Cara Mengobati Masuk Angin Cara Alami Tanpa Harus Minum Obat

Date:

Share post:

Masuk angin merupakan masalah kesehatan yang kerap dialami banyak orang yang tidak memandang usia dimana siapapun bisa mengalaminya. Begini cara mengobati masuk angin tanpa harus minum obat secara alami.

Pada dasarnya, penyakit masuk angin pada dunia medis sebenarnya tidak ada dimana masuk angin merupakan istilah yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia ketika sedang tidak enak badan. Gejala masuk angin ini hampir serupa dengan influenza yang termasuk ke dalam jenis penyakit ISPA. Namun, istilah masuk angin telah cukup dikenal oleh masyarakat luas untuk menyebut flu umum yang dideritanya.

Munculnya istilah masuk angin dikarenakan beberapa orang mempercayai kondisi tersebut disebabkan oleh banyaknya udara atau angin yang masuk ke dalam tubuh, terutama saat musim pancaroba. Adapun informasi ini tidak benar. Faktanya, daya tahan tubuh mudah menurun terlebih saat musim pancaroba. Ketika musim pancaroba, suhu udara cenderung mudah berubah-ubah. Perubahan suhu udara ini akan membuat tubuh terus menyesuaikan diri sehingga dapat berdampak pada daya tahan tubuh.

Adapun orang yang mengalami masuk angin ini akan merasa tubuh tidak nyaman, seperti demam, nyeri otot, perut kembung, hingga pegal-pegal. Untuk lebih jelasnya, berikut gejala masuk angin yang umum dialami penderinya sebagai berikut.

  • Pusing atau sakit kepala
  • Demam
  • Perut kembung
  • Mual dan muntah
  • Radang tenggorokan
  • Pilek dan batuk
  • Hidung tersumbat
  • Lemas
  • Nyeri otot dan sendi
  • Diare
  • Cenderung sering buang gas, seperti bersendawa atau kentut

Bagi anda yang menderita masalah kesehatan masuk angin ini, maka berikut cara mengobati masuk angin tanpa harus minum obat secara alami yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengobati Masuk Angin Cara Alami

Cara Mengobati Masuk Angin Cara Alami Tanpa Harus Minum Obat

Istirahat

Tips pertama mengobati masuk angin cara alami yang pertama adalah dengan cara beristirahat. Apalagi tubuh tentu membutuhkan waktu yang beristirahat agar cepat sembuh. Maka dari itu, coba menambahkan waktu jam istirahat di siang hari untuk memulihkan kondisi tubuh.

Mengonsumsi cairan dengan cukup

Pada saat anda mengalami masuk angin, sebaiknya perbanyak minum air putih, jus, sup berkaldu ataupun air lemon hangat dengan madu guna mencegah dehidrasi. Lalu, sebaiknya menghindari konsumsi alkohol, kopi, dan soda yang bisa membuat dehidrasi tubuh semakin parah.

Mengonsumsi makanan hangat

Dengan mengonsumsi makanan hangat seperti sup ayam atau makanan berkuah yang lainnya, hal ini bisa memberikan ketenangan dan juga kehangatan pada tubuh. Selain itu, minum air atau teh hangat juga disarankan guna memberi ketenangan pada tubuh dan mengurangi dehidrasi.

Makan bergizi Makan makanan bergizi diperlukan tubuh untuk membantu melawan bakteri atau virus penyebab penyakit. Buah dan sayur adalah pilihan makanan yang tidak boleh dilewatkan saat anda dalam kondisi kurang sehat. Buah dan sayuran tersebut pasalnya banyak mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengonsumsi makanan hangat

Dengan mengonsumsi makanan hangat seperti sup ayam atau makanan berkuah yang lainnya, hal ini bisa memberikan ketenangan dan juga kehangatan pada tubuh. Selain itu, minum air atau teh hangat juga disarankan guna memberi ketenangan pada tubuh dan mengurangi dehidrasi.

Menjaga kelembapan udara

Dan tips terakhir mengobati masuk angin cara alami adalah dengan menjaga kelembapan udara yakni dilakukan dengan memberi alat penguap atau pelembab kabut. Cara ini bisa dilakukan guna mengganti udara dalam ruangan supaya bisa tersirkulasi dengan baik.

Baca juga  Cara Sehat dan Aman Menurunkan Kolesterol Tubuh Dengan Sayuran Ini

Demikianlah informasi mengenai cara mengobati masuk angin tanpa harus minum obat secara alami. Semoga berguna dan bermanfaat.

Budi Hermawan
Budi Hermawanhttps://saikinews.com
Penulis artikel dan kontributor berita yang berpengalaman dengan tulisan yang informatif dan mennginspirasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related articles

7 Tips Olahraga Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebihan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini...

Begini Tips Cara Aman Liburan dengan Kapal Laut

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara aman liburan dengan kapal laut yang bisa menjadi referensi...

5+ Rekomendasi Game Kapal Perang Seru di Android Terbaru

Bagi anda penggemar game bernunsa perang dan militer, maka pastinya anda tidak ingin melewatkan rekomendasi game kapal perang...

Panduan Cara Membeli Tangki Motor Custom Yang Baik dan Benar

Bagi anda yang berencana ingin membeli tangki motor custom, maka anda perlu mengetahui cara memilih yang baik dan...