.

Tetapi perlu anda ketahui dimana asupan gula yang berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan dan bisa menjadi penyebab beberapa penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit lever dan lain sebagainya. Oleh karena itu asupan gula tetap harus bisa dikontrol dan jangan sampai berlebihan.

Jika anda termasuk penggemar minuman atau kue yang manis, mungkin mengurangi asupan gula bisa menjadi menyiksa diri. Namun jangan kuatir sebab terdapat cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi asupan gula tanpa harus membuat diri anda terasa tersiksa. Apa saja itu? simak tipsnya sebagai berikut.

Cara Mengurangi Asupan Gula

Cara Mengurangi Asupan Gula

Ganti Gula dengan Pemanis Alami

Cara pertama dan paling mudah dilakukan adalah dengan mengganti gula dengan sumber pemanis alami. Bila selama ini anda sudah terlalu sering ngemil permen dan kukis, maka saatnya anda mencoba ganti ngemil buah-buahan segar. Untuk memuaskan “hasrat” makan yang manis-manis, coba alihkan dengan ngemil buah-buahan seperti stroberi dan apel. Pastinya lebih sehat karena dapat menjaga kadar kolesterol tubuh dan memperlancar pencernaan.

Baca juga  8 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri, Bisa Tanda Serangan Jantung

Konsumsi Makanan dengan Kandungan Lemak Sehat

Konsumsi buah avokad, ikan salmon, dan kacang-kacangan yang cukup setiap hari untuk mencukupi kebutuhan lemak sehat dalam tubuh. Dengan cara ini, kadar gula darah bisa lebih terkontrol dan lemak sehat yang dikonsumsi bisa membuat kita kenyang lebih lama. Energi tubuh pun bisa terpenuhi tanpa harus mengalami lonjakan energi seperti yang sering dialami saat anda mengonsumsi gula.

Membuat Batasan

Apabila anda termasuk penggemar ice cream dan selalu makan es krim setiap hari, maka saatnya anda mengganti makan es krim cukup satu minggu sekali. Jika setiap hari selalu minum kopi atau teh dengan gula, coba batasi konsumsiya minum teh atau kopi bergula setiap tiga hari sekali. Kurangi asupan yang berlebih sedikit demi sedikit. Sehingga tubuh juga “tidak kaget” dan dapat beradaptasi dengan cara yang lebih sehat.

Mengurangi Makanan dan Minuman Kemasan

Setiap kali akan mengonsumsi makanan atau minuman kemasan, sebaiknya anda memperhatikan label pada produknya. Anda bisa mencari tahu apakah ada tambahan pemanis di dalamnya. Anda bisa mengecek juga banyaknya gula atau pemanis buatan di dalamnya dan sebisa mungkin kurangi makanan dan minuman kemasan.

Demikian informasi mengenai cara mengurangi asupan gula tanpa harus menyiksa diri. Selain tips diatas, satu lagi yang tidak kalah penting adalah agar anda mudah mengontrol asupan gula, maka disarankan agar anda mendapatkan tidur yang cukup. Hal ini berhubungan sebab kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan dan keinginan mengonsumsi yang manis.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

6 Cara Efektif Redakan Sakit Perut dan Sembelit Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara efektif redakan sakit perut dan sembelit dengan mudah yang bisa...

6 Destinasi Tempat Agrowisata di Bali, Cocok Untuk Wisata Keluarga

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan destinasi tempat agrowisata di Bali yang cocok untuk liburan wisata keluarga...

Panduan Cerdas Investasi Emas Dengan Gaji Kecil

Bagi anda yang ingin berinvestasi emas tetapi berkecil hati karena gaji yang kecil, maka anda harus menyimak tips...

Panduan Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah ke Bank Dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan panduan cara mengajukan kredit untuk membangun ruman impian anda ke bank...